Don't Show Again Yes, I would!

9 Cara Mengajar Yang Baik Di Sekolah Dasar Paling Ampuh

Cara mengajar yang baik di sekolah dasar – Mengajar di jenjang sekolah dasar memang bukan perkara mudah. Ada banyak tantangan yang mesti dihadapi, apalagi anak-anak SD cenderung lebih cepat bosan dibandingkan dengan usia di atasnya. Mereka belum memahami dengan presis pentingnya mengenyam pendidikan. Oleh karenanya seorang pendidik harus memiliki cara mengajar yang baik di sekolah dasar.

Berbeda dari pelajar usia SMP atau diatasnya yang sudah mengerti disiplin, bagaimana menempatkan diri ketika pembelajaran dan sudah paham pentingnya mengikuti pelajaran hingga akhir. Namun bagi pendidik tingkat SD yang belum mengerti pentingnya hal ini akan sangat sulit.

Meskipun begitu pendidik jangan khawatir karena ada banyak cara mengajar yang baik di sekolah dasar yang menyenangkan dan tidak membosankan. Berikut ini tipsnya:

1. Bangun Interaksi yang Bagus

Cara Mengajar Yang Baik Di Sekolah Dasar

Kegiatan belajar di kelas secara tatap muka harusnya menjadi komunikasi dua arah yang efektif. Sayangnya masih ada kekeliruan yang sering dilakukan oleh pendidik, yaitu kurang adanya interaksi yang bagus dengan anak didiknya.

Kenyataan di lapangan guru cenderung hanya menerangkan pelajaran saja dan menyuruh siswanya mencatat, selanjutnya siswa diminta untuk mengerjakan tugas. Jika terus dilakukan berulang-ulang maka kecenderungan siswa akan sulit untuk mempelajarinya.

Lantas bagaimana solusinya? Yaitu dengan diselingi tanya jawab ketika memberikan materi di kelas. Tujuannya untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk bisa menggemukkan pikirannya baik pertanyaan atau pun argumen. Pendidik harus menghindari sikap kaku dalam memberikan jawaban atas pertanyaan siswa sehingga membuat siswa merasa takut ketika memiliki pertanyaan.

2. Tunjukan Antusias dan Semangat Mengajar yang Tinggi

Cara mengajar yang baik di sekolah dasar selanjutnya adalah menunjukan antusiasme dan semangat pendidik di dalam kelas. Karena mengajar siswa SD akan berbeda dengan mengajar siswa SMP atau SMA.  Pahami pola perilaku dan apa yang menarik bagi mereka. Setelah itu tunjukkan bahwa anda sangat antusias dan bersemangat dalam mengajari mereka akan hal-hal baru.

Hal ini bisa mendorong anak untuk merasa dihargai dan juga ikut antusias dan bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Jika dilakukan secara konsisten maka kelas akan terasa lebih aktif dan kondusif.

3. Variasikan Teknik Mengajar

Cara Mengajar Yang Baik Di Sekolah Dasar

Ada banyak teknik cara mengajar yang baik di sekolah dasar. Pendidik harus bisa membuat teknik pembelajaran yang menyenangkan dan kreatif. Karena teknik pembelajaran seperti ini bisa menarik perhatian dari peserta didik.

Kemudian teknik tersebut bisa divariasikan dengan berbagai macam teknik lainnya agar tidak terkesan monoton. Misalnya saja, selain metode ceramah, pendidik sekali-kali boleh menampilkan video menarik di kelas sesuai dengan topik yang dibahas.

4. Memberikan Ice Breaking di Kelas

Ice breaking merupakan istilah yang digunakan untuk mencairkan suatu suasana salah satunya ketika kegiatan di kelas. Meskipun pendidik sudah berusaha untuk membuat kelas menjadi kondusif namun ada kalanya kelas menjadi kurang kondusif karena siswa gaduh atau siswanya yang konsentrasinya menurun.

Nah, ketika ini terjadi maka pendidik bisa memberikan ice breaking sebagai solusi untuk mengembalikan suasana kelas menjadi kondusif. Ice breaking juga bisa dilakukan agar siswa tidak bosan lagi.

Contoh ice breaking yang bisa dilakukan dalam memberikan permainan, memberikan tebak-tebakan menarik atau game lainnya. Metode ice breaking bisa pendidik pelajari dan modifikasi sendiri.

5. Manfaatkan Teknologi yang Ada di Sekolah

Cara Mengajar Yang Baik Di Sekolah Dasar

Diera digital yang serba canggih saat ini, pendidik bisa memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran di kelas. Selain mempermudah mendidik, siswa menjadi lebih paham akan teknologi yang ada walaupun mungkin mereka belum memilikinya.

Penggunaan teknologi bisa dilakukan secara online maupun offline. Pemanfaatan teknologi juga menjadi cara mengajar yang baik di sekolah dasar. Contohnya pendidik bisa memanfaatkan fasilitas proyektor untuk menampilkan gambar-gambar visual tentang materi agar siswa lebih paham.

Sedangkan online, pendidik bisa memanfaatkan media komunikasi daring berkelompok seperti zoom atau google meet. Pendidik bisa memberikan materi di suatu ruangan sedangkan siswanya berada di ruangan lain. Tentunya akan sangatlah menarik.

6. Jangan Lupa Gunakan Gerakan

Cara menarik perhatian anak SD lainya adalah dengan menggunakan gesture atau gerakan tubuh. Ini juga menjadi cara mengajar yang baik di sekolah dasar. Pendidik yang harus mengajar siswa SD harus aktif dalam menggunakan gerakan tubuh. Jika pendidik tidak aktif atau hanya duduk diam dan menyampaikan materi saja, maka anak-anak akan bosan dan tidak memperhatikan.

Cobalah pendidik jelaskan ke arah siswa, dekati mereka dan bisa juga menanyakan apakah mereka sudah paham atau belum. Jangan lupa untuk menggunakan ekspresi tertentu ketika menjelaskan suatu materi kepada siswa sehingga suasana di kelas tidak menegangkan dan bisa mencair.

7. Perhatikan Siswa dengan Adil

Cara Mengajar Yang Baik Di Sekolah Dasar

Meskipun berada di kelas besar maupun kecil, seorang pendidik harus memperhatikan siswanya secara adil. Karena siswa SD cenderung belum dewasa dan sering merasa iri akan hal-hal kecil. Misalnya anda menanyakan kabar si A namun kabar anak lain tidak ditanyakan, hal sekecil ini bisa menimbulkan iri hati pada anak yang lain.

Pendidik tidak boleh berfokus pada siswa yang pintar saja atau pun pada siswa yang kurang pintar saja. Guru harus bisa memperhatikan siswa yang pintar atau pun tidak secara menyeluruh di kelasnya.

Kemudian, untuk posisi duduk siswa, biasanya pendidik lebih memberikan perhatian pada siswa yang posisi duduknya di bagian depan kelas. Sedangkan bagian deret paling belakang keras kurang diperhatikan. Solusinya adalah dengan membuat tata tertib dimana siswa harus bergeser tempat duduk setiap harinya. Sehingga guru bisa memperhatikan secara merata.

8. Ajak Belajar Bersama Teman Sebaya

Selian cara mengajar yang baik di sekolah dasar, bagaimana metode pembelajaran yang dilakukan juga sangat mempengaruhi. Salah satu contohnya adalah mengajak anak untuk belajar bersama teman sebayanya.

Karena terkadang siswa SD mengalami kendala dalam proses pembelajaran namun malu bertanya pada guru yang lebih tua darinya. Sedangkan jika belajar bersama teman sebaya mereka akan lebih bebas bertanya tanpa rasa malu.

Anda bisa memilih beberapa siswa yang dianggap memiliki kemampuan lebih baik daripada yang lainnya. Kemudian jadikan mereka sebagai ketua kelompok, dan didalamnya ada beberapa anak yang dinilai memiliki kemampuan di bawah ketua.

Berbagai macam tugas bisa diberikan seperti jobsheet sederhana, mencari tanaman atau objek di sekitar sekolahan dan tugas seni rupa. Sangat mudah bukan?

9. Mengapresiasi Hasil Pembelajaran Peserta Didik

Cara Mengajar Yang Baik Di Sekolah Dasar

Cara mengajar yang baik di sekolah dasar yang terakhir adalah dengan mengapresiasi hasil pembelajaran peserta didik. Bagaimana perasaan anda ketika sudah diminta bekerja namun tidak diapresiasi? Maka anda akan malas mengerjakan pekerjaan-pekerjaan berikutnya kan.

Nah, berbeda dengan siswa SMP atau SMA yang hanya membutuhkan nilai sebagai apresiasi. Siswa SD harus diberikan dorongan untuk berani melangkah kedepannya dan lebih percaya diri di tugas-tugas selanjutnya.

Sbagai contoh apresiasi adalah tetap memberikan tepuk tangan meskipun mereka menjawab pertanyaan salah. Tepuk tangan ini sebagai apresiasi karena mereka sudah berani.

Itulah 9 Cara mengajar yang baik di sekolah dasar yang harus pendidik pahami. Masih banyak cara lain yang sahabat duniamuid bisa terapkan di kelas. Pahami psikologi siswa sangatlah penting agar pendidik bisa masuk ke dunia anak dengan baik.

Adanya informasi tentang Cara mengajar yang baik di sekolah dasar semoga bisa diterapkan oleh pendidik untuk lebih bisa menguasai kelas. Dan membuat pembelajaran makin menyenangkan untuk siswanya

 

 

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *