Don't Show Again Yes, I would!

5 Tips Bagi Sandwich Generation Agar Bisa Melanjutkan Pendidikan

DUNIAMU.ID – Apa sih sandwich generation? Sandwich generation merupakan istilah yang digunakan bagi seseorang yang bertanggung jawab atas orang tua, dirinya sendiri, maupun adiknya secara bersamaan. Orang yang menjadi sandwich generation sering menghadapi beban ekonomi, emosional, dan waktu yang besar untuk mengimbangi pekerjaan, pendidikan, dan peran sebagai orang yang bertanggung jawab dari dua generasi yang berbeda. Sandwich generation akan memiliki beban yang berat terutama pada masalah finansial.

Meskipun bebannya sangat berat, ada kalanya sandwich generation ingin mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan potensinya yaitu dengan melanjutkan pendidikan. Namun seringkali para sandwich generation merasa ragu ketika akan melanjutkan pendidikannya.

Oleh karena itu, diperlukan perencanaan yang matang dan juga strategi yang tepat agar dapat melanjutkan pendidikan dan dapat berdaya dalam mengejar cita-cita. Bagaimanapun tuntutan keluarga dan pendidikan bukan merupakan tugas yang ringan. Berikut ini beberapa tips bagi sandwich generation agar bisa melanjutkan pendidikan:

1. Membuat Perencanaan yang Tepat

Membuat perencanaan menjadi hal yang sangat penting sebelum memutuskan untuk melanjutkan pendidikan. Anda dapat membuat jadwal harian dan mingguan secara rinci untuk mengalokasikan waktu antara kuliah, pekerjaan, dan keluarga. Selanjutnya, anda juga wajib mengidentifikasi keuangan yang dimiliki. Anda dapat membuat anggaran keuangan yang mencakup biaya pendidikan, biaya hidup, dan tanggung jawab lainnya yang berhubungan dengan finansial. Anda juga dapat mempertimbangkan sumber pendanaan dengan mencari peluang beasiswa ataupun kerja sampingan.

2. Berkomunikasi dengan Keluarga

Komunikasi dengan keluarga juga menjadi hal yang sangat penting karena terlibat dalam percakapan dengan keluarga akan sangat penting untuk memahami kekhawatiran mereka tentang situasi ini. Anda perlu mendiskusikan mengenai komitmen anda untuk melanjutkan pendidikan dan bagaimana hal ini akan mempengaruhi jadwal dan tanggung jawab keluarga. 

Jangan pernah ragu untuk mengkomunikasikan segala sesuatu dengan keluarga anda, karena komunikasi dapat membantu dalam pencarian solusi secara bersama-sama.

3. Memilih Program Pendidikan yang Fleksibel

Saat melanjutkan pendidikan, penting untuk memilih program yang fleksibel. Program yang dapat diambil yaitu berupa kuliah online atau kuliah paruh waktu. Hal tersebut dilakukan agar anda dapat menyesuaikan jadwal pendidikan dengan tanggung jawab terhadap keluarga. Program yang fleksibel juga dapat membantu anda untuk menempuh studi dengan nyaman tanpa kesulitan yang berarti dalam hal membagi waktu. 

Selain itu, anda juga harus memastikan bahwa program yang dipilih dapat memberikan dukungan dan sumber yang online yang memadai sehingga dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Jika anda memilih program paruh waktu, anda dapat mengambil sedikit beban studi setiap semester agar tidak kesulitan dalam membagi waktu.

4. Manajemen Waktu yang Tepat dan Efisien

Manajemen waktu menjadi hal yang sangat penting bagi semua orang, bukan hanya pada sandwich generation yang akan melanjutkan pendidikan. Namun bagi sandwich generation, waktu seringkali menjadi masalah yang paling utama. Karena anda akan kesulitan untuk melanjutkan pendidikan jika tidak dapat mengatur waktu dengan baik. 

Tipsnya yaitu anda dapat mencoba untuk mengidentifikasi periode waktu yang paling produktif dan anda dapat mengalokasikan waktu studi selama periode tersebut. Tips ini dapat memaksimalkan efisiensi dan kualitas belajar anda. Selanjutnya anda dapat mengatur skala prioritas dengan selalu memprioritaskan tugas yang paling penting dan mendesak untuk segera dikerjakan. 

Manajemen waktu juga erat kaitannya dengan disiplin diri untuk selalu mengerjakan tugas secara tepat waktu dan menghindari menunda pekerjaan. Jangan lupa untuk memberikan jeda istirahat agar anda tidak stres akan semua tugas yang harus dikerjakan.

5. Jangan Pernah Melupakan Diri Sendiri

Tips yang terakhir yaitu jangan sekali-kali melupakan diri sendiri, peduli dengan orang lain boleh akan tetapi peduli pada diri sendiri juga perlu. Anda dapat menyisihkan waktu untuk melakukan perawatan dalam rangka menjaga kestabilan fisik dan mental. Anda juga dapat membuat jadwal untuk mengerjakan hal-hal yang anda suka seperti hobi, olahraga, dan aktivitas lain yang diminati.

Melanjutkan pendidikan bagi sandwich generation mungkin akan terasa sulit dan membutuhkan perencanaan serta manajemen yang cermat. Namun, tidak ada yang tidak mungkin bagi siapapun yang ingin berusaha. Ingat! ini bukanlah hal yang egois, namun demi perkembangan diri anda para sandwich generation. Semoga tips di atas dapat membantu anda dalam merangkai impian anda, semoga berhasil!

 

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *