Don't Show Again Yes, I would!

5 Metode Mengelola Keuangan yang Ampuh Di Terapkan

DUNIAMU.ID – Ilmu tentang pengelolaan keuangan yang efektif memang tidak akan didapatkan di sekolah formal. Sehingga tidak banyak yang bisa mengetahui cara mengelola keuangan tersebut. Nah bagi anda yang penasaran dan ingin tahu bagaimana metode mengelola keuangan yang baik berikut ini ada beberapa metode yang bisa anda pelajari:

1. Metode Mengelola Keuangan Budget in Jar

Mengutip dari Bustle, metode satu ini adalah metode yang membimbing untuk membagi pengeluaran menjadi enam toples atau enam bagian sesuai dengan kebutuhan setiap orang. Bagi yang terbiasa menggunakan uang cash atau uang fisik maka bisa menyediakan 6 wadah yang berbeda, kemudian diberikan label setiap wadahnya dan sesuai dengan kebutuhan.

Enam kebutuhan yang harus dipisah tersebut adalah :

  • Pengeluaran dasar : berisikan pengeluaran yang rutin dikeluarkan setiap bulannya untuk berbagai jenis kebutuhan pokok seperti membayar air, listrik, belanja groceries, sewa rumah dan lainnya.
  • Hiburan : berisikan sejumlah uang yang digunakan sebagai hiburan dalam sebulan. Tentunya sesuai dengan kebutuhan anda, contohnya setiap dua minggu sekali pergi nonton atau lainnya.
  • Tabungan jangka panjang dan investasi : merupakan dana yang disiapkan untuk tabungan atau investasi. Dana ini bukan berasal dari dana sisa pengeluaran namun murni dana yang disiapkan. Anda harus memiliki target menabung dalam sebulannya.
  • Pendidikan : kebutuhan selanjutnya adalah kebutuhan pendidikan yang digunakan untuk membeli buku, membayar biaya sekolah, seragam dan lainnya.
  • Pengeluaran elektrik : dana untuk peralatan elektronik seperti handphone (paket internet) dan laptop.
  • Sosial : terakhir adalah dana yang digunakan untuk kebutuhan sosial bermasyarakat lainnya.

2. Metode Jepang Kakeibo

Metode mengelola keuangan satu ini diadaptasi dari negeri sakura jepang, namanya Kakeibo. Cara ini bisa melukiskan pengeluaran anda setiap bulannya seperti digunakan untuk apa saja uang yang anda miliki, berapa banyak tabungan yang anda miliki, visi dan misi apa yang anda harus lakukan untuk mengejar target finansial yang ingin dicapai.

Berdasarkan metode ini, ketika anda ingin membeli sesuatu maka jangan gegabah, tanyakan pada diri sendiri terlebih dahulu, tentang:

  • Apakah anda benar-benar membutuhkan barang tersebut?
  • Apakah anda memiliki uang untuk membeli barang yang dibutuhkan secara cash?

Metode Ini membuat anda semakin bijak ketika akan membelanjakan uang.

3. Metode Mengelola Keuangan 50/20/30

Untuk metode satu ini dipopulerkan oleh Elizabeth Warren dalam bukunya yang berjudul All Your Worth : the Ultimate Lifetime Money Plan.

Pembagian metode ini adalah 50/20/30 dengan alokasi 50% penghasilan untuk kebutuhan pokok sehari-hari, 20% untuk hiburan atau reward diri atas semua kerjakeras yang dilakukan sehari-hari dan 30% untuk menabung atau investasi.

Tentunya besaran ini sudah dipotong dengan membayar pajak dan bersedekah. Baru sisanya dibagi menjadi 50/20/30 ini.

4. Metode Amplop

Metode amplop sebenarnya mirip dengan metode budget in jar bedanya metode ini menggunakan bantuan amplop untuk membagi penghasilannya. Jumlah pembagian amplop ini disesuaikan kebutuhan anda.

Contohnya saja untuk biaya sewa tempat tinggal, biaya listrik dan air, transport, tabungan, hiburan dan lainnya. Ingat kunci dari keberhasilan metode ini adalah tidak boleh membuka amplop lain yang tidak sesuai dengan kebutuhan atau porsinya.

5. Menggunakan Aplikasi Keuangan

Metode mengelola keuangan  terakhir adalah menggunakan aplikasi bantuan yang ada di smartphone. Cara ini cukup efektif membantu anda untuk mengatur keuangan karena metodenya tidak susah dan mudah dipahami. Ada beberapa aplikasi yang bisa anda install sesuai dengan kebutuhan, diantaranya:

  • Clarity Money: cocok untuk kamu yang ingin meninggalkan berlangganan membership dan media lainnya.
  • Personal Capital: cocok untuk kamu yang sudah mahir dalam kelola keuangan dan ingin melihat perkembangan investasi.
  • Mint: cocok untuk kamu yang masih pemula dan ingin membagi pengeluaran anda sesuai kebutuhan.

Itulah beberapa metode mengelola keuangan yang bisa diterapkan dengan cara yang mudah. Manakah metode yang menurut anda paling mudah?

Untuk tips dan trick Seputar Investasi, anda bisa mengunjungi website kelasinvestasi Agar keuangan anda termanage dan tetata untuk masa depan.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *