Don't Show Again Yes, I would!

4 Strategi Pembelajaran Interaktif di Kelas

4 Strategi Pembelajaran Interaktif di Kelas – Seperti apa strategi pembelajaran interaktif itu? Pertanyaan satu ini tentunya sering terngiang-ngiang di pikiran para pendidik. Strategi pembelajaran interaktif sangatlah penting di dunia pendidikan terutamanya pada generasi sekarang ini.

Nah, mari berbicara lebih jauh tentang strategi ini dan bagaimana menerapkan-nya di lapangan.

Mengenal Strategi Pembelajaran Interaktif

Strategi Pembelajaran Interaktif

Kelas merupakan lingkungan pembelajaran yang heterogen, dimana didalamnya berisikan peserta didik dari berbagai latar belakang dan lingkungan yang berbeda. Oleh karenanya, diperlukan pembelajaran yang efektif dan interaktif sehingga pendidik bisa memenuhi semua kebutuhan individu secara merata, baik dari segi materi pembelajaran atau pun melatih kemampuan dan skill komunikasi-nya.

Pembelajaran yang interaktif ada berbagai macam, namun semuanya ditandai dengan tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran yang tinggi oleh siswa dan juga peningkatan kemampuan komunikasi siswa di kelas. Beberapa strategi cocok digunakan oleh guru A namun belum tentu cocok digunakan oleh guru B.

Strategi Pembelajaran Interaktif

Langsung saja, kita simak beberapa strategi pembelajaran interaktif yang bisa dijadikan referensi untuk pembelajaran di kelas. Strategi ini bisa digunakan dengan inovasi dari tenaga pendidik sendiri, sehingga sesuai dengan kebutuhan setiap kelasnya:

1. Visualisasi

Strategi Pembelajaran Interaktif

Konsep pembelajaran metode ceramah akademik cenderung membosankan, karena peserta didik dipaksa untuk mendengarkan saja. Sehingga pengalaman belajar-nya menjadi kurang dan penguasaan materi menjadi sangat minim.

Strategi pembelajaran interaktif visualisasi membantu peserta didik untuk bisa memahami konsep pembelajaran yang menyenangkan dengan pengalaman belajar visual bagi mereka. Hal ini membantu peserta didik dalam memahami materi lebih luas dan mendalam.

Contoh strategi ini adalah menggunakan LCD proyektor untuk menampilkan berbagai foto dan video yang berhubungan dengan materi yang disampaikan. Strategi ini juga mendorong peserta didik untuk bereksperimen dan aktif dalam kelas melalui pertanyaan dari video yang dilihat.

2. Instruksi Berbasis Pertanyaan

Selanjutnya ada strategi pembelajaran dengan instruksi berbasis pertanyaan. Jadi pendidik terlebih dahulu mengajukan pertanyaan terkait materi yang akan diberikan. Hal ini bisa mendorong peserta didik untuk berpikir kritis dan mencari jawaban atas materi tersebut dengan mandiri.

Nantinya peserta didik akan menemukan pertanyaan-pertanyaan baru sesuai dengan pengalaman mereka dalam memahami materi. Tentunya akan membantu meningkatkan keterampilan dari peserta didik untuk memecahkan permasalahannya dan bisa memahami materi lebih dalam lagi.

3. Pemanfaatan Teknologi dalam Kelas

Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran sangat ampuh dan efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Karena dengan menggunakan teknologi baik tenaga pendidik maupun peserta didik bisa secara aktif memanfaatkan teknologi media digital untuk membahas materi pembelajaran.

Contoh kegiatan yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan smartphone dan memanfaatkan google form. Tenaga pendidik sebelumnya harus membuat beberapa soal yang nantinya akan dikerjakan oleh peserta didik melalui smartphone nya.

Kegiatan ini cukup menarik dan lebih interaktif dilakukan. Oleh karena materi pembelajaran bisa lebih cepat ditangkap oleh peserta didik dibandingkan dengan metode lainnya.

4. Pembelajaran Kooperatif

Strategi Pembelajaran Interaktif

Strategi pembelajaran interaktif yang terakhir adalah pembelajaran kooperatif. Strategi ini dimulai dengan pendidik membentuk beberapa kelompok di kelasnya, kemudian kelompok tersebut nantinya diminta untuk mengekspresikan ide-ide secara verbal untuk menanggapi orang lain.

Metode semacam ini sangat bagus untuk mendorong peserta didik agar lebih percaya diri dan mampu meng-komunikasikan idenya dalam masyarakat. Contoh dari metode ini adalah dengan melakukan eksperimen ilmiah untuk mata pelajaran fisika/kimia dan memerankan drama pendek di kelasnya.

Penutup

Itulah strategi pembelajaran interaktif yang bisa dilakukan. Pendidik bisa melakukan inovasi dari strategi-strategi diatas. Satu kelas dan kelas lainnya tentunya memiliki metode pembelajaran yang berbeda karena sesuai dengan lingkungan kelasnya.

Sahabat duniamuid simak terus ulasan lengkap tentang isu-isu pendidikan terbaru dan paling populer hanya di duniamuid.

 

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *