Don't Show Again Yes, I would!

9 Jurusan Kuliah yang Berhubungan dengan Bisnis, Beserta Prospek Kerjanya

Bagi adik-adik SMA/SMK yang memiliki ketertarikan pada dunia bisnis, dan ingin meneruskan ke jenjang perkuliahan sudah tahukah kalian jurusan di bidang bisnis itu apa saja?.

Jika adik-adik belum memutuskan jurusan yang akan diambil, simak ulasan berikut ini yang akan membahas tentang jurusan yang berhubungan dengan bisnis.

Terdapat beberapa jurusan kuliah yang berhubungan dengan bisnis, daftar dan penjelasan dapat kalian jadikan sebagai rekomendasi.

Namun, harus diketahui bahwa memilih jurusan kuliah juga perlu pertimbangan hingga mendapatkan keputusan yang aling baik.

Ayo langsung menyimak beberapa jurusan kuliah yang berhubungan dengan bisnis, berikut ini.

Rekomendasi Jurusan Kuliah yang Berhubungan dengan Bisnis

Jurusan kuliah di bidang bisnis diperuntukkan untuk kalian yang memiliki ketertarikan pada bisnis. Banyak juga prospek kerja yang akan didapatkan dengan mengambil jurusan ini.

Dengan jurusan bisnis mahasiswa akan mempelajari tentang merancang, mengelola dan mengoperasikan suatu usaha atau bisnis. Selain hal itu juga masih banyak yang dipelajari tergantung jurusan yang dipilih.

Langsung saja berikut ini jurusan kuliah yang berhubungan dengan bisnis.

Manajemen Bisnis

Dengan mengambil jurusan manajemen bisnis, adik-adik akan belajar mengenai proses pengaturan, pengelolaan sumber daya manusia hingga pengendalian suatu bisnis untuk mencapai tujuan tertentu.

Lulusan manajemen bisnis akan memiliki prospek kerja yang tinggi, karena hampir semua industri pasti akan membutuhkan ilmu manajemen.

Prospek pekerjaan yang akan didapatkan lulusan jurusan ini adalah sebagai bussiness development yang diperlukan banyak perusahaan-perusahaan. Lalu prospek lainnya adalah sebagai marketing executive, project manager, risk manager. Selain bekerja pada suatu perusahaan kalian juga akan mendapatkan pengetahuan untuk membangun bisnis sendiri untuk menjadi wirausaha.

Akuntansi

Akuntansi merupakan jurusan kuliah yang berhubungan dengan bisnis selanjutnya yang fokus mempelajari pengaturan keuangan. Dalam segala bidang kemampuan akuntansi pasti dibutuhkan.

Dalam jurusan ini kalian mempelajari metode pencatatan dan penyusunan laporan keuangan, metode untuk mengumpulkan, menyusun dan menafsirkan semua hal yang berhubungan dengan laporan keuangan.

Prospek kerja lulusan jurusan akuntansi sangat beragam, seperti konsultan bisnis, konsultan pajak, accounting manager, financial analyst, serta menjadi wirausaha.

Bisnis Digital

Dengan semakin teknologi, sehingga jurusan kuliah dapat dijadikan salah satu pilihan. Dalam bisnis digital akan mempelajari merancang dan menjalankan sebuah bisnis berbasis digital.

Lulusan jurusan bisnis digital dapat menjadi konsultan bisnis atau keuangan, bekerja pada bisnis e-commerce yang saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Kemudian prospek kerja lainnya bisa bekerja pada perbankan, digital marketing specialist, data analyst, dan menjadi wirausaha.

Manajemen Pemasaran

Jurusan kuliah yang berhubungan dengan bisnis selanjutnya adalah masuk pada jurusan manajemen pemasaran. Jurusan ini adalah tujuan yang akan mempelajari seluk beluk pemasaran.

Mulai dari perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan dan pengawasan kegiatan pemasaran. Pembelajaran dalam jurusan manajemen pemasaran juga akan dibahas tentang model dan metode pemasaran yang baik.

Prospek kerja jurusan pemasaran dapat menjadi sales executive, analis pemasaran, social media marketing, staff advertising hingga digital marketing. Semua prospek kerja tersebut fokus pada kegiatan pemasaran perusahaan.

Ekonomi Pembangunan

Bagi kamu yang tertarik dalam dunia ekonomi, maka jurusan kuliah yang berhubungan dengan bisnis selanjutnya ini adalah jurusan ekonomi pembangunan.

Dalam urusan ekonomi pembangunan yang dipelajari adalah perekonomian, masalah-masalah yang ada, solusi dan gagasan mengenai perekonomian dan pertumbuhannya.

Sedangkan prospek kerja jurusan ekonomi pembangunan antara lain adalah dapat bekerja pada lembaga dan instansi pemerintah, lembaga penelitian, pengembangan proyek pembangunan, analis kebijakan publik dalam bidang ekonomi, dan lain sebagainya.

Perdagangan Internasional

Seperti namanya bahwa jurusan kuliah satu ini akan mempelajari tentang prinsip-prinsip perdagangan internasional. Beberapa pelajaran yang akan dipelajari saat berkuliah di jurusan ini adalah tentang ekspor, impor, hukum dan regulasi perdagangan internasional dan lain-lain.

Untuk peluang kerja lulusan perdagangan internasional dapat mengisi posisi sebagai manajer pemasaran internasional, konsultan perdagangan internasional, staf ekspor dan impor, manajer pada perusahaan multinasional, manajer government development dan lain sebagainya.

Kewirausahaan

Bagi kamu yang ingin menjadi wirausaha dapat masuk ke jurusan kewirausahaan ini. Karen dengan masuk dalam jurusan ini kamu akan belajar tentang mengidentifikasi peluang bisnis, strategi mendirikan dan mengembangkan usaha.

Sehingga dengan berkuliah di jurusan ini kalian akan mendapat ilmu bagaimana membangun sebuah usaha.

Peluang kerja untuk lulusan kuliah jurusan kewirausahaan adalah nantinya akan menjadi pelaku usaha, investor, pengembangan bisnis, dalam bidang konsultan atau pendamping bisnis.

Ekonomi Syariah

Jurusan kuliah yang berhubungan dengan bisnis selanjutnya adalah ekonomi syariah. Pada dasarnya jurusan bidang ekonomi syariah akan mempelajari tentang ilmu, teori dan sumber data ekonomi namun dalam perspektif dan prinsip-prinsip Islam.

Hal-hal yang akan dipelajari jika masuk pada jurusan ekonomi syariah antara lain adalah hukum-hukum jual beli, utang piutang, simpan pinjam dan bagi hasil. Sedangkan beberapa mata kuliahnya adalah ilmu statistika, akuntansi syariah, ekonomi pembangunan Islam dan lain-lain.

Untuk prospek kerjanya adalah pada bidang seperti perpajakan, perbankan syariah, administrasi keuangan dan pegawai pajak.

Perbankan

Seperti namanya jurusan kuliah yang berhubungan dengan bisnis yaitu perbankan akan mempelajari ilmu terkait dunia bank.

Lulusan jurusan perbankan akan mendapat peluang kerja menjadi staf dalam perusahaan perbankan, staf administrasi, marketing pada perusahaan dan menjadi konsultan keuangan.

Nah, demikian ulasan mengenai rekomendasi jurusan kuliah yang berhubungan dengan bisnis, ternyata terdapat banyak sekali jurusan kuliah yang berhubungan dengan bisnis, ini dapat kamu jadikan rekomendasi untuk menentukan pilihan saat mengambil jurusan kuliah nanti,

 

 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *