Don't Show Again Yes, I would!

Ayo Mengenal 9 Jenis Digital Skill yang Dibutuhkan untuk Masa Depan

Keterampilan digital sangat dibutuhkan di era digitalisasi sekarang ini. Sehingga, tidak heran jika banyak orang ingin memiliki digital skill yang dibutuhkan di masa depan.

sebagai generasi muda khususnya menguasai digital skill akan sangat berguna untuk mempersiapkan kehidupan di dunia kerja. Seperti yang kita tahu zaman sekarang semua bidang telah memanfaatkan kemudahan digitalisasi. Sehingga banyak lapangan kerja yang berhubungan dengan dunia digital.

Banyak perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan kemajuan digital, sehingga dibutuhkan pekerja dan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan digital.

Lalu apa saja jenis digital skill yang akan berguna di masa depan? Ayo simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini.

Kemampuan Digital

Teknologi dan dunia kerja tidak dapat dipisahkan, kecepatan era digital yang semakin berkembang mengutus kita untuk dapat mengikuti perkembangan tersebut. Era digitalisasi yang akan terus berkembang, mengharuskan kita memiliki digital skill untuk dapat mengikuti perkembangan zaman.

Sehingga memiliki kemampuan digital skill di zaman sekarang sangat penting. Digital skill sendiri merupakan sebuah kemampuan untuk menggunakan, membuat, menemukan, mengevaluasi dan mengomunikasikan berbagai informasi atau konten menggunakan atau memanfaatkan teknologi dengan keterampilan kognitif.

Digital skill juga dapat diartikan sebagai sebuah kemampuan untuk menggunakan, memahami dan memanfaatkan perangkat keras maupun perangkat lunak secara efektif untuk mengerjakan suatu pekerjaan atau memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Jenis Digital Skill yang Berguna di Masa Depan

Kemampuan digital pasti dibutuhkan di masa depan, melihat perkembangan teknologi sekarang yang semakin pesat. Oleh karena itu berikut ini kami sajikan jenis digital skill yang dibutuhkan untuk masa depan, sehingga sahabat dunia.id dapat mempersiapkannya mulai sekarang.

Berikut ini jenis-jenis digital skill yang akan berguna di masa depan:

Data Analyst

Setiap perusahaan pasti membutuhkan orang untuk mengelola data-data yang penting, sehingga kemampuan pengelolaan data pasti akan dibutuhkan. Data analytics merupakan salah satu digital skill yang akan berguna di masa depan.

Skill data analyst adalah kemampuan untuk melakukan riset dan analitis menggunakan alat tertentu. seorang data analyst adalah orang yang mempunyai keterampilan melakukan pemeriksaan dan mengolah data dari berbagai informasi dengan tujuan untuk membantu pengambilan keputusan.

Tugas dari seorang data analyst diantaranya adalah menganalisis data perusahaan untuk menemukan jalan terbaik bagi perusahaan, memecahkan masalah dalam bisnis, mengumpulkan dan menafsirkan  data produk-produk perusahaan, dan lain sebagainya.

Copywriting

Salah satu digital skill yang sekarang ini dibutuhkan oleh perusahaan adalah kemampuan copywriting. Kemampuan ini berperan penting untuk meningkatkan penjualan produk.

Seorang copywriter tidak hanya menulis, tetapi juga membuat materi pemasaran agar pembaca tertarik dengan produk perusahaan.

Secara umum tugas copywriting adalah menulis untuk tujuan kegiatan pemasaran, menulis dan mengelola serta mengolah konten yang akan di publish, dengan tujuan menarik pembaca.

Search Engine Optimization

Selanjutnya digital skill yang dibutuhkan untuk masa depan adalah Search Engine Optimization atau disebut dengan SEO.

Ketrampilan ini data penting dalam digital marketing, karena berkaitan dengan pengelolaan data dan optimalisasi mesin pencarian.

Beberapa diantara tugas SEO adalah memantau dan menganalisa performa website, mengupayakan untuk meningkatkan peringkat website dalam mesin pencarian. SEO juga harus dapat mengembangkan  strategi untuk meningkatkan kemampuan website perusahaan.

Web development

Skill digital dalam bidang web development adalah kemampuan untuk memelihara, membuat dan mengmabngkan website perusahaan.

Tidak hanya mengelola sebuah website, web developer juga harus dapat merancang website dari awal dan mengembangkan website yang sudah ada.

Dengan semakin banyaknya perusahaan yang merambah sektor digital, sehingga banyak perusahaan berlomba-lomba mengembangkan website nya.  Disinilah tugas dan fungsi web development dibutuhkan dan memiliki jenis skill digital ini akan sangat membantu karir di masa depan.

Project management

Project management memegang peranan penting dalam perencanaan, pengawasan, pengendalian dan pengeksekusian sebuah proyek, dari awal hingga akhir pengerjaan proyek.

Beberapa tugas projek manager adalah merencanakan proyek sesuai tujuan perusahaan, memimpin pelaksanaan, perencanaan dan penjadwalan proyek, pemantauan dan pelaporan proses proyek dan lain sebagainya.

Jenis skill digital ini memiliki peran penting dalam mengorganisir tim supaya dapat mencapai tujuan atau target yang telah direncanakan. Hampir semua perusahaan akan membutuhkan skill ini.

Social Media Strategy

Penggunaan media sosial pada zaman ini tidak hanya untuk berkomunikasi, tetapi berfungsi juga sebagai media iklan dan pemasaran. Sehingga dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan untuk menarik perhatian audiens, meningkatkan brand awareness serta traffic.

Sehingga sangat dibutuhkan seseorang dengan kemampuan social media strategy. Jenis skill digital ini bertugas untuk mengelola media sosial dan membuat strategi mengembangkan konten plan, yang sesuai dengan tujuan perusahaan.

Internet of Things

Jenis skill digital yang dibutuhkan untuk masa depan selanjutnya adalah IoT atau Internet of Things. IoT merupakan sebuah konsep teknologi yang memudahkan untuk menghubungkan kita dalam komunikasi, atau bertukar data lewat internet.

Seorang dengan kemampuan ini akan membangun sistem dengan integritas berbagai device yang dapat dikendalikan dengan mudah menggunakan lewat internet, sehingga dengan konsep teknologi ini memungkinkan penggunaan jarak jauh juga, yang tentunya akan banyak manfaat yang dihasilkan.

Desain Grafis dan Video Editing

Jenis digital skill yang dibutuhkan untuk masa depan selanjutnya adalah kemampuan desain grafis dan video editing.

Tampilan yang menarik dari sebuah iklan atau tampilan menjadi salah satu faktor diliriknya sebuah produk oleh konsumen. Sehingga sekarang ini banyak sekali perusahaan yang membutuhkan kemampuan desain grafis maupun editing video.

Tidak hanya dalam sebuah perusahaan, skill digital ini juga dapat dijadikan sebagai usaha mandiri dalam bidang jasa yang dapat kamu tawarkan.

Desain UI/UX

Skil digital dalam bidang desain UI/UX merupakan kemampuan untuk mendesain user interface atau tampilan pengguna dengan menarik. Ini adalah salah satu jenis skill digital yang akan berguna sekarang hingga di masa yang akan datang.

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *