8 Minuman Penambah Stamina saat Bermain Bola, Simak Cara Membuatnya

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi berbagai jenis minuman penambah stamina saat bermain bola ini, tentu akan memaksimalkan performamu ketika sedang bertanding. jika performamu baik, maka bisa membantumu meraih kemenangan di akhir pertandingan.

Tidak perlu bingung, sebab minuman penambah stamina saat bermain bola bisa ditemukan di sekitarmu. Bahkan minuman penambah stamina saat bermain bola ini sebenarnya sering dikonsumsi sehari-hari.

Lalu apa saja jenis minuman penambah stamina saat bermain bola tersebut? Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum beragam jenis minuman penambah stamina saat bermain bola, yang tentunya mudah untuk kamu temukan, Selasa (27/10/2020).

2 dari 6 halaman

Minuman Penambah Stamina saat Bermain Bola

1. Madu

Minuman penambah stamina saat bermain bola yang pertama adalah madu. Madu terbukti menjadi salah satu bahan minuman yang bisa menambah stamina. Dari berbagai penelitian menyebutkan, jenis minuman yang mengandung karbohidrat dari glukosa atau fruktosa, vitamin serta antioksidan seperti madu, sangat baik untuk memberi tambahan stamina. Selain itu, madu dapat menjaga kondisi gula darahmu agar tidak mudah turun drastis.

Cara mengnsumsinya sangat mudah, cukup tuangkan 1-2 sendok madu murni ke dalam segelas air putih. Kemudian aduk sampai larut dan minum tepat sebelum bermain sepak bola.

2. Kopi

Selanjutnya, minuman penambah stamina saat bermain bola bisa dengan konsumsi kopi. Banyak penemuan yang berusaha membuktikan kebaikan kopi sebelum melakukan kegiatan olahraga. Salah satunya adalah penelitian di Jepang yang menyatakan jika kopi bisa meningkatkan sirkulasi darah sebanyak 30% selama 75 menit.

Kondisi sirkulasi darah yang baik akan menghasilkan latihan maksimal sebab otot manusia butuh tambahan oksigen ketika berolahraga. Bahkan, konsumsi kopi juga bermanfaat untuk mengurangi nyeri.

3 dari 6 halaman

Minuman Penambah Stamina saat Bermain Bola

3. Teh Hijau

Teh hijau merupakan salah satu minuman penambah stamina saat bermain bola. Selain itu, teh hijau juga memiliki kemampuan untuk mengontrol berat badan karena kandungan epigallocatechin gallate (EGCC) yang bisa mengoptimalkan tingkat oksidasi lemak dan mengubahnya menjadi kalori sehingga juga berguna dalam menurunkan berat badan.

4. Susu

Dengan kandungan karbohidrat dan protein yang ada dalam susu, sangat dibutuhkan sebelum memulai olahraga. Pada sebuah penelitian, dari sembilan atlet sepeda menunjukkan, jika mereka lebih tahan lama di lapangan bahkan mencapai angka 50%. Untuk menambah kandungan nutrisi di dalamnya, maka ada baiknya mengonsumsi susu dengan campuran cokelat.

4 dari 6 halaman

Minuman Penambah Stamina saat Bermain Bola

5. Jus Mangga

Mengonsumsi jus mangga bisa membantu meningkatkan stamina. Sebab, di dalam 100 gram buah mangga terdapat 59,8 kalori yang mampu meningkatkan energi dalam tubuh dalam waktu cepat. Selain itu, mangga juga memiliki berbagai kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan.

6. Jus Ubi Manis

Ubi manis mungkin jarang diolah jadi minuman. Padahal ubi ini sangat nikmat jika diolah dengan benar. Di dalam ubi manis, terkandung sekitar 85,8 kalori untuk setiap 100 gramnya. Selain itu, ubi manis memiliki kandungan serat yang baik bagi pencernaan. Ubi manis juga mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral di dalamnya.

5 dari 6 halaman

Minuman Penambah Stamina saat Bermain Bola

7. Yogurt

Mengonsumsi yogurt juga baik sebelum bermain bola. Sebab, yogurt bisa memberi tambahan  kalori dari lemak serta memiliki kandungan probiotik yang baik untuk sistem pencernaan.

Bahkan, selain mampu meningkatkan stamina, dengan kandungan probiotik yang cukup banyak bisa  mempertajam respons kekebalan tubuh dan meningkatkan kemampuan tubuh agar cepat pulih dari rasa lelah.

8. Purica

Minuman penambah stamina saat bermain bola yang terakhir merupakan inovasi dari anak bangsa. Sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dari Fakultas MIPA dan Fakultas Ilmu Keolahragaan, membuat sebuah minuman energi yang dibuat dari bahan alami yaitu tanaman purwaceng dan dipadukan dengan buah carica.

Tanaman purwaceng diketahui memiliki khasiat yang identik seperti ginseng, terutama dalam memberi tambahan stamina bagi tubuh. Khasiat untuk menambah stamina ini juga berasal dari kumarin. Kumarin adalah senyawa bergapten dan iso bergapten yang berfungsi dalam meningkatkan stamina tubuh.

Sedangkan tambahan buah carica, dapat memberi asupan berbagai enzim, vitamin dan mineral. Kandungan vitamin A carica bahkan lebih banyak dari wortel dan vitamin C-nya lebih tinggi dari jeruk. Carica juga kaya dengan vitamin B kompleks dan vitamin E.

6 dari 6 halaman

Cara membuat minuman dari ubi manis

Mungkin kamu penasaran bagaimana cara mengolah ubi manis menjadi minuman. Sebab, ubi manis umum dijadikan berbagai macam olahan makanan.

Sebenarnya membuat ubi manis tidak sulit, bahkan terbilang mudah. Berikut ini langkah-langkah untuk mengolah ubi manis menjadi smoothie yang siap menambah staminamu.

Bahan:

– 1/2 potong ubi manis kukus

– 1/2 cangkir greek yogurt tanpa lemak

– 1/2 cangkir susu putih

– 1/2 potong pisang ukuran besar

– 1 sendok teh coklat bubuk

– 1 sendok teh biji chia

– Es batu

Cara membuat:

a. Siapkan blender.

b. Masukkan seluruh bahan ke dalam blender.

c. Blender hingga semua bahan tercampur rata.

d. Tuang ke gelas saji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *