Don't Show Again Yes, I would!

Bagaimana Cara Agar Tidak Mudah Lupa? Simak 10 Tipsnya Disini

Seberapa sering kamu mencari sesuatu tetapi sulit sekali menemukannya? Seperti kunci motor/mobil, buku, pakaian atau bahkan dompet. Jika kamu merasa kesulitan untuk menyimpan suatu informasi dan sering melupakan sesuatu. Mungkin kamu akan membutuhkan beberapa tips atau cara agar tidak mudah lupa, yang akan dibahas dalam artikel kali ini.

Pelupa memang menjadi salah satu kebiasaan buruk, jadi lebih baik untuk menghilangkan kebiasaan tersebut. lalu adakah cara agar tidak mudah lupa? Tentunya ada, beberapa cara tersebut dapat dilatih setiap hari.

Untuk mengetahui cara agar tidak mudah lupa, dan mengurangi kebiasaan pelupa, silahkan simak ulasan di bawah ini.

Bagaimana cara agar tidak mudah lupa?

Menjadi pelupa dipengaruhi oleh fungsi kerja otak. Sering melupakan sesuatu juga dapat menjadi kebiasaan yang buruk. Beberapa hal berikut ini adalah tips cara agar tidak mudah lupa.

Tidur yang cukup

Keadaan mengantuk menjadikan kita tidak produktif. Kurangnya tidur dan sering mengantuk juga membuat lebih mudah melupakan sesuatu. Mendapatkan waktu tidur 7 hingga 8 jam di malam hari akan membantu kemampuan otak untuk mengorganisasikan memori.

Selain tidur cukup, istirahat juga penting untuk kesehatan otak. Karena pelupa berhubungan dengan kerja otak. Jadi cara agar tidak mudah lupa adalah dengan mendapatkan waktu tidur malam dan istirahat yang cukup.

Makan makanan sehat

Sudah buka rahasia lagi bahwa makanan sehat akan memberikan dampak positif terhadap tubuh dan pikiran. Apalagi beberapa makanan dapat meningkatkan kemampuan otak untuk menyimpan memori.

Makanan seperti ikan, walnuts, buah berries, yang baik untuk kesehatan otak, dapat membantu agar tidak mudah melupakan sesuatu.

Olahraga secara rutin

Selain makanan, kebugaran menjadi salah satu cara agar tidak lupa. Olahraga praktis seperti jogging, bersepeda, berenang dapat membantu agar tidak mudah lupa.

Hal tersebut karena dengan berolahraga, kadar oksigen ke otak akan meningkat sehingga mengurangi masalah kesehatan, termasuk kebiasaan pelupa.

Gunakan checklist

Jika kamu sering melupakan kegiatan sehari-hari, beberapa tips nya adalah dengan menggunakan checklist.

Buatlah list apa saja yang harus kamu lakukan atau benda yang harus dibawa. Tempelkan list pada tempat yang mudah lihat dan lakukan kesehatan dengan menceklis satu persatu.

Latihan meditasi

Dengan melakukan meditasi akan menenangkan otak dan pikiran, sehingga memperkuat kekuatan untuk mengingat sesuatu.

Luangkan waktu beberapa menit untuk melakukan meditasi dan mengembalikan fokus dirimu, agar mengurangi kebiasaan pelupa.

Menata barang dan melakukan sesuatu secara teratur

Selanjutnya cara agar tidak mudah lupa adalah dengan menata barang-barang dengan teratur. Jika kamu orang yang berantakan, maka sekarang adalah waktunya untuk memperbaiki hal tersebut. Karena denah meletakkan barang sembarangan, kita akan lebih mudah lupa dimana barang tersebut. Usahakan meletakkan barang dalam satu tempat, misal kunci ledakan pada gantungan kunci, dompet harus dimasukkan dalam laci, atau taruh benda-benda penting ke dalam satu box.

Selain menata barang agar tetap teratur melakukan sesuatu secara teratur juga merupakan cara agar tidak menjadi pelupa. Dengan melakukan berbagai hal dengan teratur maka akan meningkatkan otak untuk lebih fokus.

Meminimalisir stress

Cara agar tidak mudah lupa adalah dengan menghindari atau meminimalisir stres. Karena stres menjadi salah satu faktor kita mudah melupakan sesuatu. Usahakan memperkecil terjadinya stres, dengan melakukan kegiatan menyenangkan atau hobby.

Gunakan bantuan alat pengingat

Untuk mengingat hal-hal yang harus kamu kerjakan atau letak barang-barang kamu dapat menggunakan alat pengingat, seperti alarm handphone, kalender, atau buku catatan.

Hindari begadang

Jika kamu merasa sering melupakan sesuatu, dan suka begadang. Mengurangi intensitas begadang dapat membantu meningkatkan kerja otak. Begadang dapat mengurangi kerja otak karena kamu akan terjaga sepanjang malam dna mengurangi waktu tidur.

Membuat otak tetap aktif

Untuk meningkatkan kemampuan memori, kamu harus membuat otak tetap aktif, dengan cara beberapa aktivitas. Seperti mempelajari keterampilan tertentu seperti bermain gitar, piano, atau menari. Memainkan game yang merangsang kerja otak seperti teka-teki juga menjadi salah satu cara agar tidak lupa, karena membuat otak tetap aktif .

Apa saja penyebab sering lupa?

Setelah mempelajari cara agar tidak lupa, sebaiknya kamu juga mengenali faktor-faktor apa saja yang dapat menurunkan kemampuan otak menyimpan memori. Hal-hal berikut ini menjadi faktor penyebab sering lupa, yang perlu kamu hindari.

Pola tidur tidak teratur

Sering begadang, dan kurang waktu tidur menjadikan tingkat fokus menurun, jadi pola tidur yang tidak teratur dapat menjadi penyebab kamu sering melupakan sesuatu.

Berlebihan mengkonsumsi alkohol

Minuman beralkohol secara berlebihan akan mengganggu ingatan dna menjadikan ingatan pendek, terus-terusan minum minuman beralkohol juga tidak baik karena mengakibatkan beberapa masalah atau penyakit.

Stres dan kecemasan

Tekanan berlebihan pada otak dapat mengganggu konsentrasi dan menurunkan kemampuan otak untuk menyimpan memori serta mengingat sesuatu. Orang yang banyak stres dan cemas akan mudah lupa.

Dehidrasi

Dehidrasi menjadi salah satu penyebab kita sering lupa karena tubuh kekurangan cairan dan menurunkan kerja otak. Dehidrasi akan membuat kita mengantuk, dan sulit berkonsentrasi sehingga akan mudah lupa.

Efek samping obat

Beberapa obat-obatan tertentu menjadi penyebab seringnya lupa, beberapa obat yang dikonsumsi akan memberikan efek mengantuk atau menurunkan aktivitas otak.

Kebiasaan merokok

Salah satu penyebab sering lupa adalah kebiasaan merokok,karena dengan merokok akan mengurangi jumlah oksigen yang masuk ke otak. Sehingga dapat merusak kerja otak menyimpan ingatan.

Masalah tiroid

Beberapa masalah yang menyerang kelenjar tiroid dapat membuat sulit berkonsentrasi, dan membuat seringnya merupakan hal-hal tertentu. Kurang aktif atau terlalu aktifnya tiroid ini juga dapat menyebabkan metabolisme tubuh terganggu.

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *