Don't Show Again Yes, I would!

Apa Saja Penyebab Siswa Malas Belajar? Salah Satunya Karena Gaya Mengajar Guru

Apa saja penyebab siswa malas belajar? Siswa yang malas menjadi salah satu faktor menghambat proses pembelajaran. Saat siswa malas belajar, mereka tidak dapat menyerap informasi dan topik pembelajaran dengan baik yang dapat menyebabkan capaian kompetensi tidak tercapai.

Selain menerapkan strategi pembelajaran yang meminimalisir agar siswa tidak malas, guru juga perlu tahu penyebab dan faktor-faktor siswa kehilangan motivasi belajar.

Dengan mengetahui penyebab siswa malas belajar, guru dapat mengantisipasi dan menetapkan cara pembelajaran yang cocok. Sehingga siswa akan lebih fokus dalam belajar dan tidak kehilangan fokus.

Untuk mengetahui apa saja penyebab siswa malas belajar, ayo simak ulasan berikut ini.

Penyebab Siswa Malas Belajar

Berikut ini adalah faktor penyebab siswa malas belajar, informasi ini dapat dijadikan untuk memilih strategi pembelajaran yang cocok untuk siswa.

Gaya belajar tidak cocok

Penyebab siswa malas belajar dapat dikarenakan penggunaan gaya belajar yang tidak sesuai. Perlu diketahui bahwa gaya belajar dapat berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, guru harus dapat mengarahkan siswa untuk dapat mengenal gaya belajarnya sendiri dan menerapkan cara belajar yang sesuai.

Gaya belajar secara umum ada empat yaitu gaya belajar secara visual, auditori, kinestetik, dan gaya belajar campuran.

Terlalu banyak beban sekolah

Keadaan malas dapat juga disebabkan karena siswa terlalu banyak mendapatkan beban sekolah. Misal saat siswa mendapat tugas yang banyak dalam sekali waktu, belum lagi kegiatan yang sangat padat. Misal mengikuti beberapa kegiatan ekstrakurikuler atau menjadi anggota dewan sekolah.

Dengan banyaknya kegiatan dan beban sekolah tersebut, dapat saja siswa merasa burn out dan kehilangan motivasi untuk belajar. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya guru tidak memberikan PR yang banyak dalam sekali waktu, den memaksimalkan kegiatan pembelajaran yang lebih interaktif.

Cara mengajar yang membosankan

Sering kali penyebab siswa malas belajar adalah karena mereka merasa bosan selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Biasanya hal ini disebabkan karena cara mengajar guru yang membosankan menurut siswa. Misal kegiatan pembelajaran hanya itu-itu saja dan aktivitas belajar tidak berpusat pada siswa.

Untuk mengatasi hal tersebut maka guru harus kreatif dan menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan siswa. Guru dapat menerapkan pembelajaran yang menganut sifat student centered seperti metode pembelajaran kooperatif. Selain itu, guru dapat menggunakan media pembelajaran interaktif.

Model pembelajaran seperti model pembelajaran berbasis masalah dan proyek merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa untuk terus belajar.

Kurang tidur

Kurang tidur dapat menjadi penyebab siswa malas belajar selama di sekolah. Saat siswa kurang tidur maka akan bangun dengan keadaan tubuh yang tidak fit dan kurang bugar. Hal ini dapat berpengaruh saat kegiatan pembelajaran.

Siswa yang tidurnya kurang akan cenderung lebih mudah mengantuk dan merasa malas melakukan apapun. Sehingga menjaga kebutuhan tidur yang tepat adalah salah satu hal yang perlu dilakukan untuk menghalau rasa malas.

Bullying

Kasus-kasus bullying pada anak kini kerap ditemukan dalam berbagai berita,oleh karena itu sebagai guru atau orang tua perlu mengawasi dan memantau anak-anak. Salah satu penyebab siswa malas belajar dapat terjadi karena siswa mendapatkan bullying.

Karena saat siswa terkena tindakan bullying mereka akan merasa khawatir setiap waktu dan akhirnya merasa malas dalam belajar. Jika guru menemukan tanda-tanda perubahan drastis pada peserta didiknya, maka harus segera dicari tahu penyebabnya.

Lingkungan tidak mendukung

Lingkungan belajar yang tidak kondusif dapat menjadi penyebab siswa malas belajar. Kondisi lingkungan belajar ini perlu diperhatikan tidak hanya guru tetapi juga orang tua. Karena sangat penting memberikan lingkungan belajar yang kondusif.

Lingkungan yang tidak mendukung juga berarti bagaimana suasana tempat belajar. Lingkungan yang positif dan bebas dari gangguan dapat membuat siswa lebih fokus menerima pelajaran sehingga mereka juga akan merasa semangat menyimak pembelajaran.

Kurang mendapat perhatian

Saat siswa kurang mendapat perhatian baik dari guru atau keluarga khususnya orang tua dapat menjadi penyebab siswa malas belajar.

Perhatian sangat diperlukan oleh siswa, dengan adanya perhatian yang cukup siswa akan merasa lebih semangat saat belajar. Mereka juga akan mendapatkan motivasi yang cukup untuk tetap belajar jika diperhatikan dengan baik. Oleh karena itu, guru tidak boleh pilih kasih yang membuat siswa lain merasa terkucilkan. Begitu pula dengan orang tua yang harus dapat memberikan waktu lebih untuk menemani dan sekedar ngobrol dengan anak.

Demikian adalah penyebab siswa malas belajar beserta dengan cara mengatasinya.

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *