Don't Show Again Yes, I would!

Cara Menulis Essay, Struktur dan Langkah-langkahnya

 

Bagaimana cara menulis essay yang baik dan benar? Sebagai mahasiswa essay adalah salah satu karya tulis ilmiah yang harus dikuasai.

Selain makalah, skripsi, tesis dan disertasi, biasanya dosen akan memberikan tugas untuk menulis sebuah essay karya ilmiah.

Essay juga biasanya digunakan oleh siswa untuk mencari informasi terkait laporan atau membuat makalah.

Lalu bagaimana cara menulis essay yang baik dan benar? Untuk mengetahui struktur dan langkah-langkah yang benar simak ulasan berikut ini.

Pengertian Essay

Sebelum mempelajari cara menulis essay yang baik, tidak ada salahnya mengetahui apa yang dimaksud dengan essay itu sendiri.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, essay atau esai merupakan karangan prosa yang membahas suatu masalah dengan sepintas melalui sudut pandang pribadi penulisnya.

Essay berisi opini atau isu terhadap suatu permasalahan, yang dilihat dari sudut pandang penulisnya.

Meskipun essay berisi opini, namun tetap harus disertai dengan fakta-fakta pendukung untuk memperkuat opini dan argumen dari penulisnya.

Oleh karena itu, bisanya menulis essay dianggap sulit oleh siswa atau mahasiswa. Karena kamu harus mencari informasi, bukti dan data dari berbagai aspek sehingga argumen dapat kuat.

Tujuan Menulis Essay

Seperti karya tulis lainnya, essay memiliki tujuan dalam penulisannya. Tujuan dari menulis essay antara lain adalah sebagai berikut.

Untuk Memberikan Informasi Tertentu

Sebuah karya tulis essay bertujuan untuk memberikan informasi mengenai sebuah topik dari sudut pandang penulis.

Pembaca akan mendapatkan informasi tentang temuan baru dan gagasan penulis mengenai sebuah topik. Sehingga pembaca akan mendapatkan temuan baru tentang topik yang menjadi bahasan.

Meyakinkan Pembaca

Pada sebuah esai penulis akan mengungkapkan dan menjelaskan opini serta pendapatnya mengenai suatu isu tertentu. Cara menulis essay, penulis akan memperkuat argumennya dengan fakta dan data yang ada di lapangan dengan tujuan untuk meyakinkan pembaca tentang sebuah gagasan atau ide.

Menambah Pengetahuan

Dengan membaca sebuah esai, pembaca akan mendapatkan pengetahuan baru tentang topik yang diangkat. Sehingga salah satu tujuan dari menulis essay adalah untuk memberikan pengetahuan tentang sebuah topik tertentu.

Struktur Menulis Essay

Cara menulis essay dapat dilakukan sesuai dengan struktur teks penulisan. Struktur dalam menulis esai antara lain adalah sebagai berikut ini.

Pendahuluan

Struktur cara menulis essay yang pertama adalah pendahuluan, yang berisi tentang pernyataan umum serta latar belakang mengenai isu pokok yang akan dibahas. Pendahuluan berisi topik utama tulisan esai.

Sedangkan dalam memilih topik bahasan, penulis akan memilih topik yang menarik minat penulis, atau topik yang dikuasai oleh penulis.

Isi dari pendahuluan adalah pernyataan umum atau kalimat umum yang menjadi ide pokok sebuah tulisan. Ide pokok biasanya ditulis di awal paragraf.

Paragraf Isi

Struktur selanjutnya adalah paragraf isi, yang berisi tentang uraian pernyataan mengenai pembagian pendahuluan. Bagian ini akan membahas mengenai topik dan subtopik. Untuk dapat menulis paragraf isi ini harus memperhatikan beberapa hal diantaranya adalah memberikan gambaran dan ilustrasi tentang topik, menjabarkan kronologis kejadian sebuah kasus yang ditulis, dapat menerjemahkan istilah dalam pendahuluan, membandingkan kasus satu dengan kasus lainnya, menganalisis kasus, menjelaskan mengenai bagaimana cara kerja dan fungsi, serta menggambarkan lebih detail watak orang, tempat dan tindakan seseorang.

Paragraf Penutup

Struktur terakhir dalam esai adalah paragraf penutup dan berisi kesimpulan serta ringkasan dari pokok bahasan yang telah dijelaskan sebelumnya. Bagian penutup ini berisi kesimpulan, saran, serta daftar pustaka.

Langkah-langkah Menulis Essay

Cara menulis essay adalah dengan memperhatikan langkah-langkah penulisannya. Dalam menulis sebuah esai ada tahapan yang perlu diperhatikan antara lain adalah sebagai berikut.

Menentukan Topik

Langkah pertama dalam menulis essay adalah menentukan topik, dengan cara melakukan peninjauan umum serta menganalisis topik yang akan dibahas. Untuk menulis topik khusus, maka harus mempersempit topik umum sehingga didapatkan topik yang spesifik.

Membuat Garis Besar

Setelah menentukan topik, maka yang perlu dilakukan adalah membuat garis besar dan kerangka. Hak yang dapat dilakukan adalah mengidentifikasi apa saja yang ingin ditulis, menentukan sumber serta bagaimana penyampaiannya.

Setelah membuat kerangka tulisan kemudian langkah selanjutnya adalah membuat poin-poin penting yang akan dibahas. Kemudian menentukan sub topik bahasan dan mengembangkan isinya.

Selanjutnya adalah menulis esai dengan kalimat singkat, jelas dan rinci sesuai dengan topik. Esai ditulis dengan singkat namun tetap rinci dan detail. Poin-poin penting harus ditulis dengan jelas.

Perhatikan Gaya Penulisan

Cara menulis essay yang baik adalah dengan memperhatikan gaya penulisan yang menarik perhatian pembaca. Cara menulis esai yang menarik antara lain adalah dengan mulai menulis suatu anekdot atau cerita yang menggambarkan poin utama yang dimaksud. Kedua memulai dengan suatu informasi nyata dan terpercaya, esai harus berisi informasi yang sesuai dengan kenyataan di lapangan.

Bagian akhir esai adalah kesimpulan, yang merupakan bagian dari rangkuman yang menjelaskan poin-poin yang telah dijelaskan dalam bagian sebelumnya.

Lakukan Pemeriksaan Ulang

Supaya menjadi sebuah karya tulis esai yang baik, maka jangan lupa melakukan pemeriksaan ulang. Hal ini untuk mengecek apakah ada kesalahan penulisan seperti typo dan urutan pembahasan yang sudah benar atau tidak. melakukan pemeriksaan ulang sekali lagi juga bertujuan untuk mengecek penulisan serta tata bahasa yang digunakan apakah sudah benar.

 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *