Don't Show Again Yes, I would!

10 Tips Mengajar untuk Guru Pemula, Ampuh Atasi Kecanggungan

Halo sobat duniamu.id yang sekarang akan menjadi guru pertama kali, ayo simak tips mengajar untuk guru pemula yang akan dibahas dalam ulasan kali ini.

Mengajar untuk guru pemula, perlu persiapan dan perencanaan karena kesan pertama akan sangat berpengaruh.

Pada awal mengajar mungkin akan merasa canggung dan menegangkan, oleh karena itu guru pemula harus mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan dalam mengajar pertama kali.

Berikut ini adalah beberapa tips mengajar untuk guru pemula yang dapat dilakukan.

Tips Mengajar Pertama Kali

Siapkan Materi Pelajaran

Tentu saja hal pertama yang menjadi tips mengajar untuk guru pemula adalah menyiapkan materi dengan baik.

Sebelum mengajar Bapak/Ibu guru harus memahami materi yang akan diajarkan. Kemudian menyusun materi dengan baik sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Jangan lupa untuk mempelajari materi secara mendalam, karena dengan penguasaan materi yang baik akan menambah kepercayaan diri serta kamu dapat menyampaikan pelajaran dengan siap.

Berlatih

Mengajar untuk guru pemula, sebaiknya melakukan banyak latihan. Jangan sampai merasa canggung saat menyampaikan materi pelajaran nanti. Untuk mengatasi rasa guus kamu dapat berlatih terlebih dahulu.

Latihan dapat dilakukan sendiri maupun meminta bantuan dengan teman. Coba simulasikan seperti kamu akan melakukan pembelajaran di kelas. Kemudian lakukan evaluasi sendiri.

Datang tepat Waktu

Untuk pertama kali mengajar jangan sampai terlambat, karena dapat menyebabkan proses pembelajaran terhambat. Kebiasaan terlambat juga tidak baik dilakukan apalagi oleh guru, sebab dapat ditiru oleh siswa.

Berpenampilan Rapi

Tips mengajar untuk guru pemula selanjutnya adalah jangan lupa untuk tetap berpenampilan rapi. Karena bagaimanapun juga siswa akan melihat penampilan pertama guru. Dengan memakai pakaian rapi guru akan terlihat berwibawa dan percaya diri. Hal ini juga akan meningkatkan kesan positif dan memberikan rasa kepercayaan diri.

Perkenalkan Diri yang Berkesan

Kesan pertama yang baik akan membuat guru dikenang oleh siswa dengan baik pula. Oleh karena itu, dalam memperkenalkan diri lakukan dengan hal yang unik dan tidak kaku. Kamu dapat menunjukkan sikap yang ramah dan menyenangkan tetapi tetap tegas, sehingga siswa akan merasa nyaman.

Beberapa cara yang menarik untuk memperkenalkan diri dapat dilakukan dengan membuat video perkenalan menggunakan PPT atau sebuah video animasi. Saat memperkenalkan diri guru juga dapat mengenali karakteristik siswa serta menjalin hubungan baik dengan siswa.

Selipkan Humor

Menjadi guru yang menyenangkan akan membuat siswa nyaman, dan betah untuk mengikuti pembelajaran. Hal ini dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa. Jika siswa merasa nyaman, pembelajaran akan berjalan lancar.

Jadi tips mengajar untuk guru pemula dapat menyisipkan beberapa humor atau candaan yang tidak berlebihan.

Proses belajar yang kaku dan serius terus menerus justru akan membuat siswa menjadi bosan dan tidak betah di kelas. Sehingga memberikan beberapa humor juga diperlukan untuk menjaga kelas tetap kondusif.

Berikan Banyak Contoh

Pembelajaran yang hanya penjelasan saja akan membuat siswa kehilangan ketertarikan. Guru pemula dapat memberikan banyak contoh-contoh penyelesaian supaya siswa dapat dengan mudah memahami.

Contoh yang berhubungan dengan kehidupan sehari=haris juga lebih mudah dimengerti oleh siswa.

Apalagi pada materi pelajaran yang membutuhkan pemahaman tinggi, seperti Matematika, Fisika atau Kimia. Guru perlu memberikan banyak contoh-contoh sehingga siswa tidak kelautan saat menghadapi soal yang berbeda.

 Siapkan Ice Breaking

Saat mengajar untuk guru pemula dapat menerapkan beberapa ice breaking seru untuk mencairkan suasana. Apalagi saat guru dan siswa merasa canggung dan suasana terasa kaku, guru dapat melakukan beberapa kegiatan ice breaking bersama-sama.

Selain memecahkan suasana, ice breaking juga akan memuat hubungan guru dan siswa menjadi lebih dekat. Banyak ice breaking seru dan menarik yang dapat dilakukan oleh guru.

Mengenal Karakteristik Siswa

Selain mengenalkan diri, guru juga perlu mengenali karakteristik siswa-ya. Dengan mengenal karakteristik siswa, guru dapat menerapkan strategi belajar yang tepat. Untuk mengenal siswa, guru dapat mengabsen siswa satu persatu, kemudian sambil melakukan perbincangan dengan menanyakan beberapa pertanyaan.

Untuk dapat mengenal karakteristik siswa memang tidak mudah dan dibutuhkan waktu, guru juga harus melakukan observasi selama pembelajaran.

Mengapresiasi Siswa

Apresiasi pada siswa perlu dilakukan, karena dengan  hal itu siswa akan merasa kerja kerasnya terbayarkan. Jangan sampai bertindak pilih kasih dan hanya dekat dengan beberapa siswa saja. Apresiasi dapat ditunjukkan guru dengan melakukan hal sederhana seperti memuji atau memberikan skor nilai.

Demikian adalah cara dan tips mengajar untuk guru pemula yang mudah diterapkan. Selamat mencoba.

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *