Don't Show Again Yes, I would!

Cara Cek Kuota Sekolah SNBP 2024, Syarat dan Aturan Baru

Bagaimana cara cek kuota sekolah SNBP 2024? Berikut ini duniamu.id bagikan infromasi terkait Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) 2024.

Perlu diketahui bahwa pengumuman mengenai kuota sekolah SNBP 2024 telah dibagikan pada Kamis, 28 Desember 2024 lalu.

Bagi siswa lulusan SMA/SMK dan setingkatnya ingin melanjutkan ke perguruan tinggi melalui jalur prestasi, jangan lupa untuk mengecek informasi terkait jumlah kuota yang disediakan di sekolah masing-masing.

Untuk mengetahui cara cek kuota sekolah SNBP 2024, ayo simak informasi lengkapnya berikut ini.

Cara Cek Kuota Sekolah SNBP 2024

SNBP menjadi salah satu jalur seleksi awal untuk masuk ke perguruan tinggi negeri. Jalur seleksi ini calon mahasiswa akan mendaftarkan diri sesuai persyaratan dan ketentuan yang berlaku. SNBP merupakan seleksi masuk PTN yang didasarkan pada prestasi siswa, sesuai dengan ketentuan perguruan tinggi.

Sebelumnya informasi terair kuota sekolah telah diumumkan melalui unggahan Instagram @_snpmbbppp. Jumlah kuota yang disediakan ini ditentukan dari akreditasi sekolah. Namun, pihak sekolah maupun siswa atau orang tua wali dapat melihat informasi ini secara online.

Perlu diperhatikan jika terdapat kesalahan pada data akreditasi dan jumlah siswa, pihak sekolah dapat mengajukan sanggah yang akan dimulai pada 28 Desember 2023 hingga 17 Januari 2024.

Nah, langsung saja cara cek kuota sekolah SNBP 2024.

  • Buka laman resmi SNPMB atau klik https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  • Setelah masuk, pilih menu “SNBP”
  • Kemudian, klik “Kuota Sekolah”
  • Cari sekolah berdasarkan lokasi atau NPSN
  • Pilih Provinsi, Kabupaten, Kota Domisili pada kotak pencarian
  • Ketik nomor NPSN untuk mencari sekolah menggunakan NPSN
  • Informasi kuota sekolah yang dipilih akan keluar.

Persyaratan Kuota Sekolah SNBP 2024

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa kuota sekolah ditentukan berdasarkan akreditasi sekolah. Sehingga kuota sekolah memiliki jumlah yang berbeda-beda masing-masing sekolah.

Persyaratan dan ketentuan kuota sekolah SNBP 2024 berdasarkan akreditasi adalah jika sekolah terakreditasi A maka akan mendapatkan 40 persen siswa terbaik untuk tes SNBP 2024.

Kemudian untuk sekolah terakreditasi B, mendapatkan kuota sebesar 25 persen siswa terbaik SNBP. Sedangkan untuk sekolah terakreditasi C, mendapat kuota 5 persen dari siswa terbaiknya.

Siswa-siswa yang masuk dalam kuota tersebut merupakan siswa terbaik dari sekolah eligible yang mendaftar pada SNBP 2024.

Siswa eligible ditetapkan oleh masing-masing sekolah. Siswa eligible secara umum ditentukan berdasar nilai rata-rata mata pelajaran pada semester 1 hingga semester 5. Selain, nilai rata-arat sekolah biasanya juga memasukkan nilai berdasarkan Proyek Penguatan Profil Pancasila untuk menentukan siswa eligible.

Syarat Siswa SNBP 2024

Setelah mengetahui cara cek SNBP 2024, pendaftar juga harus memperhatikan persyaratan untuk mendaftarkan diri.

Berikut ini adalah persyaratan siswa eligible pada SNBP 2024.

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  • Memiliki nilai rapor yang telah diisikan sekolah pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS)
  • Memiliki portofolio pada pilihan bidang olahraga atau seni.
  • Memiliki syarat sesuai dengan PTN yang dituju.

Jadwal SNBP 2024

Supaya tidak ketinggalan informasi dan tahapan pendaftaran SNBP 2024, jangan lewatkan untuk melihat jadwal SNBP 2024.

Berikut inia dalah jadwal SNBP 2024.

  • Pengumuman kuota sekolah: 28 Desember 2023
  • Masa sanggah kuota sekolah: 28 Desember 2023 – 17 Januari 2024
  • Pengisian data PDSS: 9 Januari – 9 Februari 2024
  • Pendaftaran SNBP: 14 – 28 Februari 2024
  • Pengumuman hasil SNBP: 26 Maret 2024

Aturan Baru SNBP 2024

Pelaksanaan SNBP 2024 mempunyai aturan baru jika dibandingkan dengan seleksi tahun sebelumnya.

Jika dalam seleksi sebelumnya soal berupa pilihan ganda maka pada SNBP 2024 akan menggunakan juga soal berupa isian singkat. Namun, materi tes yang dilakukan masih sama yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS), penawaran matematika, literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Dalam pendaftaran SNBT 2024 siswa diperbolehkan untuk memilih maksimal 4 program studi yang terdiri dari dua Program Akademik (Sarjana) dan dua program Vokasi (Diploma III atau Diploma IV atau Sarjana Terapan).

Selain kuota yang disediakan oleh sekolah, peluang kelulusan SNBP juga dipengaruhi oleh kuota yang disediakan oleh Perguruan Tinggi Negeri.

Kemudian untuk komponen penilaian dalam SNBP terdapat 2 komponen yaitu sebagai berikut.

Rata-rata nilai rapor pada seluruh mata pelajaran bobotnya paling sedikit 50 persen.

Nilai rapor paling banyak dua mata pelajaran pendukung program studi yang dipilih, portofolio atau prestasi bobotnya paling besar adalah 50 persen.

Tahapan SNBP 2024

Proses awal untuk mendaftarkan diri pada SNBP 2024 adalah dengan melakukan registrasi akun di laman SNPMB https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/.

Kemudian siswa harus memiliki akun apd SNPMB melalui Single Sign On (SSO) mulai pengisian PDSS, pendaftaran SNBP, dan pendaftaran UTBK-SNBT,

Kemudian jika siswa telah dinyatakan lulus melalui jalur SNBT dan telah melakukan daftar ulang di PTN, maka siswa tidak akan dapat mendaftarkan pada tes Mandiri 2024 di perguruan manapun.

Demikian adalah penjelasan tentang cara cek jumlah kuota sekolah SNBP 2024. Selain itu, pendaftar dan sekolah juga harus memperhatikan persyaratan dalam pemilihan siswa eligible serta penilaian yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi Negeri.

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *