Don't Show Again Yes, I would!

11 Ide Kegiatan Ramadhan Anak SD yang Penuh Makna

Selama melaksanakan puasa biasanya sekolah akan melakukan kegiatan bulan Ramadhan begitu pula dengan jenjang Sekolah Dasar (SD). Terdapat beragam ide kegiatan Ramadhan anak SD yang dapat dilakukan selama bulan puasa.

Apa saja ide kegiatan Ramadhan anak SD yang penuh makna? Duniamu.id telah merangkum menjadi beberapa rekomendasi berikut ini.

Untuk mengetahui rekomendasi ide kegiatan Ramadhan anak SD yang menarik dan memberikan dampak positif, simak ulasannya berikut ini.

Rekomendasi Kegiatan Ramadhan Anak SD

Bulan Ramadhan merupakan saat yang dinantikan umat muslim, selama sebulan penuh akan dipenuhi dengan kegiatan yang bermanfaat. Selama sebulan penuh umat muslim akan melaksanakan ibadah puasa. Terdapat hal-hal terpuji yang dapat menambah kebermanfaatan bulan puasa seperti mengaji, tadarus, atau bersedekah. Beberapa hal tersebut juga dapat diterapkan pada jenjang Sekolah Dasar. Sehingga siswa akan lebih memaknai bulan Ramadhan.

Berikut ini adalah rekomendasi kegiatan Ramadhan anak SD untuk menjaga produktivitas dan lebih bermanfaat selama bulan puasa.

Berbagi Takjil Gratis

Berbagi takjil gratis menjadi ide kegiatan Ramadhan anak SD yang akan mengajarkan siswa untuk memiliki empati dan belajar arti bersedekah.

Siswa dan guru dapat bersama-sama menyiapkan takjil seperti es buah, gorengan, atau makanan lainnya kemudian membagikan ke didepan sekolah bersama-sama.

Lomba Vlog Ramadhan

Kegiatan seru yang dapat dilakukan lainnya adalah membuat vlog atau video pendek bertemakan Ramadhan. Hal ini kemudian dapat dilombakan dan guru memilih siswa yang paling dapat menyampaikan isi dan tema ramadhan paling baik.

Tadarus

Ide kegiatan Ramadhan anak SD yang pertama adalah melakukan kegiatan tadarus bersama. Guru dapat membentuk kelompok pada setiap kelas dan melakukan tadarus bersama setiap kelompok.

Atau siswa dapat setoran bacaan yang telah ditentukan sebelumnya. Kegiatan ini dapat dilakukan sebelum pembelajaran atau sela-sela waktu istirahat.

Kemudian sekolah juga dapat mengadakan khataman Al Quran bersama-sama yang di agendakan beberapa minggu sekali.

Lomba Poster Ramadhan

Kegiatan seru lainnya dapat dilakukan adalah melakukan perlombaan yang bertemakan Ramadhan. Salah satunya adalah lomba membuat poster Ramadhan.

Hal ini selain membuat siswa mencari makna bulan Ramadhan, juga dapat mendorong pengembangan kreativitas siswa. Pihak panitia dapat menyiapkan hadiah untuk pemenang lomba.

Lomba Menghafal Surat Pendek

Ide kegiatan Ramadhan anak SD dapat dilakukan dengan perlombaan seperti menghafal surat-surat pendek.

Hal ini dapat dilakukan selama satu bulan penuh, dengan memberikan setoran hafalan pada guru yang ditugaskan. Kemudian setelah akhir bulan dapat ditentukan siapa siswa yang paling banyak menghafal surat-surat pendek. Tentu saja hal beberapa poin juga perlu dipertimbangkan  seperti kebenaran bacaan, kebenaran tajwid dan lain-lain.

Kegiatan Buka Bersama

Salah satu kebaikan di bulan Ramadhan adalah berbagi makanan. Kegiatan berbuka bersama di sekolah dapat meningkatkan tali persaudaraan dan kerukunan antar warga sekolah.

Jadi, buka bersama dapat menjadi ide kegiatan Ramadhan anak SD yang patut dilakukan. Siswa dapat dilibatkan dalam penyiapan makanan dan minuman untuk berbuka.

Kegiatan ini juga dapat dibarengi dengan kegiatan keagamaan lainnya, seperti sholat tarawih bersama.

Pesantren Kilat

Pesantren kilat adalah ide kegiatan Ramadhan anak SD yang dapat dilakukan dalam 2 atau 3 hari saja. Hal ini untuk menghidupkan nilai-nilai keagamaan serta nuansa Ramadhan yang lebih positif.

Sekolah dapat membuat suasana sekolah seperti pondok pesantren serta dapat mendatangkan pengajar langsung dari pesantren untuk memberikan pembelajaran yang mendalam terkait agama pada siswa.

Lomba Adzan

Nah, kegiatan Ramadhan anak SD yang bermakna lainnya adalah mengadakan lomba adzan, yang khusus untuk anak laki-laki.

Selain itu, lomba adzan juga dapat mengajarkan siswa menjadi seorang muadzin yang handal. Panitia dapat menjadwalkan acara perlombaan serta mempersiapkan hadiah untuk diberikan pada pemenang.

Sholat Dhuha dan Sholat Dhuhur Berjamaah

Selama bulan Ramadhan siswa dapat belajar shalat lima waktu dengan tepat waktu dengan kaitan shalat berjamaah.

Guru dan siswa dapat melakukan shalat sunnah dhuha untuk mengisi waktu selama bulan Ramadhan.

Merangkum Ceramah Agama

Saat bulan Ramadhan banyak acar di berbagai media akan menayangkan ceramah keagamaan. Nah, hal ini dapat menjadi ide kegiatan Ramadhan anak SD yang lebih bermakna.

Siswa dapat ditugaskan untuk merangkum ceramah keagamaan yang dilihat baik di televisi, media sosial atau media digital lainnya.

Hal ini akan membuat siswa lebih memperhatikan kajian-kajian dan isi yang disampaikan pendakwah, dengan merangkum ceramah.

Membuat Kartu Ucapan

Hal sederhana yang menjadi ide kegiatan Ramadhan anak SD adalah membuat kartu ucapan Hari Raya.

Kegiatan ini dapat dilakukan bersama-sama dengan didampingi oleh guru. Kemudian kartu dapat dibagikan kepada keluarga dan saudara siswa.

Demikian adalah berbagai macam kegiatan Ramadhan anak SD yang penuh makna dan bermanfaat untuk peserta didik.

 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *