Don't Show Again Yes, I would!

8 Tips Manajemen Waktu yang Efektif Bagi Pelajar

Bagi seorang pelajar baik di tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi memanfaatkan waktu dengan baik adalah salah satu skill penting yang harus dikuasai. Waktu yang terus berjalan dengan segala aktivitas sekolah kadang membuat pelajar kelelahan dan tidak dapat membagi waktu dengan benar. Sehingga hal tersebut berpengaruh pada hasil belajar serta kegiatan lainya. Oleh karena itulah perlunya tips manajemen waktu yang efektif bagi pelajar.

Dengan adanya manajemen waktu yang efektif maka pelajar selalu produktif dan dapat mengatur waktunya dengan baik. Untuk dapat mendapatkan skill manajemen waktu yang efektif dapat dilakukan dengan membiasakan diri dengan beberapa cara dan teknik yang akan dibahas dalam artikel kali ini.

Untuk lebih jelasnya mengenai tips manajemen waktu yang efektif bagi pelajar, simak ulasan di bawah ini.

Apa itu manajemen waktu yang efektif?

Berdasarkan Akram manajemen waktu adalah kemampuan menggunakan waktu dengan efektif dan efisien untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Sedangkan menurut Atkinson manajemen waktu adalah suatu jenis keterampilan yang berkaitan dengan berbagai upaya serta tindakan seseorang yang dilakukan secara terencana supaya seseorang dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

Dari pertanyaan di atas maka manajemen waktu merupakan skill yang dimiliki oleh seseorang untuk dapat merencanakan dan memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Seseorang dengan kemampuan manajemen waktu yang baik dapat semaksimal mungkin menggunakan waktunya untuk melakukan kegiatan dan aktivitas sehari-hari sehingga menjadikan pekerjaan dapat selesai dengan maksimal.

Sebagai seorang pelajar yang mempunyai banyak aktivitas dan tugas-tugas yang terkadang menumpuk, kemampuan manajemen waktu sangatlah dibutuhkan. Jika seorang pelajar tidak memiliki keterampilan manajemen waktu yang baik maka beberapa masalah akan timbul.

Masalah tersebut seperti membiasakan tidak tepat waktu, mengerjakan sesuatu dengan terburu-buru sehingga pekerjaan dan tugas tidak maksimal, waktu kerja yang tidak seimbang.oleh karena itu kemampuan manajemen waktu yang efektif bagi pelajar harus dibiasakan dan dipelajari.

Apa saja tips manajemen waktu yang efektif bagi pelajar?

Setelah mengenal pentingnya manajemen waktu yang efektif bagi pelajar, maka tidak salahnya langsung menerapkan tips manajemen waktu efektif berikut ini.

Membuat kalender

Untuk dapat menguasai manajemen waktu yang efektif teman-teman dapat membuat kalender atau jadwal untuk diri sendiri. Tentunya hal ini diperlukan komitmen yang kuat agar dapat melakukan dan membuat kalender kegiatan.

Bagi pelajar dapat mengisi kalender dengan waktu-waktu penting seperti ujian, jadwal ekstra, dan lain sebagainya yang akan memudahkan dalam melakukan kegiatan tersebut. Nah untuk membuat kalender ini juga mudah dengan perkembangan zaman sekarang ini teman-teman dapat membuat kalender menggunakan smart phone.

Mengatur pengingat

Untuk dapat berkomitmen melatih kemampuan manajemen waktu yang efektif dapat dilakukan dengan memasukan sebuah pengingat. Hal ini dapat dilakukan dengan aplikasi online atau pengingat di smart phone setiap tenggat waktu pengingat akan memberikan dorongan untuk melaksanakan tugas yang telah dijadwalkan.

Membuat skala prioritas

Waktu yang kadang terasa begitu cepat dan tidak disadari memang dapat membuat seseorang lengah. Dengan sedikitnya waktu harus mengerjakan tugas atau pekerjaan dengan tenggat waktu yang telah ditentukan.

Terkadang dengan banyaknya tugas para pelajar akan ketenaran dan tidak dapat menyelesaikan tepat waktu. Untuk mengatasi hal tersebut teman-teman dapat membuat sebuah skala prioritas. Skala in berguna untuk mengerjakan tugas yang penting dan dapat ditunda dengan tugas yang harus segera diselesaikan.

Tips manajemen waktu yang efektif bagi pelajar ini akan sangat bermanfaat bagi yang pelajar yang mempunyai banyak aktivitas dalam sehari.

Meluangkan waktu untuk menyendiri atau bersenang-senang

Kemampuan manajemen waktu yang baik tidak hanya bagi seberapa cepat kalian menyelesaikan pekerjaan. Namun, bagaimana dapat melakukan sesuatu dengan maksimal dan konsisten.

Antara bekerja dan melakukan aktivitas sekolah pelajaran juga perlu untuk menjaga keseimbangan waktu dengan bersenang-senang seperti menikmati hobi atau menyendiri. Hal ini akan membantu kesehatan mental dan hidup menjadi lebih seimbang.

Dengan terburu-buru akan menambah stress dimana hal tersebut dapat memicu keputusan atau pekerjaan kacau balau. Jadi jika dirasa telah mencapai batasnya lebih baik meluangkan waktu untuk bersantai atau tidur sejenak.

Jangan sampai menunda tugas atau pekerjaan

Tips manajemen waktu yang efektif selanjutnya adalah menjaga agar jangan sampai menunda-nunda tugas atau kewajiban sebagai pelajar. Jika sikap menunda-nunda pekerjaan ini tetap dilakukan maka akan menjadi kebiasaan dan berpengaruh pada keseimbangan manajeman waktu yang efektif.

Membatasi distraksi

Banyak sekali hal-hal yang dapat membuyarkan isi kapal dan mengganggu penyelesaian sebuah pekerjaan. Khususnya bagi pelajar yang ketergantungan dengan smart phone akan sangat sulit untuk membatasi distraksi ini.

Lebih baik hindarkan distraksi sebelum memulai sebuah pekerjaan, misal mematikan handphone saat sedang belajar atau mematikan televisi saat sedang mengerjakan tugas.

Belajar agar tetap fokus

Tips manajemen waktu yang efektif bagi pelajar adalah membiasakan dan terus belajar untuk dapat fokus pada pekerjaan yang dikerjakan. misal jika kamu seorang pelajar dan mendapatkan deadline penyelesaian tugas makan kamu harus fokus untuk menyelesaikan tugas tersebut. kamu juga dapat menambahkan batasan waktu untuk mengerjakan atau pengingat untuk segera menyelesaikan tugas tersebut sebelum dekat dengan deadline nya.

Menjadi fleksibel

Kejadian-kejadian tidak terduga dapat saja terjadi saat semua perencanaan hampir dilakukan semuanya. Oleh karena itu untuk dapat kemampuan manajemen waktu yang efektif kamu harus dapat menjadi sosok yang fleksibel.

Fleksibel disini adalah selalu siap dengan perubahan-perubahan yang terjadi dan cepat menanggapi hal tersebut.

Demikian tips manajemen waktu yang efektif khususnya bagi para pelajar. 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *