Don't Show Again Yes, I would!

Apa Saja Hak Siswa di Sekolah? Simak Penjelasannya Disini

Setiap warga negara pasti mempunyai hak dan kewajiban,begitu pula dengan seorang siswa di sekolah.

Terdapat Beberapa hak siswa di sekolah yang harus didapatkan oleh anak-anak.

Lalu apa saja hak siswa di sekolah itu? Simak penjelasan lebih dalam artikel berikut ini.

Pengertian Hak

Sebelum mengetahui apa saja hak siswa di sekolah, tidak ada salahnya mengenal lebih jauh tentang pengertian hak.

Hak adalah sesuatu yang akan diperoleh atau sesuatu yang berhak kita dapatkan sebagai warga negara.

Hak adalah peluang yang diberikan pada setiap orang untuk melakukan atau memiliki sesuatu.

Namun, hak juga memiliki batasan-batasan dan ketentuan serta berhubungan dengan tanggung jawab dan kewajiban seseorang. Sehingga dalam mendapatkan hak seseorang harus memahami batasan-batasan tersebut.

Soerjono soekanto membagi hak menjadi dua yaitu hak relatif dan hak absolut. Hak relatif adalah ha yang dibentuk dari perjanjian atau hukum perikatan, hak ini seperti seseorang yang mendapatkan prestasi karena berhasil meraih sesuatu.

Sedangkan hak absolut adalah hak yang telah terdapat dalam sebuah hukum yang diatur oleh negara. Hak absolut merupakan hak kepribadian berupa hak hidup, hak kebebasan, hak milik atas objek tertentu, hak merek, hak cipta, dan lain sebagainya.

Kemudian menurut Prof. Dr. Notonegoro hak adalah sebuah kuasa atau kemampuan seseorang untuk dapat melakukan beberapa kegiatan seperti menerima, melakukan dan memiliki sesuatu sesuai dengan semestinya.

Hak Siswa

Hak mendapat ilmu pengetahuan

Tentu saja hak siswa di sekolah yang paling utama adalah mendapatkan ilmu pengetahuan dari guru. Tujuan dari siswa bersekolah salah satunya adalah mendapatkan ilmu pengetahuan, yang akan berguna di masa depan.

Sehingga tugas siswa utama di sekolah adalah belajar. Siswa berhak untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dari guru. Sehingga guru berkewajiban untuk memberikan proses pembelajaran yang sesuai dengan siswa. 

Memperoleh Perlindungan Keamanan

Saat berada di sekolah siswa menjadi tanggung jawab guru dan pihak sekolah, sehingga keamanan dan perlindungan siswa harus terjamin.

Siswa berhak mendapatkan perlindungan keamanan dari pihak sekolah. Dengan perlindungan ini siswa akan merasa aman dan nyaman melakukan proses pembelajaran.

Pihak sekolah harus menjamin perlindungan keamanan siswa tanpa memandang keberagaman yang ada sperti perbedaan suku, agama, latar belakang, dan budaya.

Menggunakan Fasilitas Sekolah

Hak siswa selanjutnya adalah dapat menggunakan fasilitas sekolah dengan aman dan nyaman.

Untuk menunjang kegiatan pembelajaran , sekolah harus menyediakan fasilitas yang memadai. Seperti arena olahraga, ruang ibadah, kantin, toilet, perpustakaan dan lain sebagainya.i

Fasilita sekolah ini disediakan untuk siswa dengan berbagai fungsinya masing-masing, agar siswa dapat menggunakan dan menunjang proses belajarnya.

 

 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *