Don't Show Again Yes, I would!

6 Rekomendasi Alternatif Pengganti PR untuk Siswa

Apa saja alternatif pengganti PR yang cocok untuk siswa? Pekerjaan Rumah atau PR merupakan pemberian tugas oleh guru untuk siswa yang harus dikerjakan di rumah.

Pemberian PR dapat dilakukan dengan berbagai cara. Biasanya PR yang diberikan berupa soal-soal latihan yang harus dikerjakan oleh siswa.

Namun, selain memberikan soal latihan, terdapat alternatif pengganti PR yang menarik dan dapat mengembangkan potensi siswa.

Berikut ini duniamu.id berikan rekomendasi alternatif pengganti PR yang dapat Bapak/Ibu guru terapkan pada peserta didik masing-masing.

Pengertian dan Tujuan PR

Sebelum mempelajari apa saja alternatif pengganti PR, tidak ada salahnya kita mengetahui pengertian pekerjaan rumah bagi siswa dan guru.

PR adalah tugas dari guru yang harus dikerjakan siswa baik secara individu maupun kelompok. Seperti namanya, Pekerjaan Rumah maka siswa harus mengerjakan tugas saat pembelajaran usai atau saat berada di rumah.

Pekerjaan rumah yang telah dikerjakan kemudian akan dikumpulkan kembali saat pembelajaran dengan batas waktu yang telah ditentukan.

Biasanya tugas yang diberikan guru untuk dijadikan PR berupa latihan soal atau tugas kelompok seperti membuat laporan atau membuat presentasi.

Tujuan dari pemberian PR adalah agar siswa lebih mendalami pemahaman akan topik atau materi pelajaran .

Selain itu PR memiliki beberapa tujuan lain, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Memberikan ruang dan kesempatan agar siswa dapat berlatih dan mengembangkan keterampilan-nya.
  • Mendorong penerapan sikap tanggung jawab dan disiplin.
  • Membuat siswa dapat mengasah kemampuan untuk menyelesaikan masalah secara mandiri.
  • Melatih kemampuan siswa untuk mengatur jadwal.
  • Membiasakan siswa untuk belajar dengan rajin.
  • Mengurangi waktu bermain gadget siswa saat di rumah.
  • Membuat komunikasi guru dan siswa menjadi baik.

Alternatif Pengganti PR

PR yang diberikan pada siswa seharusnya tidak membenahi dan membuat stress. Sehingga saat memberikan pekerjaan rumah guru juga harus memperhatikan tugas yang diberikan pada siswa.

Oleh karena itu terdapat beberapa alternatif pengganti PR yang dapat diberikan oleh guru. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Membuat Kreasi

Alternatif pengganti PR selain soal-soal latihan, guru dapat memberikan tugas untuk siswa membuat sebuah kreasi.

Selain menyenangkan, membuat kreasi juga dapat melatih kreativitas dan keterampilan motorik siswa.

Kreasi yang dapat dibuat oleh siswa seperti membuat benda-benda berguna menggunakan barang bekas. Selain itu, membuat kreasi tradisional seperti anyaman atau topeng juga merupakan alternatif yang dapat dilakukan.

Membaca Bebas

Seperti yang diketahui secara umum, bahwa tingkat literasi di Indonesia termasuk rendah. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan kemampuan literasi adalah dengan memberikan PR berupa membaca bebas.

Literasi menjadi salah satu kemampuan yang perlu dikuasai oleh siswa, apalagi dalam penerapan Kurikulum Merdeka sekarang ini. Dimana asesmen atau penilaian yang dilakukan salah satunya adalah untuk mengukur kemampuan literasi siswa.

Guru dapat memberikan alternatif pengganti PR berupa kesempatan pada siswa untuk membaca bebas.

Siswa diperbolehkan membaca sebuah buku setiap harinya, selama beberapa menit seperti 15 menit atau 25 menit.

Kemudian siswa harus menuliskan isi dari buku yang telah dibaca pada satu paragraf.

Kemudian isi dari buku akan dibaca di depan kelas atau dikumpulkan pada guru sesuai tenggat waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Selain membiasakan siswa untuk rajin membaca dan meningkatkan kemampuan literasi, membaca buku setiap hari dapat menambah wawasan pengetahuan siswa, serta siswa akan dapat memberikan sudut pandang yang berbeda.

Melakukan Observasi dan Eksplorasi

Alternatif pengganti PR lainnya adalah melakukan observasi dan eksplorasi. Keian ini dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah.

Dengan kegiatan observasi siswa juga dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Observasi dan eksplorasi membuat siswa lebih mendalami materi pelajaran.

Setelah melakukan kegiatan ini, siswa akan membuat laporan hasil pengamatan yang akan dipresentasikan di kelas.

Kegiatan observasi dan eksplorasi dapat dilakukan di rumah siswa, di taman, di perpustakaan, atau tempat tempat lainnya. Misal kegiatan pengamatan adalah mengamati jenis-jenis pekerjaan di lingkungan sekitar kemasukan menghubungkan dengan kondisi geografis tempat tinggal siswa.

Melakukan Kegiatan Sosial

Melakukan kegiatan sosial dapat menjadi alternatif pengganti PR yang dapat memberikan pengalaman menarik pada siswa.

Guru dapat merancang dan merencanakan kegiatan sosial bersama siswa di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelompok. Contoh kegiatan misal membantu tetangga, membersihkan tempat ibadah, mewawancarai lansia, membantu orang tua di rumah.

Kemudian siswa akan menuliskan laporan kegiatan sosialnya, kegiatan ini dapat dilakukan selama beberapa hari atau satu minggu.

Membuat Sebuah Proyek

Pembelajaran berbasis proyek dapat menjadi alternatif pengganti PR yang membuat siswa mendalami sebuah topik pembelajaran.

Kegiatan ini juga menarik dan dapat membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan problem solving.

Proyek dapat ditentukan oleh guru sesuai materi yang dipelajari. Proyek dapat berupa membuat sebuah penelitian atau percobaan.

Membuat Kliping

Kliping adalah kegiatan menempelkan beberapa gambar atau informasi dengan topik tertentu. kegiatan ini dapat menjadi alternatif pengganti PR yang menarik dan seru dilakukan.

Misal siswa diberi tugas rumah untuk membuat kliping tentang bahaya perburuan liar. Kemudian siswa atau mencari informasi dari berbagai sumber seperti koran, internet atau buku. Kemudian gambar atau berita yang dimuat dalam media dapat dicetak dan ditempelkan menjadi satu.

 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *