Don't Show Again Yes, I would!

40 Istilah Penting dalam Perhotelan, Anda Wajib Tahu Jika Ingin Kerja di Hotel

Table of contents: [Hide] [Show]

DUNIAMU.ID – Ingin bekerja di bidang perhotelan? Selain memilih jurusan yang sesuai tentunya anda juga harus mengetahui istilah penting dalam perhotelan jika ingin bekerja di hotel.

Apa saja istilah penting dalam perhotelan tersebut? Berikut ini beberapa istilah penting dalam perhotelan yang wajib diketahui orang yang ingin bekerja di hotel.

Istilah Penting dalam Perhotelan

Berikut ini ada beberapa istilah penting dalam perhotelan yang bisa anda pelajari:

  • Reservasi : atau booking artinya adalah memesan kamar.
  • Check-in : proses ketika tamu datang ke hotel dan memasukan barang-barang ke dalam kamar.
  • Check-out : proses ketika tamu keluar dari kamar dan membayar tagihan.
  • Extra charge : biaya tambahan untuk pelayanan yang diberikan hotel.
  • Extended stay : memperpanjang masa menginap dari perjanjian sebelumnya.
  • Room services : layanan antar yang dipesan oleh tamu dari akar, bisa berupa makanan atau jasa lainnya.
  • Resepsionis : petugas yang ada di meja resepsionis dan bertugas melayani tamu ketika check in dan check out.
  • Front office : bagian paling depan hotel yang terhubung dengan tamu secara langsung.
  • Back office  : petugas hotel yang tidak berhubungan dengan tamu secara langsung.
  • Twin bed : kamar dengan dua tempat tidur secara terpisah (ukuran single bed).
  • Double bed : kamar yang memiliki kasur besar (berukuran king size).
  • Buffet : penyajian makanan di hotel dengan cara prasmanan.
  • Early check in : ketika tamu melakukan check in lebih awal atau sebelum waktu yang telah ditentukan.
  • Late check out : tamu yang melakukan check out melebihi waktu yang ditentukan.
  • Room rate : harga dari sebuah kamar.
  • Room status : merujuk pada status sebuah kamar apakah masih kosong atau sudah terisi.
  • Fully booked : artinya hotel tersebut sudah terisi penuh (tidak memiliki kamar yang kosong)
  • Bar : area bersantai pada sebuah hotel biasanya berbentuk resto.
  • Minibar : sebuah kulkas kecil yang ada di kamar hotel, berisikan minuman dan makanan ringan.
  • Standard room : jenis kamar hotel pada umumnya dengan fasilitas paling umum atau standar.
  • Superior room : kamar hotel dengan ruang kamar yang lebih luas biasanya memiliki kasur double bed.
  • Deluxe room :  Jenis kamar hotel dengan fasilitas lebih tinggi dibanding superior room serta ukuran kamar yang lebih luas.
  • Suite room : jenis kamar hotel paling mahal dengan ukuran tempat tidur dan kamar mandi paling luas serta memiliki bathroom amenities.
  • Family room : kamar hotel khusus untuk keluarga atau para keluarga yang menginap lebih dari 2 orang.
  • Bellboy : petugas hotel yang bertugas membantu membawa barang bawaan tamu dari lobby hotel hingga kamar.
  • Extra bed : tempat tidur tambahan untuk tamu karena kekurangan tempat tidur.
  • Add room : ketika tamu akan menambah kamar dari pesanan sebelumnya.
  • Move room : pindah kamar karena satu lain alasan.
  • Rate plan :  Tipe harga kamar yang tersedia di hotel tersebut.
  • Contract rate : Tipe harga kamar yang diberikan pihak hotel untuk travel agent berdasarkan term and condition tertentu.
  • Connecting room : dua kamar yang memiliki pintu khusus di tengah ruangan yang menghubungkan kedua kamar tersebut.
  • ETA : Merupakan singkatan dari estimated time arrival. Artinya perkiraan waktu kedatangan.
  • SOP : Standard operating procedure artinya  sebuah rangkaian prosedur yang dimiliki oleh perusahaan atau hotel sebagai panduan untuk mencapai tujuan.
  • PAX :penghuni atau orang yang ada.
  • OTA (online travel agent) : Online travel agent atau dikenal juga dengan agen travel online adalah situs web yang menawarkan pembelian dan reservasi perjalanan kepada konsumen secara online.
  • Amenities : Fasilitas pendukung dalam kamar hotel bertujuan agar kamar hotel yang digunakan menjadi nyaman untuk para pengunjung.
  • Concierge : Concierge adalah seorang staf hotel yang siap membantu kebutuhan tamu, seperti membuat reservasi restoran atau mengatur transportasi.
  • Do not disturb : Sebuah tanda yang dapat digantung oleh tamu di pintu kamar hotel untuk menunjukkan bahwa tamu sedang tidak ingin diganggu.
  • High season :  waktu dalam setahun ketika jumlah orang terbanyak mengunjungi suatu tempat untuk berlibur.
  • Low season : Istilah ini umum dikenal juga sebagai off season. Waktu perjalanan paling tidak sibuk dalam setahun, dengan harga hotel biasanya lebih murah.

Itulah 40 Istilah Penting dalam Perhotelan yang penting untuk dipahami. Ternyata sangat banyak ya istilah-istilah yang biasanya digunakan di dunia Perhotelan. Kini anda bisa mempelajarinya agar bisa bekerja maksimal di perhotelan.

 

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *