ChainFORM, Robot Modular Milik MIT yang Tersusun dari Modul Berukuran Kecil. Keren Nih!

Duniamu.id – Sebuah robot yang dibuat oleh MIT Media LAbs bernama ChainFORM memiliki desain yang menarik. Robot ini memang memiliki ukuran yang kecil. Namun, keunikan dari robot ini terletak pada desain bongkar pasang alias modular dan menggunakan modul-modul robot berukuran kecil yang bisa tersambung satu sama lain untuk selanjutnya membentuk robot dengan fungsi tertentu.

Masing-masing modul tersebut dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi sentuhan pada berbagai bagian tubuhnya. Selain itu, modul ini juga dilengkapi dengan deteksi angular, cahaya, serta motor aktuator berupa sebuah motor servo. Keberadaan modul-modul robot yang berukuran kecil ini, maka MIT pun bisa membentuk robot dengan dalam beragam variasi serta fungsi yang berbeda-beda.

Setiap modul robot, seperti dikutip dari Slashgear, memiliki kemampuan untuk berkomunikasi satu sama lain. Termasuk di antaranya adalah berkomunikasi mengenai bagaimana desain robot yang akan dibentuk serta jumlah modul yang digunakan. Komunikasi ini dilakukan dengan menggunakan input ataupun output secara real time. Dengan begitu, modul ini akan bisa beradaptasi dengan kondisi yang tengah dihadapinya.

chainform-2

Namun, setiap modul robot itu sayangnya masih belum bisa bekerja secara mandiri. Terutama karena butuh asupan power dan kontrol melalui master board yang berfungsi sebagai antarmuka robot dengan komputer via USB. Selain itu, setiap modul robot juga memiliki kekuatan yang tidak terlalu besar, dengan torsi sebesar 0,8 kg/cm. Jadi, hanya objek kecil yang bisa ditanganinya.

Meski begitu, keberadaan robot modular ini cukup menarik. Apalagi kalau dalam masa depan bisa dibentuk versi yang lebih besar. Bakal mirip seperti robot gabungan pada film Transformer atau robot yang kerap muncul dalam film superhero ala tokusatsu Jepang. Keren, kan?

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*