5 Makanan Yang Meningkatkan Konsentrasi

Duniamu.id – Tubuh yang sering lesu, tidak bergairah, dan kesulitan fokus ternyata memiliki kaitan dengan asupan makanan yang Anda konsumsi.

Agar Anda tetap bersemangat dan fokus, coba lakukan lima cara berikut ini seperti dilansir dari metrotvnews.com, Kamis (8/12/2016):

1. Konsumsi kafein

Minum kopi beberapa jam sebelum beraktivitas dapat meningkatkan konsentrasi. Namun, minum kopi tidak dianjurkan bagi Anda yang rentan mengalami gangguan pencernaan atau memiliki masalah gas lambung. Jangan pula minum kopi terlalu banyak karena dapat menyebabkan perasaan gelisah dan tidak nyaman.

2. Penuhi kebutuhan glukosa

Glukosa adalah sumber bahan bakar otak. Itu sebabnya, minuman manis dapat memberi efek positif jangka pendek terhadap memori, kemampuan berpikir, dan mental.

3. Ikan

Ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang menjadi kunci untuk kesehatan otak. Banyak makan ikan juga dikaitkan dengan menurunnya risiko demensia dan stroke. Untuk menunjang kesehatan otak dan jantung, makan 2 porsi ikan setiap minggu.

4. Kacang dan cokelat

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber antioksidan dan vitamin E yang mampu mencegah penurunan kognitif. Cokelat juga memiliki sifat antioksidan kuat lainnya, dan berisi stimulan alami seperti kafein yang dapat meningkatkan fokus.

5. Biasakan sarapan

Sarapan dapat meningkatkan kemampuan memori jangka pendek dan membuat Anda lebih fokus. Pilih sarapan sehat seperti gandum serat utuh, susu, dan buah-buahan. Hindari konsumsi tinggi kalori karena justru akan menghambat konsentrasi.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*