Don't Show Again Yes, I would!

Catat! Berikut  Ini 6 Literasi Dasar Yang Wajib Dimiliki Oleh Setiap Orang

DUNIAMU.ID – Apa itu literasi? Secara etimologi literasi berasal dari kata ‘literatur’ yang memiliki arti orang yang belajar, sedangkan secara terminologi literasi memiliki arti kemampuan seseorang dalam mengelola informasi ketika melaksanakan kegiatan membaca dan menulis. Literasi sangat erat kaitannya dengan proses membaca dan menulis. Berikut ini 6 literasi dasar yang wajib dimiliki oleh setiap orang:

1. Literasi Baca Tulis

Salah satu dari 6 literasi dasar yang wajib dimiliki adalah literasi baca tulis. Literasi baca tulis merupakan kecakapan dalam memahami teks tertulis secara tersirat maupun tersurat untuk mengembangkan dan mengetahui potensi diri.  

Dengan literasi baca tulis, setiap orang bisa membaca dan juga mendapatkan informasi dengan baik. Literasi baca tulis juga dapat digunakan individu sebagai bekal untuk menuangkan ide dan gagasan ke dalam bentuk tulisan. 

Literasi baca tulis akan bermanfaat dalam memahami segala informasi, menyaring, dan mengelolanya sesuai dengan kebutuhan.

2. Literasi Numerasi

Salah satu dari 6 literasi dasar yang wajib dimiliki adalah literasi numerasi. Literasi numerasi merupakan kecakapan untuk menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam konteks kehidupan sehari-hari. 

Karena bagaimanapun, menghitung hal-hal dasar amatlah penting dan diperlukan bagi setiap individu. Dengan literasi numerasi diharapkan setiap individu dapat melakukan operasi matematika dasar dan bisa mengenali simbol-simbol operasi matematika yang paling umum. 

Literasi numerasi menjadi hal yang penting karena dapat membantu individu dalam menentukan sebuah keputusan. Literasi numerasi juga dapat memberikan perbandingan akurat akan suatu hal. 

3. Literasi Sains

Salah satu dari 6 literasi dasar yang wajib dimiliki adalah literasi sains. Ilmu pengetahuan menjadi bekal yang penting dalam rangka menjalani kehidupan yang lebih baik. Literasi sains merupakan kecakapan untuk memahami fenomena alam dan sosial di sekitar dan dapat mengambil keputusan ilmiah secara tepat. 

Literasi sains berfungsi agar setiap individu dapat menelaah, mencerna, dan memutuskan tindakan berdasarkan pada lingkungan sekitar. 

Contoh penerapan literasi sains yaitu individu dapat menentukan seberapa kalori yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga mengerti batasan tertentu dalam mengkonsumsi makanan dan hidup lebih sehat.

4. Literasi Digital

Salah satu dari 6 literasi dasar yang wajib dimiliki adalah literasi digital. Pada zaman saat ini, informasi bertebaran di mana-mana dan dapat diakses kapan saja. 

Sebagai individu kita tidak dapat menghentikannya namun kita dapat menyaring mana informasi yang benar dan mana informasi yang tidak benar. Literasi digital merupakan kecakapan setiap individu dalam menggunakan media digital dengan beretika dan bertanggung jawab untuk memperoleh informasi dan komunikasi. 

Literasi ini menjadi hal yang sangat penting karena sekarang kita hidup di zaman semuanya serba terkoneksi dengan cepat.

5. Literasi Finansial

Salah satu dari 6 literasi dasar yang wajib dimiliki yaitu literasi finansial. Literasi finansial merupakan kecakapan dalam mengaplikasikan pemahaman tentang konsep, risiko, keterampilan, dan motivasi dalam konteks finansial. 

Literasi finansial yang baik tidak hanya memberikan dampak positif bagi individu itu sendiri melainkan memberikan dampak positif dalam skala besar. Dengan literasi finansial, setiap individu diharapkan dapat mengatur keuangannya dengan baik sehingga dapat berkontribusi untuk kemajuan bangsa secara ekonomi.

6. Literasi Budaya dan Kewarganegaraan

Salah satu dari 6 literasi dasar yang wajib dimiliki yaitu literasi budaya dan kewarganegaraan. Literasi budaya dan kewarganegaraan merupakan kecakapan dalam memahami dan bersikap terhadap kebudayaan indonesia sebagai identitas bangsa serta memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara. 

Literasi budaya dan kewarganegaraan memberikan pengetahuan kepada individu terhadap posisinya di masyarakat sehingga hal ini amat penting mengingat manusia sebagai makhluk sosial. Literasi budaya dan kewarganegaraan juga menyangkut hak dan kewajiban sebagai warga negara.

Sekian penjelasan tentang 6 literasi dasar yang wajib dimiliki oleh individu. Literasi dasar tersebut diharapkan mampu menjadi bekal setiap individu dalam menjalani kehidupan. Semoga bermanfaat!

 

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *