Yuk, kenalan dengan sajian mi lezat dari berbagai negara di dunia

Duniamu.id – Sebuah hidangan bisa membuat kita mengenal begitu banyak hal tentang sebuah daerah. Ketika merasakan hidangan otentik dari satu kota atau wilayah tertentu, kita juga ‘mencicipi’ keunikan dari tempat asal makanan tersebut. Tidak hanya rasanya yang istimewa, penyajian dan tata cara menyantapnya pun seringkali khas.

Di antara semua hidangan yang dikenal dunia kuliner, mi adalah salah satu yang paling populer. Hampir setiap negara, bahkan setiap daerah memiliki resep mi tersendiri. Tentu saja, dengan perkembangan kuliner yang semakin pesat dan luas saat ini, kita tidak perlu pergi ke luar negeri hanya untuk mencicipi mi otentik dari suatu daerah.

Resep mi nusantara dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Tetapi tak ada salahnya mengenali hidangan mi terbaik dari negara-negara tetangga. Berikut ini beberapa di antaranya, dilansir dari berbagai sumber.

Pho – Vietnam


Pho. Alamy

Jika membicarakan kuliner Vietnam, tentu belum lengkap tanpa menyebutkan pho. Bisa dikatakan, pho adalah hidangan nasional negara tersebut. Warga Vietnam menyantap sup mi yang terbuat dari beras ini untuk sarapan, makan siang, atau malam. Di kota-kota seperti Hanoi dan Ho Chi Minh, pho dijajakan di kedai kaki lima yang bisa ditemui di berbagai sudut kota.

Keistimewaan pho terletak pada kuahnya yang kaya akan bumbu, antara lain jahe, adas, ketumbar, saus ikan, dan saus hoisin. Pelengkapnya pun sangat bervariasi, antara lain kemangi, mint, daun bawang, cabai, tauge, dan perasan jeruk nipis segar.

Pad Thai – Thailand


Pad thai. Alamy

Kalau mi di Asia pada umumnya menggunakan bihun dan disajikan bersama kuah, pad thai justru lebih mirip mi goreng. Biasanya hidangan ini terdiri dari mi, telur, tahu, air asam, kecap ikan, gula aren, udang kering, bawang putih, bawang merah dan baik udang atau ayam.

Sebelum disajikan, pad thai dilengkapi dengan berbagai bahan seperti jeruk nipis, kacang cincang, ketumbar, tauge, dan cabai.

Saimin – Hawaii


Saimin. Alamy

Saimin berkembang sebagai makanan cepat saji populer selama era perkebunan di Hawaii. Kini makanan tersebut telah menjadi makanan pokok khas kaki lima. Saking populernya, saimin bisa ditemui di menu McDonalds Hawaii.

Saimin merupakan perpaduan kuliner Hawaii dan China. Semangkuk hidangan ini berisi mi telur, dashi (kaldu ala Jepang), bawang daun, dan pelengkap sesuai selera.

Khao Poon – Laos


Khao poon nam phik. YouTube

Mirip dengan pho, khao poon juga termasuk sup bihun beras yang disajikan dengan aneka rempah. Biasanya diolah dengan campuran ayam giling, ikan, atau daging babi dan dibumbui dengan rempah khas Laos seperti daun jeruk, lengkuas, bawang putih, bawang merah, cabai Laos, dan perilla.

Khao poon memiliki berbagai versi. Ada khao poon nam phik yang menggunakan santan seperti laksa, khao poon nam jaew yang lebih bening, dan khao poon nam par dengan saus ikan.

Fideua – Spanyol


Fideua. The Full-time Foodie

Mi memang lebih identik dengan budaya Asia. Namun Spanyol pun punya sajian mi. Salah satunya adalah fideua, mi seafood porsi besar dari daerah pantai Valencia. Mirip dengan paella, namun menggunakan pasta, bukan nasi.

Fideua lahir di kota Gandia. Di sini diselenggarakan kontes memasak fideua terbaik yang diikuti juru masak lokal setiap tahunnya.

Kuy Teav – Kamboja


Kuy Teav. Pinterest

Dari Kamboja ada kuy teav, mi pipih dari beras yang lebih populer sebagai hidangan sarapan. Kekuatan rasa sup bihun ini bukan berasal dari kaldunya, melainkan dari rempah-rempah pelengkap yang baru ditambahkan sesaat sebelum makanan disajikan. Ada perasan jeruk nipis, daun selada, tauge, bawang merah, ketumbar, kemangi, lada, dan minyak bawang putih yang menjadi penentu rasa kuy teav.

Pad thai. © Bangkok.com

 Yuk, kenalan dengan sajian mi lezat dari berbagai negara di dunia

Merdeka.com – Buko Pancit – Filipina


Buko pancit. Flickr/Michelle Lyles

Dalam masakan Filipina, pancit atau pansit adalah sebutan untuk mi. Makanan ini diperkenalkan ke Filipina oleh para imigran dari China. Kini, pancit berkembang menjadi berbagai variasi. Salah satu yang paling unik adalah buko pancit dari Quezon. Sebagai pengganti mi, digunakan serutan kelapa muda.

Mi Shan – Myanmar


Shan. AverySegal.com

Keunikan bihun dari negara bagian Shan di timur Myanmar adalah teksturnya yang unik, karena dibuat dari berbagai jenis beras ketan yang ditanam di sana. Hidangan ini biasa disajikan dengan aneka sayuran dan sumber protein seperti ayam atau babi.

Jjajangmyeon – Korea Selatan


Jjajangmyeon. Maangchi

Bagi pecinta drama Korea, pasti sudah sering menyaksikan hidangan yang satu ini. Mi dengan saus kedelai hitam yang sangat kental ini merupakan hasil dari akulturasi budaya Korea dan China. Jjajangmyeon diolah dengan kecap kental yang rasanya sangat berbeda dengan kecap manis khas Indonesia. Di negeri ginseng sana, jjajangmyeon dianggap makanan murah meriah, cocok untuk mereka yang berkantong tipis.

Laksa – Malaysia & Singapura


Laksa. YouTube

Mi yang satu ini hadir dengan citarasa melayu yang sangat kental, biasanya menggunakan santan, rempah-rempah beraroma tajam, dan sentuhan rasa pedas. Tak hanya di Malaysia dan Singapura, di Indonesia yang masih serumpun pun kita bisa menemukan laksa. Tetapi di dunia kuliner internasional sendiri, laksa baru baru populer setelah muncul di dalam acara memasak Gordon Ramsay.

Itulah beberapa sajian mi dari negara-negara tetangga kita. Mana saja yang sudah pernah kamu cicipi?

Ingin membuat sendiri sajian mi yang sudah disebutkan di atas? Berikut ini salah satu resep yang bisa kamu praktikkan.

 

Tertarik mencicipi buko pancit, mi dari kelapa muda khas Filipina? Yuk, coba bikin sendiri dengan resep berikut ini.

Buko Pancit

Bahan:

250 gram daging kelapa muda (diserut)

1 buah dada ayam (rebus dan cincang kasar dagingnya)

250 gram udang kupas

1 buah bawang bombay (rajang)

4 siung bawang putih, (cincang)

250 ml. kaldu ayam

2 sdm. kecap ikan

garam secukupnya

2 sdm. daun ketumbar

2 sdm. minyak goreng

Sayuran:

1 batang wortel, (iris membentuk korek api)

Buncis secukupnya (potong 2 cm)

Kubis/kol secukupnya (disobek-sobek)

Cara membuat:

  • Tumis bawang putih dan bawang bombay dalam minyak panas. Tambahkan udang dan ayam. Bumbui dengan kecap ikan.
  • Masak selama 3 menit, kemudian tuangkan kaldu ayam.
  • Didihkan selama 10 menit dan tambahkan sayuran.
  • Masukkan serutan kelapa. Aduk dan masak selama 5 menit dan tambahkan irisan daun ketumbar. Angkat dan sajikan selagi hangat.
loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*