Don't Show Again Yes, I would!

11 Kerajaan Islam di Indonesia dari Berbagai Pulau

Sebagai salah satu negara dengan penganut agama Islam terbanyak, Indonesia memiliki sejarah panjang persebaran agama Islam di Nusantara. Persebaran agama Islam tidak terlepas dari sejarah kerajaan Islam di Indonesia. agama Islam masuk ke Indonesia diperkirakan pada abad ke 16 Masehi. Yang kemudian memunculkan kerajaan-kerajaan bercorak Islam pada awal abad ke 13 Masehi.

Terdapat banyak kerajaan Islam di indonesia, yang pernah berjaya dan mempunyai peran penting dalam penyebaran agama Islam. Beberapa kerajaan Islam tersebut antara lain adalah sebagai berikut ini.

Kerajaan Islam di Indonesia

Perkembangan Islam di Nusantara semakin meluas salah satunya adalah munculnya kerajaan bercorak Islam. Masuknya agama Islam ke kerajaan di Nusantara mempengaruhi segala bidang kehidupan masyarakat seperti bangunan, sistem ekonomi, budaya dan lain sebagainya. Nah berikut ini beberapa kerajaan Islam di indonesia yang perlu kamu ketahui.

Kerajaan Samudra Pasai

Diyakini sebagai kerajaan Islam di Indonesia yang pertama Samudra Pasai didirikan oleh Sultan Malik Al Saleh, yang dikenal juga sebagai Meurah Silu pada tahun 1267.  Kerajaan ini terletak pantai Utara Aceh di muara Sungai Pasai.

Kerajaan Samudra Pasai mengalami perkembangan yang pesat dan menjadi pusat perdagangan rempah-rempah. Namun, pada 1521 Kerajaan Samudra Pasai mengalami kemunduran karena adanya konflik internal perebutan kekuasaan serta serangan dari Portugis.

Kesultanan Aceh Darussalam

Kesultanan Aceh Darussalam menjadi kerajaan Islam di Indonesia Yang didirikan oleh Sultan Ali Mughayat Syah pada 1513 M.

Puncak kejayaan Kesultanan Aceh adalah saat kepemimpinan Sultan Iskandar Muda pada 1607 hingga 1536 M. Dimana Kesultanan Aceh dapat menguasai daerah-daerah pesisir timur dan barat Sumatra serta pesisir barat Semenanjung Melayu.

Kerajaan Demak

Yang ketiga kerajaan Islam di Indonesia adalah kerajaan Demak yang terletak di Jawa Tengah diperkirakan didirikan pada tahun 1500. Kerajaan ini adalah kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa, pendirinya adalah Raden Patah sekitar abad 15 M.

Demak pada masa kejayaan nya menjadi pusat perdagangan, sehingga Kerajaan Demak  menjadi pusat persebaran agama Islam khususnya di Pulau Jawa.

Kesultanan Banten

Kerajaan Banten menjadi kerajaan Islam di Indonesia yang juga terletak di Pulau Jawa. Penyebaran Islam mulai menyebar di wilayah tersebut ketikan Fatahillah berhasil merebut Banten kemudian mulai menyebarkan agama Islam.

Fatahillah mendapat gelar Maulana Hasanuddin dari kesultanan Demak yang kemudian mendirikan Kesultanan Banten.

Kerajaan Mataram Islam

Kerajaan Islam di Indonesia kemudian adalah Mataram Islam, yang berdiri pada 1588 di daerah Kotagede Yogyakarta. Kerajaan Mataram Islam didirikan sebagai hadiah yang diberikan Kesultanan Pajang terhadap Ki Ageng Pamanahan atas jasa-jasanya.

Kerajaan Mataram berjaya saat kepemimpinan Sultan Agung, karena berhasil menguasai hampir seluruh tanah Jawa, serta melakukan perlawanan pada VOC.

Kerajaan Malaka

Kerajaan Malaka menjadi kerajaan Islam di Indonesia yang menjadi pusat perdagangan dan penyebaran Islam di Asia Tenggara. Lokasi Malaka yang strategi di semenanjung Malaya membuat Kerajaan ini menjadi pusat perdagangan.

Kerajaan Malaka didirikan oleh Parameswara pada 1405. Kerajaan Malaka pernah mengalami masa kejayaannya pada kepemimpinan Sultan Masyur Syah karena berhasil menjadi pusat perdagangan sekaligus penyebaran Islam di Asia Tenggara. Kerajaan ini runtuh pada masa Sultan Mahmud Syah karena mendapat serangan  dari Portugis.

Kerajaan Gowa Tallo

Seperti namanya kerajaan Islam di Indonesia Gowa Tallo adalah dua kerajaan yang saling berhubungan baik, yang kemudian menjadi satu dikenal dengan Kerajaan Makassar.

Kerajaan ini terletak di Sulawesi Selatan, kerajaan Gowa menguasai wilayah dataran tinggi, sedangkan kerajaan Tallo menguasai daratan pesisir. Kesultanan Makasar mencapai kejayaan pada masa kepemimpinan Sultan Hasanuddin karena mempertahankan kerajaan dari penjajah.

Kerajaan Ternate Tidore

Kerajaan Ternate berdiri pada abad 13 M, kerajaan yang berada di Maluku Utara berperan dalam penyebaran agama Islam. Didirikan oleh Sultan Mashur menjadi kerajaan yang sukses dengan komoditi rempah-rempah.

Kerajaan Tidore menjadi Kerajaan Islam di Indonesia yang sebagian wilayah terletak di Pulau Halmahera dna sebagai berada di Pulau Seram. Pemimpin Tidore yang pertama kali memeluk Islam adalah Cirali Lititu yang kemudian bergelar Sultan Jamaludin.

Kerajaan Banjar

Terletak di wilayah Kalimantan Selatan kerajaan Islam di Indonesia ini raja bernama Raden Samudera.

Awalnya Kalimantan Selatan memiliki tiga kerajaan yaitu Dipa, Daha, dan Banjar. Saat terjadi peperangan antar negara, Daha menyerang Banjar, dimana kemudian Raden Samudra meminta bantuan ke Kesultanan Demak. Kemudian Banjar dapat enang yang diikuti Raden Samudera memeluk Islam.

Kerajaan Cirebon

Kerajaan Cirebon didirikan oleh Pangeran Walangsungsang pada tahun 1430 dan terletak di Pantai Utara Jawa Barat. Kerajaan ini menjadi pusat penyebaran Islam di Jawa Barat.

Pemimpin yang terkenal pada Kerajaan Cirebon adalah sUnan Gunung Giri, namun setelah runtuh kerajaan ini terbagi menjadi dua yakni kesultanan Kasepuhan dan kesultanan Kanoman.

Kerajaan Perlak

Kerajaan atau kesultanan Perlak merupakan kerajaan yang terletak di Aceh Timur didirikan sekitar 840 masehi. Perlak menjadi daerah yang sering didatangi pedagang dari Arab, Gujarat, dan Persia,sehingga perkembangan Islam di Nusantara juga menyebar ke berbagai wilayah.

Puncak kejayaan Kerajaan Perlak adalah saat dipimpin oleh Aladin Sayyid Maulana Aziz Syah.

Itu dia beberapa kerajaan Islam di indonesia, sudah sepatutnya kita sebagai bangsa Indonesia harus memahami dan mengerti sejarah Indonesia tidak terkecuali sejarah perkembangan agama Islam. Serta kerajaan-kerajaan Islam di indonesia yang berpengaruh besar dalam persebaran agama Islam di Nusantara kala itu hingga sekarang menjadi negara dengan umat Islam terbesar.

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *