Don't Show Again Yes, I would!

Cara Daftar KIP Kuliah, Jika NIK Tidak Terdaftar di DTKS

Apa itu program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah? Program ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang memiliki kendala biaya, supaya dapat tetap memperoleh hak mendapatkan pendidikan di perguruan tinggi.

Bagaimana cara daftar KIP Kuliah? Bagi kamu yang ingin mendapatkan KIP Kuliah harus memenuhi ketentuan dan persyaratan yang ada.

Untuk mengetahui cara daftar KIP Kuliah beserta persyaratannya simak ulasan berikut ini.

Mengenal KIP Kuliah

Sebelum mengetahui cara daftar KIP Kuliah ayo mengenal lebih dekat pengertiannya.

KIP Kuliah merupakan program bantuan pendidikan yang diberikan pada mahasiswa yang mempunyai kemampuan dan potensi akademik yang baik tetapi berasal dari keluarga kurang mampu.

Program ini berlaku bagi lulusan SMA sederajat yang lulus melalui jalur SNBP, SNBT, dan Ujian Mandiri pada perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta.

Melalui program ini calon mahasiswa akan mendapatkan jaminan biaya pendidikan yang akan dibayarkan langsung dari pemerintah ke perguruan tinggi sesuai dengan Akreditasi Program Studi.

Selain biaya perkuliahan secara penuh, KIP Kuliah juga memberikan uang saku yang dapat digunakan oleh mahasiswa terpilih untuk membantu penyelesaian pendidikannya.

Cara Daftar KIP Kuliah

Cara daftar KIP Kuliah dapat dilakukan pada situs resmi Kemdikbud atau melalui mobile apps.

Berikut ini adalah cara daftar KIP Kuliah.

  • Kunjungi laman KIP Kuliah Kemdikbud https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/auth/login
  • Klik menu “Login Siswa” kemudian masukan data yang dibutuhkan seperti NIK NPSN, NISN, dan alamat email.
  • Tunggu hingga kamu mendapatkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses melalui email.
  • Selesaikan proses pendaftaran di porta atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi.
  • Jika telah diterima sebagai mahasiswa di perguruan tinggi, lakukan verifikasi untuk mengusulkan sebagai calon mahasiswa penerima kIP Kuliah.

 Persyaratan Penerima KIP Kuliah

Setelah mengetahui cara daftar KIP Kuliah kamu juga perlu memahami syarat dan ketentuan bagi calon penerima program pendidikan ini.

Persyaratan KIP Kuliah antara lain adalah sebagai berikut.

  • Penerima adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus dan akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya.
  • Memunyai NISN, NPSN, dan NIK yang valid.
  • Mempunyai potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung dengan bukti dokumen yang sah.
  • Siswa SMA/SMK/MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik atau mempunyai kartu KIP atau mempunyai Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.
  • Telah dinyatakan lulus penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan akreditasi A atau B, dan pertimbangan tertentu untuk prodi dengan akreditasi C.

Jika NIK Tidak Terdaftar di DTKS

Seperti yang dijelaskan dalam syarat KIP Kuliah bahwa siswa harus terdaftar di DTKS. Namun, bagaimana jika NIK tidak terdaftar di DTKS?.

Bagi adik-adik tidak perlu khawatir karena kamu dapat tetap mendaftarkan diri untuk menerima program KIP Kuliah.

Terdapat dua cara yang dapat kamu lakukan antara lain adalah sebagai berikut.

Mengajukan Pendaftaran DTKS

Bagi kamu yang ingin terdapat di DTKS dapat melakukan pengajuan mandiri, caranya adalah mengunjungi Kantor Desa/Kelurahan setempat.

Karena sebelum melakukan pendaftaran di DTKS, masyarakat harus terdaftar di P3KE. Dimana hal tersebut harus terdaftar di kantor Desa.Kelurahan setempat.

Melampirkan Bukti Lain

Selain edarakan diri ke DTKS secara mandiri, kamu juga tetap dapat melanjutkan pendaftaran sebagai penerima KIP Kuliah.

Caranya adalah dengan melampirkan dokumen atau bukti lainnya.

Pendaftar KIP Kuliah yang tidak terdaftar di DTKS akan divalidasi menurut status ekonominya.

Syaratnya adalah pendaftar akan diminta untuk menambahkan informasi terkait ekonomi, kepemilikan rumah, dan aset saat melakukan pendaftaran di SIM KIP Kuliah.

Siswa akan mengisi pada informasi ekonomi, dan memasukkan dokumen pendukung seperti pekerjaan orang tua, penghasilan, total utang, cicilan, tabungan keluarga, dan sebagainya.

Kemudian siswa juga harus mengisi data kepemilikan, daya listrik, luas tanah, dan foto kondisi rumah, aset kempelakna seperti kendaraan, emas dan lain sebagainya.

Data-data tersbeut akan menjaid eprtimbangan untuk menentuan apakan siswa layak mendapatkan KIP Kuliah.

Dokumen Pendaftaran KIP Kuliah

Untuk mendaftarkan diri dalam program KIP Kuliah maka kamu harus mempersiapkan beberapa dokumen diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  • Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Bukti terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)
  • Memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP)
  • Atau memiliki kartu bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK) atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)
  • Atau mahasiswa dari panti sosial atau panti asuhan yang memiliki Surat Keterangan sebagai anak panti
  • Bukti pendapatan kotor gabungan orang tua/wali maksimal Rp 4.000.000 per bulan atau bukti pendapatan kotor gabungan dibagi jumlah anggota keluarga terbanyak Rp 750.000.
  • Atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), yang dikeluarkan Desa/Kelurahan.

 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *