Don't Show Again Yes, I would!

ASN Adalah: Kedudukan, Peran, Jabatan, Hak dan Kewajiban

Aparatur Sipil Negara atau ASN adalah profesi yang banyak diminati oleh masyarakat luas. Hal tersebut juga dibuktikan dengan banyaknya pelamar yang mendaftarkan diri pada rekrutmen ASN.

Rekrutmen ASN sebentar lagi juga akan dilaksanakan pada tahun 2024, namun sudah tahukah kamu bagaimana fungsi, tugas, hak dan kewajiban ASN?.

Untuk mengenal lebih jauh tentang ASN, simak ulasannya berikut ini.

Pengertian ASN

Berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, dijelaskan ASN adalah profesi untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang bekerja pada instansi pemerintahan.

PNS merupakan warga negara Indonesia yang telah memenuhi ketentuan dan persyaratan tertentu, dan diangkat sebagai pegawai ASN oleh pejabat pembina kepegawaian untuk mengisi posisi atau jabatan dalam pemerintahan.

Sedangkan PPPK adalah warga negara Indonesia yang telah memenuhi syarat dan ketentuan tertentu, yang diangkat sesuai perjanjian kerja dalam jangka waktu tertentu untuk melaksanakan tugas pemerintahan.

ASN adalah pegawai yang bekerja di instansi pemerintahan, baik itu di tingkat pusat atau tingkat daerah. Seseorang yang telah diangkat menjadi ASN akan bertugas menjalankan tugas-tugas pemerintahan, ia juga digaji sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kedudukan ASN

Seperti yang dijelaskan sebelumnya ASN adalah pegawai pemerintahan yang mengisi posisi baik di pemerintahan pusat atau daerah. Sehingga kedudukan ASN berada di pusat, daerah dan luar negeri.

Pegawai ASN berkedudukan sebagai aparatur negara yang bertugas menjalankan kebijakan yang telah ditetapkan oleh instansi pemerintahan. Petugas ASN juga harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan mauua partai politik, karena tugasnya untuk melayani masyarakat.

PNS berkedudukan sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik serta pemersatu dan perekat bangsa. Oleh karena itu menjadi PNS tidak boleh terpengaruh pada sebuah golongan atau partai politik.

Peran ASN

Sesuai Undang Undang (UU) nomor 5 Tahun 2014 pasal 12, dijelaskan peran ASN adalah sebagai perencana, pelaksana, dan pengawas penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan pembangunan melalui pelaksanaan kebijakan dan pelayanan publik.

Sebagai pelaksana kebijakan publik ASN berperan untuk melaksanakan kebijakan yang telah dibuat pejabat pembina kepegawaian sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,

Sebagai pelayan publik ASN berperan memberikan pelayanan publik pada masyarakat dengan profesionalitas dan berkualitas. Pelayan publik adalah kegiatan dengan tujuan memenuhi kebutuhan pelayan sesuai peraturan perundang-undangan.

Selain itu ASN juga berperan untuk menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam menjalankan tugasnya ASN harus menjunjung tinggi dan sesuai dengan nilai-nilai dalam Pancasila, UUD 1945, pemerintah dan negara. Sehingga seorang ASN harus mengutamakan kepentingan, kesatuan dan persatuan negara.

Jabatan ASN

 

Hak dan Kewajiban ASN

ASN adalah pegawai pemerintah yang tentu saja juga memiliki hak dan kewajiban sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Hak ASN

Hak adalah sesuatu yang berhak diperoleh atau didapatkan oleh setiap warga negara. Secara umum hak yang diterima sebagai pegawai ASN adalah sebagai berikut.

  • Mendapatkan gaji dan tunjangan yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Mendapatkan hak cuti seperti cuti melahirkan, cuti tahunan dan cuti sakit.
  • Mendapatkan jaminan pensiun dan hari tua.
  • Mendapatkan perlindungan.
  • Mendapatkan hak mengembangkan pengetahuan dan kemampuan dalam mendukung pelaksanaan tugasnya.

Kewajiban ASN

Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan dan menjadi tanggungan seseorang, serta harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Sesuai UU Nomor 5 Tahun 2014 PNS memiliki kewajiban antara lain adalah sebagai berikut.

  • Setia dan taat pada Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan pemerintahan yang sah.
  • Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa
  • Melaksanakan kebijakan yang telah dirumuskan dan ditetapkan pejabat pemerintah yang berwenang
  • Menaati ketentuan peraturan perundang-undang ngan.
  • Melakukan tugas kedinasan dengan penuh pengabdian, kejujuran, tanggung jawab dan penuh kesadaran.menunjukkan integritas dan keteladanan sikap, perilaku, ucapan, dan tindakan pada setiap orang.
  • Menyimpan rahasia jabatan serta hanya dapat menyampaikan sesuai ketentuan dalam peraturan perundang-undang ngan.
  • Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah NKRI.

 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *