Don't Show Again Yes, I would!

Awas! 7 Kesalahan Ini Bisa Membuat Tidak Lolos Seleksi CPNS

Apa saja kesalahan yang dapat membuat tidak lolos CPNS?

Menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah cita cita sebagai banyak orang, oleh karena itu banyak yang ber-antusias dalam seleksi CPNS dan PPPK 2023 kali ini.

Untuk mengikuti rekrutmen CPNS dan PPPK terdapat beberapa tahap salah satunya adalah tahap administrasi. Setelah lolos dalam tahap administrasi kamu akan angka jitu tahap tes yang berupa ujian.

Nah, saat melakukan seleksi CPNS tersebut kami perlu berhati=-ati karena dapat saja gagal pada tahap-tahap tersebut.

Terdapat beberapa hal yang ternyata sepele tetapi jika tidak diperhatikan akan membuat kamu tidak lolos CPNS.

Hal yang Membuat Tidak Lolos seleksi CPNS

Terdapat beragam faktor yang membuat kamu tidak lolos dalam seleksi CPNS. Seperti kurangnya dokumen saat tahap administrasi atau sekolahan pemilihan formasi. Oleh karena itu sebelum mendaftarkan diri kamu perlu mengetahui persyaratan dan aturan yang berlaku dengan baik.

Jangan sampai melakukan kesalahan-kesalahan sepele yang nantinya kan kamus sesali karena dapat menjadi penyebab kegagalan lolos CPNS.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang dapat menggagalkan menjadi ASN.

Tidak Sesuai dengan Kualifikasi

Sebenarnya ini adalah kesalahan yang fatal, karena salah satu poin pertama yang harus kamu perhatikan adalah kualifikasi.

Jika kamu mendaftarkan diri pada formasi yang tidak sesuai dengan kualifikasi mu, maka tentu saja kamu tidak akan lolos dalam seleksi.

Maka dari itu sebelum kamu mendaftarkan diri perhatikan terlebih dahulu persyaratan dan kualifikasi yang dibutuhkan. Pastikan kamu telah memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan. Misal seperti telah memiliki sertifikasi pengajar atau syarat lainnya.

Atau pada kualifikasi pendidikan, karena setiap formasi dalam seleksi CPNS membutuhkan kualifikasi dari berbagai bidang. Maka kamu perlu memperhatikan kembali jurusan dan gelar akademik yang diminta.

Misal jika suatu instansi membuka lowongan untuk DIII Kebidanan sedangkan  kami S1 Kebidanan, maka kemungkinan kamu lolos juga kan berkurang. Karena pasti yang memiliki kualifikasi DIII Kebidanan akan diprioritaskan.

Dokumen yang Diunggah Blur

Kesalahan berikutnya adalah hasil scan dokumen yang kamu upload pada tahap administrasi tidak jelas dan sulit dibaca.

Pada tahap administrasi kamu akan diminta untuk mengunggah dokumen-dokumen pendukung, seperti ijazah, akreditasi dan KTP. Dokumen tersebut akan menjadi acuan bagi instansi untuk memverifikasi berkas pendaftaran apakah telah sesuai dengan formasi yang dibutuhkan.

Sehingga jika kamu mengunggah dokumen yang tidak jelas, maka kemungkinan kamu akan tidak lolos juga besar.

Sehingga saat mengambil scan lebih baik diperhatikan kembali dengan baik. pastikan bahwa scan yang kamu ambil sudah jelas tidak blur dan dapat dibaca.

Salah Unggah Dokumen

Kesalahan mengunggah dokumen dapat saja terjadi jika kamu terburu-buru saat melakuakn tahap adimintarsid dan mengisi data.

Jika kamu salah mengunggah dokumen maka data yang kamu miliki tidak akan dapat diverifikasi. Sehingga bisa saja kamu akan dinyatakan tidak lolos.

Sebelum melakukan pendaftaran secara administrasi, kamu perlu mencari terlebih dahulu informasi mengenai dokumen apa saja yang dibutuhkan.

Kemudian persiapan terlebih dahulu dalam satu file, hingga nanti sata pendaftaran tinggal mengunggah. Jangan lupa selalu mengecek kembali dokumen-dokumen yang telah kamu unggah apakah sudah benar atau belum. Perhatikan pula jenis dokumen dan besarnya file yang dapat diunggah.

Kesalahan Foto

Selain dokumen pendukung, saat melakukan pendaftaran kamu akan mengunggah foto. Dalam hal ini kamu perlu memperhatikan aturan yang berlaku dengan baik. seperti background foto yang harus digunakan ukuran maksimal file foto yang dapat diunggah, serta jenis foto yang diperlukan.

Untuk mengunggah pas foto gunakan foto formal dengan background sesuai aturan yang berlaku, jangan mengunggah foto selfi pada pas foto.

Selai pas foto, saat pengambilan swafoto juga perlu diperhatikan, jangan sampai muka tidak terlihat atau terlihat kurang jelas. Lakukan swafoto dalam ruangan dengan cahaya yang mendukung.

Kemudian untuk swafoto ini kamu juga harus mengikuti aturannya, yaitu menggunakan foto selfie yang jelas. Jangan menaruh as foto pada kolom swafoto.

Kesalahan memasang materai

Beberapa instansi sata mengikuti seleksi CPNS harus mengunggah surat pernyataan yang disertai dengan materi.

Tentu saja dengan adanya digitalisasi ini pemasangan materi dapat dilakukan secara online, menggunakan e materai.

Namun. Perlu diperhatikan pula bahwa pemasangan materi harus sesuai. Pastikan nominal materai sesuai dengan peraturan yang berlaku sesuai instansi yang kmu kamar.

Jangan lupa membubuhkan tanda tangan diatas materai, beberapa kecurangan saat menggunakan materi dapat membuat kamu tidak lolos CPNS. Misal kamu memakai materai kadaluarsa sehingga tidak dapat digunakan lagi.

Pendidikan tidak sesuai dengan jabatan yang dipilih

Sesuaikan jabatan yang kamu lamar dalam CPNS atau PPPK telah sesuai dengan kualifikasi yang kamu miliki. Jangan sampai jabatan dengan pendidikan tidak berjalan dengan beriringan.

Untuk melihat apakah jabatan dan pendidik yang kamu miliki sudah sesuai dapat dilakukan dengan mengakases https://sscasn.bkn.go.id/ dan masik pada menu l”Layanan Informasi” di kamu dapat menanyakan hal-hal yang kurang jelas.

Kesesuaian Biodata

Saat mengisi biodata dan informasi dalam seleksi CPNS harus diisi dengan kata yang jujur dan benar.

Jangan memalsukan data diri karena akan menjadi masalah kedepannya. Kemudian saat seleksi CPNS perhatikan kembali waktu mengisi biodata apakah sudah sesuai atau belum.

 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *