5 Cara Redakan Sakit Tenggorokan Tanpa Obat

Duniamu.id – Bisa membuat menelan ludah terasa seperti menelan pasir, dan setiap batuk terasa sangat menyakitkan. Namun menurut Brett Comer, MD, dokter bedah kaki dan leher di University of Kentucky College of Medicine, obat rumahan favorit Anda bisa jadi hanya menutupi sakitnya, tidak mengobatinya.

Saat sakit, tentu Anda ingin menghilangkan atau meredakannya. Madu, teh hangat, dan sirup obat batuk semuanya bisa menenangkan iritasi dan inflamasi pada tenggorokan, ujar Comer.

Namun jika anda ingin benar-benar menghilangkan sakit tenggorokan, berikut adalah obat terbaiknya, seperti dikutip dari Prevention, Selasa (24/01/2017):

1. Berkumur dengan air garam

Air garam bisa menenangkan inflamasi dengan cara menghilangkan keasaman yang menyebabkan iritasi tenggorakan. Air garam juga bisa membantu menarik infeksi atau iritasi ke permukaan tenggorakan, di mana tubuh lebih bisa mengatasinya.

Campurkan 1/4 sampai 1/2 sendok teh garam dengan segelas air hangat, saran Mia Finkelston, MD, seorang dokter keluarga di Maryland. Berkumurlah setiap dua jam.

2. Minum air yang sangat dingin

Beberapa tegukan awal mungkin bisa menyakitkan. Namun seperti keseleo atau lebam yang bisa ditenangkan dengan es, meminum air dingin bisa mengebaskan dan meredakan iritasi yang menyebabkan sakit tenggorokan, ujar Finkelston.

3. Hindari makanan asam

Acid reflux adalah salah satu penyebab umum sakit tenggorokan, ujar Comer. Ini artinya, apapun yang memancing reflux bisa memperpanjang atau memperparah sakit tenggorokan Anda.

Cormer menyarankan untuk menghindari soda, goreng-gorengan, atau buah-buahan citrus seperti jeruk dan lemon. Dan jangan makan satu jam sebelum tidur. Makan sebelum berbaring bisa memancing reflux (asam).

4. Sisip teh kunyit

Kunyit saat ini sedang tren sebagai suplemen, dan Anda juga harus menambahkannya ke diet. Walau beberapa manfaat kunyit–seperti bisa mencegah kanker dan penyakit otak–masih membutuhkan studi lanjutan, kekuatan anti-inflamasi sudah bisa dipastikan.

Inilah yang membuat kunyit bisa membantu menyembuhkan sakit tenggorokan Anda, ujar Finkelston. Taburkan sedikit kunyit pada teh atau air garam kumur Anda.

5. Beristirahatlah

Tubuh yang lelah sama dengan sistem imun yang melemah. Jika Anda kelelahan, tubuh akan kesulitan untuk menyembuhkan dirinya. Jadi beristirahatlah. Cukup tidur atau menjauh dari penyebab stres harian bisa membantu mengisi ulang sistem imun Anda dan menyembuhkan sakit tenggorokan, ujar Finkelston.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*