Don't Show Again Yes, I would!

Ayo Belajar! Soal dan Pembahasan Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 53 Kurikulum Merdeka

Soal dan pembahasan kunci jawaban IPA kelas 7 halaman 53 – sobat duniamu.id kali ini kita kan mempelajari tentang Zat dan Perubahannya pada Bab 2 mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas VII.

Dalam pembahasan kali ini kunci jawaban IPA kelas 7 halaman 53 Kurikulum Merdeka, disajikan beberapa pertanyaan tentang wujud materi beserta sifat dan penjelasannya. Adik-adik kelas 7 jangan lupa membaca kembali materi yang ada pada buku paket.

Sedangkan soal dan pembahasan kunci jawaban IPA kelas 7 halaman 53 dalam artikel ini berdasarkan buku paket Ilmu Pengetahuan Alam Kurikulum Merdeka dari Kemdikbud.

Kunci jawaban yang disajikan merupakan alternatif jawaban yang dapat dikembangkan lagi lebih luas. Segala penilaian dan jawaban benar tergantung pada Bapak/Ibu guru masing-masing. Oleh karena itu, pembahasan ini bertujuan supaya adik-adik dapat menggunakannya sebagai bahan belajar dan evaluasi.

Soal dan Kunci Jawaban IPA kelas 7 Halaman 53

Sebelum menyimak kunci jawaban IPA kelas 7 halaman 53 sebaiknya adik-adik membaca kembali bacaan pada buku paket, agar dapat memahami soal dengan baik.

Tabel 2. 1 Sifat-Sifat Wujud Materi

Fakta Sains

Makhluk dengan Indera Penciuman Paling Tajam

Kalian mungkin sudah mengetahui bahwa anjing sedang dilatih oleh polisi untuk membantu menemukan obat-obatan terlarang atau seorang buronan. (Baca seterusnya dalam buku paket).

Buatlah Tabel 2.1 seperti di bawah ini di buku catatan kalian, kemudian lengkapi bagian tabel yang masih kosong sebagai ringkasan dari bab ini.

Wujud Materi: Padat

Sifat-Sifat:

Bentuknya tetap, tidak dapat ditekan

Alasan/Penjelasan Keadaan Partikel: Partikel-partikelnya sangat teratur dan memiliki ikatan yang sangat kuat antara satu partikel dan lainnya

Tidak dapat ditekan

Alasan: Partikel-partikelnya sangat rapat, tidak ada jarak sama sekali sehingga tidak dapat ditekan.

Wujud Materi: Cair

Sifat-Sifat:

Bentuknya berubah-ubah sesuai dengan wadahnya

Alasan: Karena sifat molekul cairan yang tidak rapat dan padat, tetapi renggang tersusun teratur serta memiliki gaya tarik antar partikel yang lemah, sehingga memudahkan zat cair mengalir dan menyesuaikan dengan wadahnya dengan adanya pengaruh tekanan.

Memiliki volume yang tetap

Alasan: dikarenakan partikel dalam zat cair mudah berpindah namun tidak dapat meninggalkan kelompoknya.

Wujud Materi: Gas

Sifat-Sifat:

Bentuknya berubah-berubah

Alasan: dikarenakan partikel pada zat gas saling berjauhan, tersusun tidak teratur, serta gaya tarik antar partikel yang sangat lemah.

Volumenya berubah-ubah

Alasan: dikarenakan sifat partikel dalam zat gas dapat bergerak bebas karena gaya partikel yang sangat lemah, sehingga mudah meninggalkan kelompoknya.

Mari Uji Kemampuan Kalian

1. Jelaskan peristiwa-peristiwa di bawah ini dari segi keadaan partikel-partikelnya.

a.tidak dapat menghancurkan baja dengan tangan kalian.

Jawaban:

Karena baja adalah zat padat yang memiliki jarak partikel padat dan tersusun dalam pola teratur. Sehingga sulit untuk dihancurkan karena sifatnya yang kuat. Sedangkan kekuatan tangan dan baja lebih kuat baja.

b.Susu dapat mengalir dan mengikuti bentuk gelas atau cangkir atau termos.

Jawaban:

Susu merupakan zat cair yang memiliki sifat partikel-partikelnya berjarak renggang dan tidak serapat pada zat padat. Gaya tarik antar partikel pada zat cair juga lemah sehingga dapat mengalir dan bergerak acak dengan mudah mengikuti wadahnya.

c.Kalian dapat merasakan hembusan angin di wajah kalian.

Jawaban:

Angin adalah wujud dari zat gas yang memiliki sifat partikel-partikelnya renggang, dan berikatan sangat lemah antar partikelnya. Sehingga partikel zat padat dapat menyebar dan bergerak bebas ke segala arah.

d.Apakah difusi terjadi lebih cepat dalam cairan atau gas? Jelaskan.

Jawaban:

Difusi akan terjadi lebih cepat pada zat gas, hal tersebut dikarenakan partikel pada zat gas bergerak lebih cepat dan dapat menyebar ke segala arah atau semua bagian dalam wadah dan ruangan yang ditempatinya.

3.Apabila gula pasir dipindahkan dari satu wadah ke wadah yang lain, apa yang terjadi? Apakah gula pasir termasuk zat padat atau zat cair?

Jawaban:

Gula pasir termasuk zat padat karena tidak akan mengalami perubahan kimia atau fisik yang signifikan karena dipindahkan dari tempat satu ketempat yang lain. Gula pasir adalah zat tunggal sebagai suatu kesatuan yang akan berupa bentuk sesuai dengan wadahnya. Tetapi karena tidak ada perubahan bentuk sehingga gula pasir termasuk zat padat.

4.Bayangkanlah kalian dan teman-teman kalian adalah partikel air. Buatlah cerita tentang diri kalian, mulailah dengan wujud air sebagai zat padat atau es, uraikanlah perubahan yang terjadi pada diri kalian saat kalian berubah menjadi cair. Dan kemudian kalian berubah wujud menjadi gas.

Jawaban:

Aku adalah air salah satu ciri khas ku adalah bahwa aku memiliki artikel yang lebih bebas daripada zat padat. Sebagai zat cair aku mempunyai sifat berubah-ubah mengikuti wadahnya. Jika aku dimasukan botol maka akan akan memenuhi botol dan berbentuk seperti botol. Kendati demikian aku memilih volume yang tetap meskipun di pindah-pindahkan.

Selain itu wujud ku juga dapat berubah-ubah dikarenakan pengaruh suhu. Jika aku disimpan dalam ruangan dengan suhu yang dingin maka akan akan berubah menjadi zat padat, karena proses perubahan wujud membeku dari cair ke padat.

Kemudian dari suhu rendah, seperti kulkas aku dikeluarkan ke suhu normal maka bentuk ku akan berubah kembali menjadi cair. Hal tersebut karena aku mengalami proses perubahan wujud mencair.

Sedangkan jika kau dipanaskan pada suhu tinggi, maka wujudnya akan berubah  menjadi zat gas. Hal tersebut karena kau mengamati proses penguapan.

Itulah aku, zat cair yang memiliki manfaat bagi kedua di bumi ini, unik bukan karakteristik ku.

5.Ketika Dewi baru pulang sekolah dan hendak memasuki rumahnya, ia sudah dapat merasakan wangi melati padahal sumber pengharum ruangan tersebut diletakkan di ruangan keluarga yang berada di bagian belakang rumah. Jelaskan mengapa hal ini bisa terjadi.

Jawaban:

Karena aroma melati dibawa oleh udara, yang merupakan zat gas hingga dapat dicium oleh indera penciuman. Proses tersebut dinamakan dengan difusi.

Proses difusi adalah ketika terjadi pergerakan dari daerah yang partikelnya lebih banyak tempat ke yang lebih sedikit.

6.Buatlah model partikel dengan menggunakan barang-barang bekas pakai yang ada di sekitar kalian. Model kalian memiliki tiga lapisan, yaitu padat pada lapisan paling bawah, di tengah adalah lapisan partikel zat cair dan bagian paling atas adalah partikel-partikel dalam gas.

Jawaban:

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *