Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Anies Membaca Buku ‘Cara Licik Menang Pilpres 2024’

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswesan membaca buku berjudul ‘Cara Licik Menang Pilpres 2024’.

Foto Anies Baswedan baca buku ‘Cara Licik Menang Pilpres 2024’ diunggah akun Facebook Wan Ping, pada 24 November 2020.

Foto yang diunggah menampilkan Anies Baswedan mengenakan baju putih dan sarung sedang duduk dengan latarbelakang rak buku, tangan kanan dan kiri sedang memegang buku berwarna hitam berjudul ‘Cara Licik Menang Pilpres 2024’.

Benarkah foto Anies Baswedan baca buku ‘Cara Licik Menang Pilpres 2024’? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto Anies baca buku berjudul ‘Cara Licik Menang Pilpres 2024’ dengan menggunakan Google Image.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto Anies baca buku berjudul 'Cara Licik Menang Pilpres 2024'

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul “Anies Baswedan Baca Buku ‘Bagaimana Demokrasi Mati’ ini Sinopsis Buku Karya Levitsky & Ziblatt” yang dimuat situs serangnews.pikiran-rakyat.com, pada 22 November 2020.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto Anies baca buku berjudul 'Cara Licik Menang Pilpres 2024'

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto Anies baca buku berjudul 'Cara Licik Menang Pilpres 2024'

Situs serangnews.pikiran-rakyat.com memuat foto yang identik dengan klaim, kesamaan foto tersebut terdapat pada pose Anies, komposisi foto, rak buku yang menjadu latarbelakang Anies duduk.

 Namun, terdapat perbedaan judul buku yang dibaca Anies, dalam foto yang dimuat situs serangnews.pikiran-rakyat.com buku tang dibaca Anies berjudul ‘How Democrasies Die’. yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, memiliki arti ‘Bagaimana Demokrasi Mati’.

Artikel situs serangnews.pikiran-rakyat.com menyebutkan, foto tersebut bersumber dari unggahan foto akun Instagram resmi Anies @Aniesbaswedan, pada Minggu 22 November 2020 pukul 10.23 WIB.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto Anies baca buku berjudul 'Cara Licik Menang Pilpres 2024'

Foto yang diunggah akun Instagram resmi Anies Baswedan @Aniesbaswedan identik dengan klaim. Namun, terdapat perbedaan judul pada buku. Judul buku dalam ungahan aku Instagram @Aniesbaswedan berjudul ‘How Democrasies Die’.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, foto Anies Baswedan baca buku berjudul ‘Cara Licik Menang Pilpres 2024’ tidak benar.

Foto tersebut telah diubah pada bagian judul buku, dalam foto aslinya buku yang dibaca Anies berjudul  ‘How Democrasies Die’.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam  cekfakta.com  untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *