Don't Show Again Yes, I would!

9 Tips Menentukan Judul Skripsi yang Disetujui Dosen

Bagaimana cara menentukan judul skripsi yang baik dan benar? Ayo simak tips-tips dalam ulasan dalam artikel kali ini.

Banyak mahasiswa yang kebingungan saat menentukan judul skripsi. Sehingga mereka harus bolak-balik berkonsultasi dengan dosen pembimbing. Bahkan ada beberapa judul skripsi yang ditolak mentah-mentah oleh dosen.

Menentukan judul skripsi memang bukan perkara yang mudah. Tidak semua judul yang sudah dibuat akan disetujui oleh dosen pembimbing. Agar judul yang kamu pilih dapat disetujui oleh dosen ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan.

Tips Menentukan Judul Skripsi

Memilih Topik Sesuai dengan Minat

Langkah pertama yang perlu kamu perhatikan dalam memilih judul adalah sesuaikan dengan apa yang diminati.

Dengan menentukan judul skripsi yang sesuai dengan topik yang kamu sukai, maka kamu akan lebih mudah mengerjakan. Fokus pada satu topik dan gali permasalahan-permasalahan yang ada dari berbagai sisi.

Dengan memilih topik yang tepat, kamu juga akan lebih antusias dalam mengerjakan skripsi dan tidak merasa bosan. Karena skripsi harus dikerjakan selama rentang waktu yang tidak sedikit.

Menganalisa Hot issue

Jika kamu ingin judul skripsimu disetujui oleh dosen, coba analisa hot issue atau persoalan-persoalan yang sedang naik daun sesuai dengan jurusan kuliah.

Dosen pembimbing akan menyukai mahasiswa yang memiliki kepekaan terhadap fenomena yang sedang terjadi serta dapat berpikir kritis tentang hal-hal tersebut. Kamu dapat mencari permasalahan up to date kemudian menjadikan persoalan tersebut menjadi topik skripsi.

Mengangkat Fenomena Menarik

Cara menentukan judul skripsi yang baik tidak hanya dengan menganalisa persoalan yang up to date, tetapi juga dapat dilakukan dengan mengangkat fenomena-fenomena yang menarik.

Tentunya tidak semua fenomena itu dapat diteliti, kamu harus mencari kejadian atau peristiwa yang menarik dalam bidang yang kamu pelajari.

Misal mengenai Pandemi Covid 19, jika kamu berkuliah di bidang pendidikan kamu dapat membuat judul skripsi tentang pengaruh pandemi dengan kegiatan pembelajaran. Kemudian temukan gagasan-gagasan yang dapat diterapkan misal “Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning saat Pandemi Covid 19 terhadap Hasil Belajar Siswa”.

Gunakan fenomena yang sudah terjadi sebagai topik bahasan untuk membuat judul skripsi.

Berangkat dari Permasalahan

Untuk menentukan judul skripsi yang tepat kamu harus berangkat atau dilatarbelakangi dengan sebuah masalah. Jika kamu membuat dari judul tanpa memiliki latar belakang masalah yang kamu pahami, maka kemungkinan tidak akan disetujui oleh dosen pembimbing.

Tentukan masalah yang akan kamu analisa sesuai bidang perkuliahan. Kemudian cari solusi atau pengaruh masalah tersebut terhadap sesuatu.

Saat mengajukan judul skripsi kamu juga harus berkonsultasi dengan dosen pembimbing. Mengetahui latar belakang masalah yang dibahas dalam judul skripsi akan dapat meyakinkan dosen untuk menyetujui judul yang dipilih.

Perbanyak Literatur

Mengerjakan skripsi bukanlah perkara yang dapat dilakukan dalam waktu yang singkat, kamu perlu memperbanyak literatur dengan cara banyak membaca informasi-informasi yang berkaitan dengan topik yang akan dijadikan judul skripsi.

Kamu dapat membaca skripsi-skripsi milik kakak tingkat, banyak membaca berita dan menyoroti apa yang sedang naik daun, membaca banyak jurnal dan buku. Dengan banyak membaca kamu akan mendapatkan informasi dan membuka cara pandangmu. Sehingga, dapat lebih mengerti dengan apa yang akan dikerjakan sesuai dengan topik yang ingin diangkat.

Melakukan Pengamatan

Jika kamu sudah membaca banyak literatur, tetapi masih belum menentukan topik yang cocok. Hal yang dapat dilakukan untuk menentukan judul skripsi adalah dengan melakukan pengamatan langsung.

Kamu dapat melakukan pengamatan sesuai bidang jurusan yang kamu ambil. Dengan melakukan pengamatan langsung kamu akan mendapatkan lebih banyak informasi, terkait permasalahan-permasalahan yang benar-benar terjadi di lapangan.

Sehingga saat kamu melakukan konsultasi judul, sudah mempunyai argumentasi kulit terkait topik yang akan diangkat menjadi judul skripsi.

Konsultasi dengan Mahasiswa Senior

Lakukan komunikasi dengan mahasiswa senior yang kamu kenal, lebih baik lagi yang mempunyai dosen pembimbing sama.

Kamu dapat menanyakan pengamalan menentukan judul skripsi yang tepat seperti apa, atau kamu juga pandangan mereka terkait topik yang ingin kamu bahas.

Dengan berkomunikasi dengan mahasiswa senior kamu kan menemukan pandangan baru dan lebih banyak referensi.

Siapkan Lebih dari Satu Judul

Menentukan judul skripsi pasti memerlukan konsultasi dengan dosen pembimbing. Judul yang kamu pilih akan menjadi final jika sudah disetujui oleh dosbing. Jadi, lebih baik kamu membuat beberapa judul skripsi kemudian berkonsultasi pada dosen pembimbing.

Kamu dapat membuat beberapa judul dengan satu topik, atau beberapa judul dengan beberapa topik berbeda.

Mempertimbangkan Lokasi dan Biaya Penelitian

Menyusun sebuah skripsi pasti akan melakukan penelitian langsung. Sehingga dalam menentukan judul skripsi kamu juga perlu mempertimbangkan lokasi dan biaya penelitian yang dapat dijangkau dengan mudah.

Jangan sampai lokasi penelitian dan biaya ini akan menghambatmu di kemudian hari, yang dapat membuat kamu macet mengerjakan skripsi.

Pertimbangakna Nilai Manfaat

Terakhir, menentukan judul skripsi juga perlu mempertimbangkan nilai manfaat yang akan kamu berikan pada kampus, tepat penelitian maupun lingkungan sekitar.

Tentukan judul skripsi yang memiliki manfaat tinggi bagi lingkungan sekitar. Menentukan judul skripsi yang demikian juga membantu penelitian disetujui oleh dosen pembimbing.

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *