Don't Show Again Yes, I would!

Cara Mengajar Anak Berkebutuhan Khusus yang Tepat dan Mudah

Cara Mengajar Anak Berkebutuhan Khusus – Anak yang berkebutuhan khusus atau yang biasa disebut ABK membutuhkan cara mengajar yang tepat. Mulai dari metode pembelajaran yang diterapkan sama tata cara assessment yang tepat. Dalam artikel berikut ini kita akan membahas tentang cara mengajar anak berkebutuhan khusus dengan tepat dan mudah.

Seperti namanya (anak-anak berkebutuhan khusus) dari pendidikannya pun harus khusus. Tidak bisa anak ABK menerima pembelajaran seperti anak normal pada umumnya. Hal ini tidak akan membuat mereka bisa berkembang secara optimal, karena mereka memiliki keterbatasan sehingga cara mengajarnya pun harus berbeda.

Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus

Cara Mengajar Anak Berkebutuhan Khusus

Setiap orang tua menginginkan anaknya bisa berkembang dengan normal. Sayangnya, ada anak-anak yang tumbuh dan berkembang berbeda dengan anak pada umumnya, hal ini dikarenakan mereka memiliki keterbatasan. Sehingga diperlukan perawatan dan pengajaran khusus, anak –anak tersebut dinamai dengan ABK atau Anak Berkebutuhan Khusus.

Menurut data Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, pada tahun 2017 ada sebanyak 1,4 juta anak berkebutuhan khusus. Namun jumlah ini bukanlah jumlah yang sebenarnya, karena masih ada beberapa orangtua yang menutupi kondisi anaknya sehingga tidak terdata.

Cara Mengajar Anak Berkebutuhan Khusus

Anak berkebutuhan khusus bukanlah aib yang harus disembunyikan. Mereka merupakan anak dengan anugerah yang berbeda, jika orangtua mau terbuka maka perawatan dan pengembangan anak tersebut akan lebih maksimal sehingga bisa memberikan mereka bekal untuk tumbuh dalam kehidupan sehari-hari.

Ada beberapa hal yang menjadi cara mengajar anak berkebutuhan khusus, sehingga mereka bisa mudah dipahami dan bisa efektif digunakan, diantaranya adalah:

1. Bicara Dengan Nada Jelas Dan Positif

Cara Mengajar Anak Berkebutuhan Khusus

Jika anda menjadi tenaga pendidik anak berkebutuhan khusus, maka berarti anda spesial. Karena tidak semua orang bisa mengajarkan mereka, hanya orang-orang pilihan saja yang berkesempatan untuk mengajar anak yang istimewa.

Dalam cara mengajar anak berkebutuhan khusus, anda memerlukan komunikasi yang baik, mulai dari nada bicara yang jelas dan positif sehingga anak mau mendengarkan dan mengolah informasi yang anda sampaikan. Karena kebanyakan ABK kesulitan dalam fokus, sehingga usahakan ketika anda ingin melakukan komunikasi anda sudah menempatkan posisi saling berhadapan, melakukan kontak dan juga berekspresi. Hal ini untuk mendapatkan perhatian dan fokus sang anak.

2. Manfaatkan dan Pelajari Semua Metode

Cara mengajar anak berkebutuhan khusus tidaklah semudah yang dibayangkan. Karena setiap anak yang memiliki kebutuhan berbeda maka cara mengajarnya pun harus berbeda.

Oleh karenanya, anda harus bisa mencari tahu sebanyak-banyaknya tentang metode pengajaran yang ada, dan pelajari dari pengalaman orang yang sudah ahli dibidangnya. Sehingga Nantinya anda bisa menyesuaikan antara kemampuan dan keinginan sang anak dalam pembelajaran, dan pembelajaran bisa dilakukan secara maksimal.

3. Jangan Terlalu Memaksa

Ingat, anda tidak bisa memberikan pengajaran yang efektif jika terlalu memaksakan keinginan, sekeras apapun anda memaksa maka pelajaran tidak akan berguna karena anak tidak bisa memahami dengan baik. Oleh karenanya sikap memaksa kehendak anak ini harus ditekan karena ditakutkan bisa membebani anak. Ditakutkan nantinya sang anak tidak menyukai pelajaran dan takut bertemu sang pengajar.

Kunci dalam mengajar mereka adalah harus sabar dan konsisten, jangan lupa cari tahu apa yang menjadi kesukaan mereka dan masukan kedalam pembelajaran agar mereka tertarik dengan pelajaran yang diberikan.

4. Mengajar secara Efisien

Cara Mengajar Anak Berkebutuhan Khusus

Efisien dalam mengajar memiliki pengertian guru bisa memberikan pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kondisi dari anak, tidak rumit dari segi tenaga pendidik maupun segi biaya dan dari waktu pembelajaran yang dilakukan tidak terlalu lama namun anak bisa efektif mendapatkan pembelajaran, inilah yang dinamakan efisien.

Jika sudah menemukan rumus pembelajaran efisien maka anda harus benar-benar menerapkannya secara konsisten, sehingga pembelajaran lebih efektif. Rumus yang bisa digunakan dalam cara mengajar anak berkebutuhan khusus adalah 15 menit pertama untuk pemanasan dengan bercerita dan menyapa, kemudian 30 menit untuk pembelajaran inti dengan bercerita, 15 menit terakhir bisa untuk penulisan kembali materi yang sudah diberikan dan relaksasi. 

5. Gunakan Pembelajaran Audio Visual

Pemanfaatan teknologi media yang bisa membantu memberikan pembelajaran audio video dinilai tepat untuk anak berkebutuhan khusus, karena bisa membuat mereka cepat mengerti. Karena dengan audio visual ini meningkatkan minat belajar anak dan menarik perhatian mereka. Apalagi jika audio visual yang ditampilkan merupakan ide cerita, maka tentu akan sangat menyenangkan bagi anak-anak.

Pilihan pembelajaran audio visual yang menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik. Terdapat unsur suara dan gambar didalam media bisa membangun kondisi ABK untuk memperoleh pengetahuan dan sikap dari sesuatu. Penggunaan audio visual yang tepat bisa merangsang indra penglihatan dan pendengaran secara bersama-sama, sehingga kemampuan panca indra ABK bisa maksimal.

6. Berbagi Pengalaman Lewat Cerita

Mengajar anak-anak berkebutuhan khusus harus dibarengi dengan kemampuan membangun komunikasi yang baik. Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri dibandingkan dengan mengajar anak-anak normal. Namun, tenang saja ada Cara mengajar anak berkebutuhan khusus yang bisa digunakan untuk membangun komunikasi dengan cara yang sederhana dan menyenangkan yaitu lewat sharing pengalaman. Cara ini bisa memberikan mereka sebuah pandangan baru yang nyaman digunakan walaupun berjam-jam lamanya.

Anda bisa menyediakan waktu khusus untuk berbagai pengalaman pribadi dengan lingkungan atau orang tua kepada anak-anak berkebutuhan khusus. cara mengajar anak berkebutuhan khusus bisa membangun pengalaman positif dan memberikan tambahan informasi kepada mereka. Sehingga ketika mereka berada di situasi yang sama di cerita mereka tahu apa yang harus dilakukan.

7. Gunakan Pelajaran Berbasis Keterampilan dan Norma

Cara Mengajar Anak Berkebutuhan Khusus

Penting untuk diingat bahwa cara mengajar anak berkebutuhan khusus berbeda. Anak-anak normal biasanya akan dituntut untuk menguasai materi-materi pembelajaran dan menghafalkannya, namun cara ini tentunya tidak mungkin berlaku untuk ABK.

Mengajar anak ABK dengan cara pemberian teori lisan dan memasak mereka mengingatnya tidak mungkin dilakukan. Mengajar ABK haruslah sesuai dengan keterampilan dan norma yang berguna untuk kehidupan mereka selanjutnya. Dengan basis keterampilan ini diharapkan mereka bisa lebih mandiri.

Ada banyak keterampilan yang bisa diajarkan pada anak ABK, seperti keterampilan seni (menari, melukis, drama), tata rias, merajut, menjahit dan lainnya. Pembelajaran semacam ini lebih efektif melatih motoriknya meskipun tetap diimbangi dengan pelajaran umum

Penutup

Cara Mengajar Anak Berkebutuhan Khusus

Anak berkebutuhan khusus lahir bukan untuk dibedakan, mereka istimewa karena kekurangan yang dimilikinya. Tugas pengajar adalah menemukan cara mengolah keistimewaan tersebut agar membuka jalan bagi peserta didik.

Itulah cara mengajar anak berkebutuhan khusus yang bisa diterapkan sebagai tenaga pengajar. Jangan lupa untuk melakukan komunikasi dan koordinasi dengan orang tua anak sehingga pembelajaran bisa lebih maksimal karena mendapatkan pengulangan di rumah oleh orang tua.

Selain itu, catatan perkembangan anak dari waktu ke waktu, ini penting untuk mengetahui perkembangan apa yang cepat dan apa yang kurang sehingga bisa dioptimalkan lagi kedepannya.

 

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *