Hore, UMKM di Garut Bakal Terima Banyak Bantuan Selama Pandemi Covid-19

Liputan6.com, Garut – Kabar gembira bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Garut, Jawa Barat. Mereka bakal mendapatkan ragam stimulus bantuan usaha selama masa pandemi Covid-19 berlangsung.

Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Garut, Nurrodhin mengatakan, pelaku usaha menjadi warga yang paling terdampak pandemi Covid-19.

”Hal ini menjadi perhatian pemerintah, baik di tingkat kabupaten, provinsi, bahkan di tingkat kementerian,” ujarnya, Selasa (24/11/2020).

Ragam bantuan stimulus ekonomi pun langsung digulirkan pemerintah. Sebut saja suntikan modal sebesar Rp 2,4 juta yang diberikan Pemerintah Pusat melalui program BPUM (Bantua bagi Pelaku Usaha Mikro).

Kemudian bantuan DID (Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp 1 juta rupiah bagi 2.000 UMKM dari pemerintah daerah yang akan digulirkan pada Desember mendatang.

“Bagi mereka yang tidak mengikuti bantuan BPUM mereka mendaftarkan diri di program DID Insha Allah mereka akan mendapatkan bantuan,” ujarnya.

Selain memberikan bantuan modal usaha, Pemda Garut juga memberikan bantuan pelatihan kemasan produk, serta pemberian sertifikat halal bagi para pelaku UMKM.

Terakhir, bantuan stimulus bagi pelaku UMKM selama Covid-19 berupa barang produksi sesuai dengan usaha yang dijalankan mereka.

“Anggaran yang akan diberikan senilai 135 juta berupa barang produksi, jadi kalau tadi uang kalau sekarang barang produksi yang sesuai dengan usaha mereka,” ujarnya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *