Don't Show Again Yes, I would!

Cara Meningkatkan Kemampuan Literasi pada Siswa

Literasi menjadi salah satu kemampuan yang perlu dikuasai oleh peserta didik. Oleh karena itu guru perlu mengerti bagaimana cara meningkatkan kemampuan literasi siswa.

Namun, pada kenyataannya kemampuan literasi di Indonesia masih tergolong rendah. Padahal literasi merupakan kemampuan yang penting untuk dikuasai, apalagi pada perkembangan zaman yang semakin cepat ini.

Lalu bagaimana saja cara meningkatkan kemampuan literasi siswa? Untuk mengetahui tips-tipsnya simak ulasan berikut ini.

Mengenal Kemampuan Literasi

 

Sebelum mempelajari cara meningkatkan kemampuan literasi, tidak ada salahnya kita mengenal jenis keterampilan ini lebih dekat lagi.

Literasi merupakan kemampuan seseorang dalam mencari informasi dengan cara membaca dan menulis. Tidak hanya menulis dan membaca, namun kemampuan ini juga mencakup kemampuan mendengar, berbicara, berkomunikasi, memahami ejaan, bunyi bahasa, hingga pemahaman hubungan huruf dan suara.

Kemampuan literasi diterapkan di satuan pendidikan dalam Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Pada AKM literasi akan memfokuskan siswa untuk dapat membaca kemudian memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan dan menceritakan kembali apa yang telah dibaca.

Oleh karena itu, dalam pembelajaran guru juga perlu meningkatkan kemampuan literasi siswa.

Cara Meningkatkan Kemampuan Literasi

Beberapa cara meningkatkan kemampuan literasi dapat dilakukan dengan beberapa kegiatan berikut ini.

Membaca Sebelum KBM

Cara meningkatkan kemampuan literasi siswa yang pertama adalah dengan menerapkan sistem membaca sebelum kegiatan pembelajaran. Guru dapat menyediakan beberapa menit sebelum masuk ke pembelajaran. Misal 5 atau 10 menit.

Siswa dapat membaca buku terkait pelajaran yang akan dibahas. Atau guru dapat menyediakan topik bacaan dari berbagai media seperti artikel, koran, yang berhubungan dengan topik pelajaran. Dengan hal ini akan membuat siswa terbiasa untuk membaca. Kegiatan ini juga akan mendorong kemampuan berpikir kritis siswa.

Membuat Komunitas Baca

Rendahnya kemampuan literasi siswa dapat diakibatkan oleh beberapa hal salah satunya adalah tidak adanya tempat arau ruang untuk berkembang. Oleh karena itu,membuat komunitas baca merupakan salah satu cara meningkatkan kemampuan literasi.

Komunitas baca, dapat dibuka untuk sisa yang senang membaca dan mencari informasi baru. Guru dapat memuat komunitas baca di kelas dengan mengelompokkan siswa kedalam beberapa kelompok.

Kemudian guru akan memberikan tugas pada setiap kelompok untuk membaca suatu buku, atau mencari artikel dengan topik tertentu. Lalu siswa akan berdiskusi dan membuat resensi buku atau mencatat poin-poin penting yang ada pada buku tersebut.

Kegiatan dengan komunitas baca ini akan memotivasi siswa untuk menyukai dan meningkatkan kemampuan literasinya.

Membuat Tugas Karya Tulis

Cara meningkatkan kemampuan literasi pada siswa tidak hanya dilakukan dengan cara membaca saja. Namun, dapat dilakukan dengan membuat sebuah karya tulis. Guru dapat memberikan tugas siswa untuk membuat sebuah karya tulis.

Karya tulis dibuat dengan mencari informasi, dan menganalisis dari data-data yang ada. Sehingga, kegiatan ini akan mendorong siswa dapat menyampaikan ide dan gagasan cemerlang. Siswa juga akan mengerti pentingnya kemampuan literasi dengan budaya menulis. 

Menyediakan Sudut Baca

Selain perpustakaan, sekolah dapat menyediakan tempat membaca lain seperti pojok atau sudut baca di tempat strategis. Sudut baca dapat memberikan banyak ruang untuk siswa membiasakan membaca.

Sudut baca juga dapat diterapkan di dalam kelas, yang diisi dengan beberapa buku menarik. Siswa akan terbiasa untuk membaca dan mencari informasi.

Melakukan Lomba-lomba Literasi

Meningkatkan literasi siswa dapat dilakukan dengan memperbanyak lomba-lomba yang berhubungan dengan literasi. Lomba seperti membuat poster, mendongeng, lomba menulis cerita pendek, puisi atau pantun. Beberapa lomba tersebut akan membuat siswa mengenal pentingnya kemampuan literasi.

Lomba-lomba dapat dilakukan pada beberapa cara seperti saat class meeting, perayaan Hari Pendidikan, perayaan Hari Kemerdekaan dan lain sebagainya.

Melakukan Aktivitas di Perpustakaan

Tempat yang tepat untuk meningkatkan kemampuan literasi, tentu saja adalah perpustakaan. Namun, kebanyakan siswa jarang dan enggan ke perpustakaan. Oleh karena itu, guru harus dapat memberikan motivasi pada siswa untuk mengunjungi perpustakaan.

Kegiatan-kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan mengunjungi perpustakaan. Misal guru memberikan tugas siswa untuk mencari buku dengan topik pembelajaran kemudian merangkum dan membuat catatan tentang topik pembelajaran di buku tersebut. Tetapi jangan sampai lupa, ingatkan siswa untuk tetap mematuhi peraturan di perpustakaan.

Membuat Jurnal Membaca

Selanjutnya, cara meningkatkan kemampuan literasi adalah dengan membuat jurnal membaca siswa. Guru dapat memberikan tugas pada siswa untuk membuat jurnal membaca.

Jurnal membaca tidak harus dari buku pembelajaran, tetapi siswa dapat membaca novel, komik, atau cerpen. Kemudian setelah membaca siswa akan mencatat bacaan di jurnal membaca masing-masing. Kegiatan ini bertujuan untuk membiasakan siswa rajin membaca.

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *