Bisakah kegemukan mempengaruhi kualitas sperma pria?

Duniamu.id – Entah kamu sedang berencana untuk memiliki keturunan atau tidak, kamu tetap wajib memperhatikan kesuburan dalam tubuhmu. Termasuk dengan kualitas dan kuantitas sperma.

Jika selama ini beberapa faktor seperti gaya hidup, seringnya merokok, hingga pola makan mempengaruhi sperma, apakah kegemukan juga berlaku demikian?

Dikutip dari penelitian di boldsky.com, dijelaskan bahwa kegemukan yang diderita pria mampu berpengaruh terhadap kualitas dan kuantitas sperma.

“Secara normalnya jika kamu memiliki massa indeks tubuh (BMI) 18,5 maka kamu dikategorikan normal. Sementara jika BMI kamu berkisar di antara 18,5 hingga 25 kamu dinilai kegemukan dan jika BMI kamu di atas 30 maka kamu menderita obesitas,” terang penelitian ini.

“Beberapa penelitian menemukan bahwa di dalam tubuh pria yang BMI tubuhnya bernilai 25 ke atas mengalami penurunan jumlah sperma hingga kelainan produksi sel sperma. Penelitian mencatat kondisi ini terjadi karena kelebihan lemak dan kolesterol yang tersimpan di dalam tubuh. Selain itu saat seorang pria mengalami kegemukan maka terjadi penurunan laju metabolisme yang menyebabkan deplesi dalam jumlah dan kualitas sperma. Sehingga bisa disimpulkan bahwa kegemukan memang mempengaruhi kualitas sperma hingga dapat menyebabkan kemandulan pada pria.”

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*