Don't Show Again Yes, I would!

Apa Saja Tips Lulus UTBK? Tidak Hanya Latihan Soal Saja

Halo sobat duniamu.id yang akan mengikuti tes UTBK, persiapan apa saja yang telah kamu lakukan?. Sudah tahukah kamu apa saja tips lulus UTBK yang jitu?.

Salah satu ketentuan UTBK adalah kamu hanya boleh melakukan satu kali tes dalam satu periode waktu, jadi jika kamu tidak lulus tahun ini harus mengulang tahun depan. Oleh karena itu perlu persiapan yang matang untuk mengikuti ujian tulis ini.

Berikut ini akan kami sajikan beberapa tips lulus UTBK, yang dapat membantu calon mahasiswa untuk masuk ke perguruan tinggi negeri.

Mengenal UTBK

Sebelum mempelajari tips lulus UTBK, tidak ada salahnya kamu mengenal lebih dekat bagaimana ketentuan ujian ini.

UTBK atau Ujian Berbasis Komputer merupakan tes seleksi untuk calon mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

UTBK adalah ujian tulis yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Ujian tulis ini dilakukan dengan tujuan untuk memprediksi apakah calon mahasiswa dapat menyelesaikan studi di perguruan tinggi secara tepat.

Selain itu, tujuan tes tertulis digunakan untuk memprediksi kemampuan calon mahasuswa sesuai kriteria yang diharapkan oleh PTN, serta untuk memberikan kesempatan agar siswa dapat melakukan res secara fleksibel.

Siswa yang dapat mengikuti UTBK adalah siswa di jenjang SMA, SMK, MA, dan Paket C yang lulus tahun ini dan dua tahun sebelumnya.

Tips Lulus UTBK

Berikut ini adalah beberapa tips lulus UTBK yang mudah diikuti dan membantu calon mahasiswa siap dalam menghadapi ujian masuk perguruan tinggi negeri.

Cari Informasi Secara Detail

Sebelum mendaftar dan mengikuti UTBK kamu harus mencari informasi sedetail mungkin dna memahami tahapan pelaksanaannya.

Informasi yang perlu kamu ketahui seperti tanggal dimulainya pendaftaran, jadwal UTBK, materi ujian, syarat dan ketentuan yang diperlukan.

UTBK hanya dapat diikuti dalam satu periode waktu sehingga jangan sampai ketinggalan informasi.

Lakukan Riset

Tips lulus UTBK selanjutnya adalah dengan melakukan riset kecil terkait pilihan jurusan yang dilakukan. jurusan kuliah yang kamu ambil menjadi salah satu pertimbangan yang cukup sulit ditentukan.

Kamu dapat mencari informasi tentang kuota, jumlah peminat yang ada di jurusan yang dipilih. Kemudian kamu dapat melakukan pemetaan terhadap kemungkinan lulus.

Peluang lulus UTBK akan se main terbuka jika kamu memilih jurusan yang tepat, serta mengikuti ketentuan yang berlaku dengan baik.

Jangan Lakukan Sistem Kebut Semalam

Untuk mempersiapkan diri dengan baik jangan menerapkan sistem kebut semalam saat belajar materi untuk UTBK. Terdapat beberapa materi yang digunakan dalam tes UTBK, tentu hal ini membutuhkan banyak persiapan.

Melakukan banyak latihan sebelum hari H pelaksanaan UTBK.

Latihan Soal

Banyak melakukan latihan soal akan membuat kamu lebih mudah mengerjakan tes tertulis nantinya. Banyak melakukan latihan soal akan membuat kita mengenali pola atau jenis soal yang akan sering muncul.

Melakukan banyak latihan soal, menjadikan kita mendapatkan banyak pengalaman mengerjakan sebuah soal.

Pahami Konsep

Tidak hanya melakukan latihan soal, tips lulus UTBK lainnya adalah dengan memahami konsep materi pelajaran dengan baik.

Tidak hanya berlatih dari soal-soal tetapi kamu juga harus memahami konsep serta materi tersebut dengan baik.

Jangan terpaku pada Satu Soal

Tips lulus UTBK selanjutnya adalah saya mengerjakan tes tertulis jangan terpaku pada satu soal atau satu kelompok soal saja. Kaea hal ini kan banyak membuang waktumu. Sedangkan saya pengerjaan UTBK pasti terdapat durasi selama pengerjaan.

Jika kamu menemukan soal yang sulit coba lakukan 2 hingga 3 kali penyelesaian. Setelah itu, jika masih tidak menemukan jawaban pindah dulu ke soal selanjutnya. Jika masih ada waktu baru koreksi kembali jawaban tadi.

Perbanyak Lakukan Try Out

Jika kamu ingin mengetahui kemampuan mu maka mengikuti try out UTBK adalah jawabannya.

Mengikuti try out merupakan salah satu tips lulus UTBK, karena kamu akan berlatih dengan suasana seperti hari H. Kamu juga akan membiasakan suasana ujian yang sesuai dengan aturan UTBK.

Mengikuti Bimbel

Jika kamu kesulitan selama belajar sendiri, maka tips lulus UTBK adalah dengan mengikuti bimbingan belajar secara online atau offline. Dengan melakukan bimbel kamu akan diberi latihan soal yang sesuai dengan ujian UTBK serta mendapatkan bimbingan pengerjaan yang cepat dan tepat.

Jangan Terburu-buru

Salah satu hal yang perlu kamu hindari selama mengerjakan UTBK adalah jangan terburu-buru untuk menjawab. Usahakan selalu tenang saat mengerjakan ujian dan tidak gugup. Kerjakan soal dengan tenang dan tidak tergesa-gesa menjawab.

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *