VIDEO: Cegah Penularan COVID-19, Semua Warga Ponpes Tebuireng Jalani Tes Cepat Antigen

Liputan6.com, Jakarta – Ribuan santri dan pengasuh pondok pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, menjalani rapid test antigen, sebagai upaya deteksi dini terhadap penyebaran COVID-19, pada Minggu siang.

Pihak pesantren memastikan, hingga saat ini, belum ditemukan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di lingkungan Tebuireng.

Rapid test antigen di lingkungan Pondok Pesantren Tebuireng Jombang ini, melibatkan sejumlah tenaga medis dari seluruh Puskesmas se-Kabupaten Jombang. Puluhan ambulans dari berbagai rumah sakit juga dilibatkan.

Tak hanya santri, rapid antigen ini juga menyasar para guru, pengasuh pesantren, hingga para petugas kebersihan. Humas Gugus Tugas Covid-19 Ponpes Tebuireng, Nur Hidayat mengatakan, rapid test antigen dilakukan, sebagai antisipasi dini penyebaran Covid-19 di lingkungan pondok pesantren.

Apalagi sebelumnya, terdapat 61 santri di pondok pesantren lain di Jombang, dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19.

Upaya deteksi dini ini, juga akan terus diperluas untuk mencegah terjadinya klaster baru, serta tidak  mengganggu aktivitas belajar dan ibadah di dalam pondok. Pihak Pesantren Tebuireng memastikan, hingga saat ini lingkungan pesantren masih nol kasus terkonfirmasi COVID-19.

“Rapid test antigen tapi bukan antibodi tapi antigen untuk mendeteksi ada atau tidaknya potensi personil di dalam warga pesantren yang mungkin kesenggol, mulai dari santri, pengasuh, guru ngaji, guru madrasah, sampai cleaning service, semua kita cek, karena untuk kehati-hatian, dan kita memastikan deteksi dini itu efektif,” kata Nur Hidayat, Humas Satgas COVID-19 Tebuireng.

Jika dalam rapid test ini ditemukan, santri yang reaktif, pihak Pondok Tebuireng langsung berkoordinasi dengan dinas terkait untuk proses penanganan selanjutnya. Demikian dilansir pada Liputan6, 29 September 2020.

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *