Don't Show Again Yes, I would!

5 Aplikasi Kecerdasan Buatan yang Mempermudah Pekerjaan Guru

DUNIAMU.ID – Di zaman modern seperti saat ini, hadirnya teknologi sangat membantu berbagai lini kehidupan terutama dalam pendidikan. Meskipun banyak yang merasa kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) sebagai ancaman, nyatanya di bidang pendidikan banyak Aplikasi Kecerdasan Buatan yang bisa dimanfaatkan oleh guru. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini.

Tidak banyak guru yang tahu bahwa ada aplikasi kecerdasan buatan yang bisa dimanfaatkan guru untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran di kelas dan juga menciptakan pengalaman belajar yang lebih dinamis bagi siswa. Apa saja jenis aplikasi tersebut? Berikut ini rinciannya:

1. Sistem Pemantauan Dan Analisis Belajar

Siapa sangka aplikasi kecerdasan buatan bisa digunakan untuk memantau dan menganalisis kemajuan belajar siswa secara terperinci. Menggunakan data dari berbagai sumber, aplikasi ini bisa memberikan wawasan tentang kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta didik. Sumber data yang dibutuhkan adalah hasil ujian, tugas dan juga interaksi dalam kelas.

2. Modifikasi Pembelajaran

Dalam kurikulum merdeka terdapat pembelajaran berdiferensiasi. Bahwa setiap peserta didik memiliki kemampuan dan gaya belajar yang berbeda antara satu dengan lainnya. Untuk bisa memberikan pembelajaran yang menarik dan berbeda, guru bisa memanfaatkan aplikasi AI.

Aplikasi AI bisa memberikan rekomendasi materi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan, minat dan tingkat pemahaman setiap peserta didik. Hal ini tentunya sangat membantu meningkatkan keterlibatan siswa dan mempercepat mencapai tujuan pembelajaran.

3. Pengembangan Materi Pembelajaran

Ingin menghasilkan materi pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif? Guru bisa memanfaatkan AI. Guru bisa memanfaatkan teknologi pengolah bahasa alami atau NLP dan pembelajaran mesin. Teknologi ini bisa menghasilkan video dan gambar yang sesuai dengan teks pembelajaran yang di input. Mudah sekali bukan?

4. Asisten Virtual Guru

Kini guru tidak bekerja sendiri, guru bisa memiliki asisten pribadi dalam bentuk kecerdasan buatan. Yah, ada asisten virtual berbasis AI yang bisa membantu guru dalam mengerjakan berbagai tugas administratif. Asisten virtual ini bisa menyusun jadwal, mengelola catatan dan memberikan saran tentang stratagi pembeljaran yang sesuai. Sangat membantu pastinya.

5. Model Pembelajaran Interaktif

Terakhir, AI bisa membantu guru membuat simulasi dan model pembelajaran yang interaktif. Bagaimana caranya? Guru tinggal memanfaatkan teknologi realitas virtual atau VR dan augmented reality atau AR. Aplikasi ini sangat mungkin mengolah konsep abstrak menjadi realita yang mudah dipahami.

Itulah beberapa jenis aplikasi kecerdasan buatan yang bisa membantu guru. Kini guru tidak akan merasa kelelahan akibat banyaknya tugas karena bisa dibantu oleh AI.

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *