5 Resep Rumahan untuk Menghalau Infeksi Jamur Kuku

Duniamu.id – Kamar mandi atau toilet umum mungkin telah memberi Anda hadiah yang tidak diinginkan; onikomikosis, atau dikenal sebagai jamur kuku.

Dimulai dengan gejala bercak putih atau kuning di bawah kuku, selanjutnya kuku Anda dapat mulai menebal dan bahkan lepas atau copot, karena jamur menembus lebih dalam dan lebih dalam.

Jamur lebih mungkin tumbuh dan bertahan di dalam kuku kaki, karena bagian kaki seringkali lembab oleh pemakaian sepatu.

Jika Anda memeriksakan diri ke dokter kulit, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan resep obat oral antijamur seperti Lamisil atau Sporanox. Keduanya diduga memiliki  efek samping mulai dari ruam kulit hingga kerusakan hati.

“Hal itu tentu tidak menyenangkan. Itu sebabnya mengapa begitu banyak orang mencari pengobatan alternatif dengan efek samping yang lebih minimal,” kata Joe Graedon, M.S., seorang farmakolog di UNC Eshelman School of Pharmacy at Chapel Hill dan penulis buku The People’s Pharmacy.

Ada pengobatan topikal yang lebih baru, seperti Kerydin, tetapi obat ini juga memerlukan resep dan dapat memakan waktu hingga satu tahun untuk bekerja. Jadi, mengapa Anda tidak mencoba salah satu pengobatan rumahan ini? kata Graedon.

Vicks VapoRub

Vicks VapoRub mengandung bahan antijamur seperti kamper dan minyak kayu putih, kata Graedon.

Dalam sebuah penelitian oleh Angkatan Udara AS yang diterbitkan dalam Journal of American Board of Family Medicine, 83 persen orang yang menggunakan kapas untuk menerapkan sejumlah kecil Vicks VapoRub ke kuku mereka yang terkena jamur, setidaknya sekali sehari, dilaporkan mengalami perbaikan, dengan hampir 20 persen pasien berhasil menyingkirkan infeksi seluruhnya.

Listerine dan Cuka Putih

Obat kumur memiliki bahan-bahan seperti timol dan mentol yang memiliki sifat antijamur. Sedangkan cuka bersifat asam. Jamur tidak suka pada lingkungan yang asam.

Gabungkan keduanya dalam porsi yang sama dan rendam kaki Anda dalam larutan campuran Listerime dan cuka putih, idealnya selama 45 sampai 60 menit setiap hari.

Tepung Jagung

“Kami telah mendengar dari beberapa pembaca bahwa tepung jagung dapat menyingkirkan jamur,” kata Graedon.

Telah lama tepung jagung digunakan untuk menghalau penyakit jamur dari tanaman mawar. Tepung jagung memiliki aktivitas antijamur.

Tuang tepung jagung ke dalam panci lalu campur dengan air hangat, aduk hingga menjadi pasta, biarkan dingin, kemudian rendam kaki Anda di dalamnya selama satu jam selama seminggu.

Minyak Pohon Teh atau Oregano

Minyak pohon teh telah lama digunakan untuk memerangi berbagai jenis penyakit kulit, terutama infeksi jamur, kata Graedon.

Dan minyak oregano mengandung thymol, yang juga memiliki sifat antijamur.

Oleskan beberapa tetes minyak pohon teh atau oregano pada kuku yang terkena jamur dua kali sehari.

Pasta Urea

Salep pasta urea (20 persen), seperti Gormel Creme, dapat membantu melarutkan bagian yang terkena infeksi jamur dan meninggalkan bagian yang sehat tetap utuh.

Setelah bagian yang terinfeksi tersingkir, Anda dapat melanjutkan pengobatan dengan krim antijamur yang dijual bebas seperti Miranel.

Pastikan untuk memeriksakan diri ke dokter kulit sebelum memulai perawatan ini. Pasalnya,  setelah bagian yang terinfeksi luruh, bagian tersebut akan menjadi lebih rentan terhadap infeksi.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*