Don't Show Again Yes, I would!

8 Ide Kegiatan MPLS untuk SD Seru dan Menyenangkan

Apa saja ide kegiatan MPLS untuk SD yang menarik dan bermanfaat? Berikut ini akan dirangkumkan ide-ide inspiratif untuk dilakukan.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bertujuan untuk mengenalkan lingkungan serta budaya sekolah kepada peserta didik baru.

Terdapat banyak sekali ide MPLS untuk SD yang dapat dilakukan, tidak hanya menyenangkan tetapi kegiatan ini juga memiliki manfaat untuk peserta didik.

Untuk mengetahui ide MPLS untuk SD, ayo simak ulasan berikut ini.

Apa itu MPLS?

Sebelum mengetahui ide MPLS untuk SD, tidak ada salahnya untuk mengetahui pengertian dari MPLS ini.

MPLS adalah program penyambutan siswa baru yang dikenalkan pada lingkungan sekolah sebelum memulai proses belajar mengajar. Bagi peserta didik baru, akan menjalani Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) ini.

Hal ini juga dijelaskan dalam Permendikbud RI Nomor 18 Tahun 2016, bahwa pengenalan lingkungan sekolah adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program serta sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep, pengenalan diri dan pembinaan awal kultur sekolah.

Pada umumnya MPLS dilaksanakan paling lama 3 hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan lingkungan sekolah pada siswa baru. Selain itu, kegiatan MPLS bertujuan untuk mengenali potensi diri siswa baru, membantu siswa untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah, menumbuhkan semangat dan motivasi belajar, menumbuhkan interaksi positif antar siswa baru dan warga sekolah lainnya.

Ide MPLS untuk SD

MPLS dapat dilakukan dengan berbagai jenis kegiatan positif, apalagi pada jenjang SD. Terdapat banyak ide MPLS untuk SD, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Tur Keliling Sekolah

Ide MPLS untuk SD yang pertama adalah mengajak siswa baru melakukan tur keliling sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan  lingkungan sekolah, seperti fasilitas, tata tertib, denah sekolah dan lain sebagainya untuk siswa baru. Sehingga siswa dapat beradaptasi dengan lingkungan baru.

Mengenalkan Kegiatan Ekstrakurikuler

Salah satu ide MPLS untuk SD yang seru dan dapat menambah semangat siswa baru adalah melakukan pengenalan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan berbagai cara yang menyenangkan. Misal dapat melakukan pentas seni untuk memperkenalkan berbagai ekstrakurikuler. Selain itu, dapat dilakukan pameran ekstrakurikuler, sehingga siswa baru dapat mengetahui apa saja kegiatan yang dapat mereka ikuti. Tujuan dari kegiatan ini adalah supaya menarik minat siswa mengembangkan bakat dan minatnya dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler, siswa juga dapat merencanakan kegiatan yang akan diikuti.

Pengenalan Warga Sekolah

Supaya siswa baru dapat beradaptasi dengan  baik, maka perlu mengenalkan dengan warga sekolah lainnya. Pihak panitia akan mengenalkan guru-guru serta mata pelajaran yang diajarkan. Kemudian para staf di sekolah juga akan dikenal. Siswa akan mudah menahan proses pembelajaran dengan mengenal lebih dekat guru serta staf sekolah lainnya.

Menjelaskan Visi, Misi dan Sarana Prasarana Sekolah

Ide MPLS untuk SD selanjutnya adalah mengenalkan visi misi sekolah. Selain itu, panitia juga perlu mengenalkan sarana dan prasarana sekolah, sehingga siswa dapat dengan mudah menangkapnya saat diperlukan.

Bermain Bersama

Jika kegiatan MPLS terkesan membosankan, maka dapat diselingi dengan game yang bersifat edukatif serta seru.

Selain pengenalan sekolah pada siswa baru, MPLS juga memiliki manfaat supaya siswa saling mengenal.

Sehingga melakukan game secara bersama-sama akan membuat siswa berkomunikasi dan menjalin hubungan pertemanan. Banyak sekali contoh-contoh game yang dapat diterapkan.

Game yang dapat diterapkan antara lain seperti: tebak kata, tebak gambar, tebak gerakan, bermain tikus dan kucing serta permainan menyenangkan lainnya.

Pembentukan Tim dan Lomba Yel yel

Contoh ide MPLS untuk SD dapat dilakukan dengan kegiatan yang seru dan berkesan, misalnya lomba yel-yel. \

Panitia dapat membentuk peserta menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok harus memberi nama pada kelompoknya. Nama ini dipilih sesuai kategori. Nama kategori hewan maka nama-nama hewan seperti kucing, burung, kuda dan lain=lain.

Kemudian panitia akan menginstruksikan peserta untuk membuat sebuah yel-yel, dapat berupa semangat untuk kelompoknya atau yel-yel untuk sekolah. Kemudian setiap kelompok akan memperagakan yel-yel yang dibuat, dan panitia akan memilih beberapa pemenang yel-yel.

Mendatangkan Narasumber

Kegiatan MPLS yang berkesan dapat dilakukan dengan mengundang narasumber yang tidak terduga. Misal dapat mengundang pihak kepolisian untuk bekerjasama dengan topik tata rambu-rambu lalu lintas, atau dapat mengajak dokter atau bidan untuk memberikan pengertian tentang pentingnya gosok gigi.

Penanaman Etika Disiplin

Kegiatan MPLS juga dapat bertujuan memberikan informasi pada siswa tentang beberapa materi seperti kedisiplinan. Panitia dapat menerangkan  materi tentang disiplin dan mempraktekkan seperti berbaris saat masuk kelas, tidak boleh terlambat dan lain sebagainya.

Demikian adalah beberapa contoh ide MPLS untuk SD yang dapat terapkan untuk menyambut peserta didik baru.

 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *