Don't Show Again Yes, I would!

8 Keuntungan Menjadi PNS Mulai dari Gaji, Tunjangan Hingga Jaminan Pensiun

Apa keuntungan menjadi PNS? Menjadi seorang pegawai negeri sipil menjadi impian sebagai banyak orang.

Berbagai jenis keuntungan menjadi PNS, membuat banyak orang menjadikan pekerjaan ini salah satu cita-cita.

Meskipun untuk menjadi seorang PNS kita perlu melalui berbagai proses seleksi, mulai dari tes administrasi, tes tulis hingga tes kemampuan bidang.

Namun, hal tersebut tidak membuat orang kehilangan minat untuk tetap mendaftarkan diri. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya pelamar yang selalu mendaftarkan diri saat rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Untuk memahami keuntungan menjadi PNS, simak ulasan berikut ini.

Mengenal Kewajiban dan Hak PNS

Sebelum memahami keuntungan menjadi PNS, tidak ada salahnya mengetahui pengertian, kewajiban dan hak dari seorang PNS.

Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, PNS adalah warga Indonesia yang telah memenuhi syarat tertentu yang diangkat sebagai pegawai ASN secara tetap oleh pejabat pembina kepegawaian untuk menduduki jabatan pemerintahan.

PNS memiliki status sebagai pegawai tetap oleh Pejabat Pembina Kepegawaian dan mempunyai nomor induk pegawai secara nasional.

Sedangkan tugas PNS dilakukan sesuai dengan jabatannya, sedangkan secara umum dijelaskan bahwa tugas dari seorang ASN adalah sebagai berikut.

  • Melakukan kebijakan publik yang dibuat oleh Pejabat Pembina Kepegawaian sesuai dengan ketentuan dalam peraturan perundang undangan.
  • Memberikan pelayanan publik dengan profesional secara berkualitas.
  • Menjaga dan mempererat persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebagai seorang pegawai yang menduduki suatu posisi tertentu, maka seorang PNS juga memiliki hak yang berhak didapatkan. Hak PNS antara lain adalah sebagai berikut.

  • Mendapatkan gaji tunjangan dan fasilitas
  • Mendapatkan cuti
  • Mendapatkan jaminan pensiun dan jaminan hari tua
  • Mendapatkan perlindungan dan pengembangan kompetensi.

Keuntungan Menjadi PNS

Untuk menjadi PNS maka harus melewati beberapa tahap seleksi yang dilakukan. Setelah lolos seleksi sebagai pegawai pemerintah akan ada keuntungan menjadi PNS yang didapatkan.

Berbagai keuntungan seperti besarnya gaji pokok yang ditambah dengan tunjangan, serta kenaikan jabatan yang diterima menjadi salah satu keuntungan menjadi PNS.

Keuntungan menjadi PNS lainnya, telah duniamu.id rangkum dalam penjelasan berikut ini.

Pekerjaan yang Stabil

Keuntungan menjadi PNS yang pertama adalah mendapatkan pekerjaan yang stabil.

PNS memiliki status kepegawaian yang terjamin, karena menjadi pekerja tetap[ pada sebuah instansi atau lembaga pemerintahan.

Sehingga keuntungan ini menjadi PNS tidak perlu mengkhawatirkan akan terjadi pemutusan kerja tiba-tiba atau PHK.

Kemungkinan untuk diberhentikan sangat kecil, kecuali jika melanggar aturan atau hal-hal lain sesuai dengan aturan kerja PNS.

Sehingga menjadi PNS akan mendapatkan kestabilan pekerjaan, dan dapat bekerja hingga masa pensiun datang.

Namun, tentu saja terdapat peraturan yang mengatur PNS, sehingga pemutusan kerja dapat saja terjadi jika terdapat persoalan atau ada poin yang tidak sesuai dengan peraturan.

Jaminan Kesehatan

Menjadi seorang pegawai pemerintah, kamu juga akan mendapat keuntungan menjadi PNS dengan mendapatkan jaminan kesehatan dan asuransi.

PNS akan mendapatkan fasilitas kesehatan pemerintah yang baik, dan biaya pengobatan atau biaya kesehatan akan ditanggung oleh pemerintah.

Keuntungan ini akan memberikan rasa aman jika sewaktu-waktu sakit dan membutuhkan biaya pengobatan karena telah mendapat jaminan kesehatan.

Meskipun begitu, tidak hanya dalam PNS saja beberapa perusahaan swasta juga memberikan jaminan kesehatan.

Penghasilan yang Tetap

Menjadi seorang PNS akan mendapatkan penghasilan tetap berupa gaji pokok yang besarnya sesuai dengan golongan dan jabatan yang diduduki. Namun, tidak hanya gaji pokok, PNS juga akan mendapatkan tunjangan-tunjangan yang dibayarkan bersama gaji pokok.

Tunjangan yang didapatkan seperti tunjangan profesi, dan tunjangan kinerja. Menjadi PNS juga tidak perlu mengkhawatirkan gaji karena, haji pasti stabil dan tidak akan mengalami penurunan.

Selain itu, tunjangan yang didapatkan juga masih ada lagi, seperti tunjangan keluarga dan tunjangan kesehatan. Berbagai tunjangan tersebut memberikan rasa aman bagi PNS.

Jenjang Karir

Selanjutnya keuntungan menjadi PNS adalah mendapatkan kesempatan jenjang karir yang jelas.

PNS dibagi menjadi beberapa golongan, setiap golongan mendapatkan gaji yang berbeda. Tentu saja jika berada di golongan yang tinggi gaji dan tunjangan juga akan semakin tinggi.

Keuntungan menjadi PNS adalah akan mendapatkan kenaikan pangkat sesuai dengan kinerja dan waktu bekerja, sehingga meja idn adanya jenjang karir yang jelas.

Apalagi jika mendapat kenaikan pangkat, tentunya gaji, tunjangan dan fasilitas juga akan mengalami peningkatan.

Adanya Peluang Pelatihan dan Pengembangan

Menjadi PNS sering kali akan mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan dan pengembangan profesi.

Banyak sekali program-program yang diberikan untuk mendukung peningkatan profesionalitas PNS.

Tentunya hal ini juga menambah pengetahuan dan keterampilan sebagai pegawai pemerintah.

Mendapatkan Tunjangan Pensiun

Selain tunjangan kesehatan, keluarga dan kinerja, keuntungan menjadi PNS lainnya adalah mendapatkan tunjangan pensiun.

Tunjangan pensiun ini memberikan keuntungan bahwa meskipun PNS telah sampai pada masa pensiun dan tidak bekerja, mereka akan tetap mendapatkan gaji berupa tunjangan. Bahkan meskipun pegawai tersebut telah meninggal, tunjangan akan tetap didapatkan oleh keluarganya suami atau istrinya.

Mendapat Fasilitas Kendaraan dan Tempat Tinggal

Keuntungan menjadi PNS mendapatkan fasilitas kendaraan dan tempat tinggal diperoleh pada beberapa jabatan dalam pemerintahan. Keuntungan ini diperoleh biasanya karena ditugaskan pada daerah yang jauh. Sehingga pegawai tidak kesulitan untuk menjangkau tempat kerja.

Kemudahan Melanjutkan Studi

Saat menjadi PNS maka akan dimudahkan untuk meneruskan studi atau jenjang yang lebih tinggi, justru dengan melanjutkan pendidikan lebih tinggi dapat mendorong kenaikan jabatan.

Demikian adalah keuntungan menjadi PNS sebagai salah satu Aparatur Sipil Negara. Keuntungan tersebut tentu saja dapat diperoleh jika telah menyelesaikan proses seleksi dan lulus dalam rekrutmen CPNS.

 

 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *