Don't Show Again Yes, I would!

8 Urutan Planet dalam Tata Surya Beserta Karakteristiknya

Bumi tempat kita hidup ini merupakan bagian dari suatu sistem yang besar yang disebut dengan tata surya. Dalam tata surya terdapat banyak sekali benda langit yang mempunyai karakteristik dan ciri-ciri yang berbeda. Planet-planet dalam tata surya juga memiliki keunikan dan karakteristiknya masing-masing.

Planet dalam tata surya dibutuhkan dalam sebuah sistem dimana matahari menjadi pusat dari sistem tersebut. Tahukah kamu dimana urutan bumi dalam tata surya?.

Untuk mengetahui urutan planet dalam tata surya berikut akan disajikan ulasan lengkapnya, simak dan perhatikan dengan baik.

Urutan planet dalam tata surya

Planer merupakan salah satu unsur dalam tata surya dengan matahari sebagai pusatnya. Planet-planet tersebut mengelilingi matahari dalam suatu garis yang disebut dengan garis orbit. Gerak planet mengelilingi matahari tersebut disebut dengan revolusi planet. Selain itu, planet juga berputar pada sumbu nya yang disebut dengan rotasi planet.

Berdasarkan urutan planet dalam tata surya maka terdapat delapan planet yang ada dalam tata surya termasuk bumi tempat manusia tinggal.

Kedelapan urutan planet tersebut adalah sebagai berikut.

Merkurius

Merkurius merupakan planet yang jaraknya paling dekat dengan pusat tata surya yaitu matahari. Dikarenakan jaraknya yang dekat dengan matahari ini Merkurius sulit diamati dengan mata telanjang. Namun Merkurius dapat dilihat saat matahari terbit dan setelah matahari tenggelam, sehingga disebut juga bintang fajar atau bintang malam.

Jarak Merkurius ke matahari adalah sekitar 57,9 juta km, planet ini memiliki waktu rotasi 59 hari dan waktu revolusi selama 88 hari.

Venus

Venus yang merupakan planet kedua yang terdekat dengan matahari merupakan planet terpanas di tata surya. Venus mempunyai ciri unik dimana arah gerak rotasi planet ini berlawanan dengan ketujuh planet dalam tata surya lainya. Venus berputar dari timur ke barat, yang gerakanya ini disebut dengan retrograde.

Jarak planet Venus ke matahari adalah 108,2 juta km, dimana ia membutuhkan waktu rotasi selama 243 hari dan waktu revolusi 225 hari lamanya.

Lapisan atmosfer pada planet ini sangat tebal dan mengandung karbon dioksida yang sangat tinggi oleh karena itulah menyebabkan permukaan Venus menjadi sangat panas. яндекс

Bumi

Ini dia planet tempat manusia tinggal Bumi yang merupakan planet urutan ketiga dari pusat tata surya. Jarak bumi dengan matahari adalah 149,7 juta km. Hal yang menarik dari bumi adalah adanya lapisan atmosfer yang terdiri dari nitrogen, oksigen, dan lainya dengan kadar yang tepat sehingga membuat makhluk hidup dapat tinggal dan bernafas di bumi.

Waktu rotasi bumi adalah 24 jam lamanya oleh karena itulah 1 hari di bumi sama dengan 24 jam. Sedangkan waktu revolusi bumi adalah 365 atau 366 hari hal inilah yang menyebabkan satu tahun ada 365 atau 366 hari.

Bumi mempunyai satelit alami yaitu bulan yang biasa kita lihat, bulan merupakan satelit bumi yang mengelilingi bumi.

Mars

Mars adalah planet dengan urutan keempat dari matahari dengan jarak 288 juta km dari pusat tata surya. Seperti yang kita tahu Mars adalah planet yang paling banyak diperbincangkan karena paling banyak diteliti oleh manusia.

Ciri khas dari planet ini adalah warnanya yang merah sehingga biasa disebut dengan planet berkarat. Hal tersebut disebabkan karena kandungan besi oksida yang sangat banyak di Mars.

Sedangkan waktu rotasi planet Mars adalah  25 jam sementara waktu revolusinya adalah 687 hari, suhu di permukaan planet Mars sekitar -120 derajat Celcius hingga 25 derajat Celcius.

Jupiter

Planet kelima dari matahari adalah Jupiter yang merupakan planet terbesar dalam sistem tata surya ini. Ukuran Jupiter sangat besar jika dibandingkan dengan ukuran planet lain Jupiter memiliki ukuran dua kali lebih besar jika ketujuh planet lainnya disatukan.

Jarak Jupiter ke matahari adalah 778,8 juta km, dengan lama waktu rotasi 10 am dan waktu revolusi selama 12 tahun lamanya.

Saturnus

Urutan planet dalam tata surya selanjutnya adalah Saturnus yang memiliki bentuk unik dan indah sehingga disebut juga Perhiasan Tata Surya. Saturnus mempunyai ukuran yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran bumi.

Ukuran Saturnus sebanding dengan besarnya 9 buah bumi jika dijejerkan, Saturnus memiliki cincin yang mengelilinginya sehingga jika dilihat terlihat sangat menarik.

Sementara itu jarak Saturus dengan matahari adalah 1.430,2 juta km dengan waktu rotasi selama 10 jam serta waktu berevolusi selama 29 tahun.

Uranus

Sebagai planet ke ketujuh dalam tata surya Uranus adalah planet kedua terjauh dari matahari dimana jaraknya dengan matahari adalah 2.876,6 juta km. Seperti Saturnus planet ini juga mempunyai cincin yang mengelilinginya dengan warna yang indah.

Ada 15 gradasi warna cincin Uranus dimana warna tersebut dimulai dari gradasi yang paling gelap pada bagian dalam. Hal unik dari Uranus adalah seperti Venus planet ini melakukan gerak rotasi dari barat ke timur.

Sedangkan rotasi planet ini adalah 11 jam lamanya dan revolusinya 165 tahun. Diameter Uranus adalah 51.200 km atau 4,01 kali jika dibandingkan dengan bumi.

Neptunus

Planet kedelapan tata surya adalah Neptunus yang berarti planet ini adalah planet yang letaknya paling jauh dari matahari. Jarak Neptunus ke matahari adalah 5.957,3 juta km ata sama dengan 30 kali jarak matahari dengan bumi.

Neptunus mempunyai 5 cincin utama serta 4 cincin busur yang tersusun dari gumpalan debu, hal tersebut diperkirakan karena gaya gravitasi dari satelit-satelit yang dimiliki oleh Neptunus.

Neptunus membutuhkan waktu 6 hari untuk melakukan rotasi serta 284 tahun untuk melakukan revolusi.

Demikian adalah kedelapan urutan planet dalam tata surya ini, dimana setiap planet ternyata mempunyai waktu rotasi dan revolusi yang berbeda-beda tergantung dengan jarak planet tersebut dengan matahari.

 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *