Don't Show Again Yes, I would!

Cara Menyusun LKPD: Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Komponen

Apakah Bapak/Ibu guru sudah mengerti bagaimana cara menyusun LKPD? Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) adalah bagian dari media pembelajaran.

LKPD menjadi salah satu sumber belajar siswa sehingga dalam penyusunan-nya harus sesuai dengan kriteria dan komponen yang digunakan. Untuk mengetahui bagaimana cara menyusun LKPD, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian LKPD

Sebelum mengetahui cara menyusun LKPD, tidak ada salahnya mengetahui pengertian lembar kerja untuk peserta didik ini.

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) adalah bahan ajar yang digunakan oleh guru untuk peserta didik supaya lebih mendalami topik pembelajaran.

Berdasarkan Depdiknas (2008) LKPD merupakan gambaran yang sisinya adalah tugas yang harus dikerjakan oleh siswa, terdiri dari petunjuk, langkah-langkah, dan cara menyelesaikan tugas materi tertentu.

Menurut Adriantoni (2016), LKPD adalah media cetak yang berupa buku, berisi materi visual dan salah satu jenis alat bantu dalam pembelajaran.

LKPD diartikan sebagai perangkat pembelajaran sebagai sarana pendukung pelaksanaan rencana pembelajaran. Lembar siswa dapat berupa lembar kertas yang berisi informasi atau soal-soal yang harus dipahami dan dikerjakan oleh peserta didik.

Sehingga dengan menggunakan LKPD akan meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam belajar serta memperdalam pemahaman terkait topik pelajaran yang dibahas.

Sementara itu, Triyanti (2010) menjelaskan bahwa LKPD adalah panduan peserta didik yang dipakai dalam pengembangan aspek kognitif serta semua aspek pembelajaran dalam bentuk kegiatan menyelidiki serta memecahkan masalah sesuai dengan indikator.

Tujuan LKPD

Pembuatan LKPD memiliki tujuan antara lain adalah sebagai berikut.

  • Meningkatkan pemahaman dan penguasaan materi peserta didik.
  • Memberi kemudahan pada peserta didik untuk memahami dan berpartisipasi dalam kegiatan belajar.
  • Melatih kemandirian peserta didik, dengan dapat belajar sendiri meski tidak di sekolah.
  • Menunjang kegiatan pembelajaran.
  • Sebagai media ajar untuk guru memberikan tugas dengan mudah pada peserta didik.

Fungsi LKPD

LKPD dulunya disebut dengan Lembar Kerja Siswa (LKS), yang biasanya berupa sebuah buku berisi rangkuman materi dan soal-soal sebagai bahan latihan siswa. Namun selain itu terdapat fungsi LKPD yang perlu Bapak/Ibu guru ketahui. Berikut ini adalah fungsi LKDP menurut Andriani (Prastowo 2011=4: 270).

  • Sebagai bahan ajar yang digunakan peserta didik untuk lebih memahami materi yang diberikan.
  • Sebagai bahan ajar yang ringkas berisi rangkuman dan kaya akan tugas agar peserta didik dapat berlatih.
  • Untuk mempermudah peserta didik dalam memahami materi yang diberikan.
  • Mempermudah pelaksanaan pembelajaran oleh guru dalam memberikan tugas.
  • Digunakan untuk petunjuk praktikum.
  • Membantu peserta didik untuk mempelajari dan menemukan konsep materi yang dibahas.

Cara Menyusun LKPD

Seperti namanya LKPD berupa lembaran-lembaran yang berisi materi atau tugas untuk dikerjakan peserta didik. Cara menyusun LKPD yang perlu diketahui oleh peserta didik antara lain adalah sebagai berikut.

Prosedur Penyusunan

Menyusun LKPD harus memperhatikan prosedurnya berikut ini.

  • Tentukan kompetensi dasar, indikator, dan tujuan pembelajaran untuk dimodifikasi ke dalam pembelajaran berbentuk LKPD.
  • Tentukan keterampilan proses dalam kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran.
  • Tentukan kegiatan yang akan dilakukan peserta didik sesuai dengan indikator dan kompetensi serta tujuan pembelajaran.
  • Tentukan alat, bahan serta sumber belajar.
  • Tentukan perolehan hasil sesuai dengan indikator dan tujuan pembelajaran.

Tahapan Membuat LKPD

Terdapat beberapa tahapan dalam membuat LKPD, diantaranya adalah sebagai berikut.

1.Tentukan Tujuan

Hal pertama yang harus dilakukan dalam membuat LKPD adalah menentukan tujuan secara instruksional. Tujuan dilakukan dengan menganalisis tujuan, indikator dan kompetensi pembelajaran.

2.Mengumpulkan Materi

Langkah selanjutnya adalah mengumpulkan materi sesuai dengan kurikulum atau indikator pembelajaran. Materi harus sesuai dengan tujuan instruksional yang telah ditentukan. Selain materi menyusun LKPD juga harus menentukan tugas yang akan diisi dalam alur kerja peserta didik.

3.Menyusun Elemen

Elemen yang harus ditentukan dalam menyusun LKPD adalah materi, tugas, dan latihan yang akn diberikan dalam lembar kerja.

4.Penyempurnaan

Setelah semua langkah dilakukan hal yang harus diterapkan adalah mengecek dan melakukan menyempurnakan. Kegiatan ini diperlukan untuk menetapkan apakah lembar kerja telah sempurna dan jia perlu direvisi akan dibenarkan dahulu.

Komponen LKPD

Setelah mengetahui cara menyusun LKPD, selanjutnya guru perlu mengetahui komponen lembar kerja peserta didik itu apa saja.

Berikut ini adalah beberapa komponen wajib yang harus terdapat dalam LKPD

Informasi

Komponen yang penting dan harus ada dalam LKPD adalah informasi. Karena LKPD memberikan manfaat pada peserta didik supaya dapat mempelajari dan mendalami topik pembelajaran. Sehingga LKPD harus disusun dengan memberikan informasi yang tidak perlu panjang, sehingga mudah dipelajari oleh peserta didik.

Meskipun informasi yang diberikan tidak terlalu panjang tetapi juga harus mencakup semua yang akan dijelaskan dalam proses pembelajaran.

Pernyataan Masalah

Pernyataan masalah merupakan komponen yang ada pada LKPD yang dapat menuntun peserta didik untuk dapat memecahkan dan menemukan strategi yang tepat.

Pernyataan atau Perintah

Komponen penting lainnya dalam LKPD yang harus ada adalah pernyataan atau perintah.

Pernyataan dan perintah yang diberikan biasanya berupa soal-soal latihan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Sehingga peserta didik dapat dengan mudah memahami materi pelajaran.

Demikian adalah penjelasan cara menyusun LKPD yang sesuai dengan standar dan prosedur yang sesuai.

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *