Sampai Kremlin pun Kasih Ucapan ke Khabib Nurmagomedov

Jakarta

Khabib Nurmagomedov mengumumkan pensiun setelah meraih kemenangan di UFC 254. Kremlin, Kantor Kepresidenan Rusia, ikut kasih ucapan buat Khabib.

Petarung asal Dagestan itu baru saja mengalahkan Justin Gaethje dalam suguhan utama ‘UFC Fight Island’ di Abu Dhabi. Itu merupakan kali ketiga beruntun Khabib Nurmagomedov mempertahankan gelarnya.

Hasil itu turut membuat Khabib Nurmagomedov bikin catatan tanding profesionalnya jadi makin mengilap dengan rekor 29-0. Ia kemudian menyatakan pensiun.

Pengumuman pensiun Khabib Nurmagomedov ini langsung menuai reaksi dari sejumlah kalangan. Salah satunya adalah lewat pernyataan Dmitry Peskov, juru bicara Presiden Rusia Vladimir Putin.

“Kami amat gembira dengan kemenangannya,” kata Peskov kepada Championat.com yang dilansir RT.com.

“Dan selamat buat dirinya. Yang selanjutnya adalah keputusan dari dirinya,” tutur pernyataan Kremlin mengenai kemenangan dan pengumuman pensiun Khabib Nurmagomedov.

Keputusan Khabib Nurmagomedov pensiun selepas ayahnya, Abdulmanap, meninggal dunia pada bulan Juli 2020 lalu. Ia tak lagi bisa membayangkan jika harus bertarung lagi tanpa ditemani sang ayah.

Semasa Abdulmanap masih dirawat di rumah sakit, Vladimir Putin pun terus memantau. Orang nomor satu Rusia itu pun sempat menyatakan bahwa ayah Khabib Nurmagomedov itu akan mendapat perawatan medis terbaik yang memungkinkan selama dirawat.

Khabib Nurmagomedov mengambil keputusan pensiun setelah berjanji kepada ibunya, yang sukar melihat putranya bertanding lagi tanpa ditemani Abdulmanap.

“Ibu saya bilang tidak mau kalau saya bertarung tanpa ayah. Saya bilang padanya, ini (duel dengan Justin Gaethje-red) adalah pertarungan terakhir. Maka setelah ini saya pensiun, saya harus menepati janji ke ibu,” kata Khabib Nurmagomedov seusai mengalahkan Justin Gaethje.

(krs/aff)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *