Don't Show Again Yes, I would!

Contoh 8 Jenis Pelatihan Guru yang Wajib Diikuti untuk Tingkatkan Profesionalitas

Untuk menjadi guru yang profesional maka, Bapak/Ibu dituntut harus menguasai standar kompetensi serta menjalankan tugas-tugas sebagai tenaga pendidik dengan baik.

Sebagai salah satu cara meningkatkan ke profesionalitas kerja, guru dapat mengikuti berbagai pelatihan. Pelatihan guru dapat diikuti sebagai upaya meningkatkan dan mengembangkan keterampilan dan kemampuan guru, sehingga dapat menjadi guru yang profesional.

Dengan mengikuti pelatihan guru, juga akan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh seorang tenaga pendidik. Dimana hal tersebut menjadi penting untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Dengan tenaga pendidik yang unggul dan terampil, maka tujuan pendidikan akan semakin mudah dicapai dan dapat menerapkan cara-cara inovatif dalam proses pembelajaran.

Lalu apa saja jenis pelatihan guru yang dapat dikit untuk meningkatkan profesionalitas tenaga pendidik? Simak jenis-jenis dan manfaat pelatihan guru yang dibahas dibawah ini.

Perlukah Mengikuti Pelatihan Guru?

Sebelum mempelajari jenis-jenis pelatihan guru, menurut pendapat Bapak/Ibu calon atau tenaga pendidik sekarang ini perlukah mengikuti pelatihan-pelatihan yang ditujukan pada guru?.

Pelatihan guru adalah sebuah pelatihan atau workshop yang dilakukan oleh tenaga pendidik dengan tujuan supaya dapat memaksimalkan proses pembelajaran serta menjadi guru profesional.

Dengan perkembangan zaman di era digital ini ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang pesat. Yang tentu saja akan berpengaruh dalam dunia pendidikan, untuk dapat bersaing dan mengikuti perkembangan yang pesat tersebut menjadi salah satu tugas tenaga pendidik.

Seorang tenaga pendidik harus dapat cepat beradaptasi dengan perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan serta teknologi. Kemudian menerapkan cara-cara atau inovasi yang lebih efektif dalam proses dan kegiatan pembelajaran, sehingga peserta didik juga dapat bertahan dengan perkembangan sekarang dan yang akan datang.

Untuk dapat mengikuti perkembangan tersebut guru dapat memanfaatkan adanya jenis-jenis pelatihan untuk tenaga pendidik. Karena dengan adanya pelatihan tersebut guru dapat mengembangkan kemampuan mengajar dan segala hal pengelolaan kegiatan pembelajaran.

Jenis-jenis Pelatihan Guru

Terdapat banyak sekali jenis pelatihan guru yang dapat Bapak/Ibu ikuti. Namun duniamu.id telah menyiapkan 10 jenis pelatihan yang penting dan harus diikuti oleh guru.

Apa saja jenis pelatihan guru tersebut? Langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Pelatihan Penggunaan Aplikasi dan Teknologi Pendidikan

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang. Disamping itu aplikasi-aplikasi dan teknologi pendidikan sekarang ini telah banyak sekali beredar.

Serta, dimanfaatkan oleh beberapa guru dan satuan pendidikan, untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Sangat penting untuk guru dapat mengikuti perkembangan teknologi, sehingga dengan mengikuti pelatihan guru jenis ini sangat dibutuhkan di masa depan.

Pelatihan Kepemimpinan

Jenis pelatihan guru yang kedua adalah pelatihan kepemimpinan atau leadership. Guru dapat berperan menjadi pemimpin dalam kelas. Sehingga dengan mengikuti pelatihan ini guru akan mempelajari dan mengembangkan sikap leadership yang berguna dalam proses pembelajaran.

Pelatihan ini akan meningkatkan kualitas guru sebagai pemimpin sehingga kualitas pendidikan juga akan meningkat. Guru juga dapat mengajari peserta didik untuk mengembangkan sikap kepemimpinan.

Pelatihan Pengembangan Kurikulum

Pelatihan guru tentang pengembangan kurikulum sangat diperlukan, apalagi dengan adanya Kurikulum Merdeka Belajar sekarang ini. Guru dituntut untuk dapat menentukan langkah-langkah pencapaian tujuan pembelajaran.

Dengan adanya kemampuan mengembangkan kurikulum yang baik, maka kualitas pembelajaran juga akan meningkat. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan guru dalam mengembangkan kurikulum sesuai dengan tujuan pendidikan sekarang. Kemampuan tersebut dapat Bapak/Ibu guru dapatkan dengan mengikuti jenis pelatihan guru ini.

Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran dan Pengembangannya

Media pembelajaran menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan penyampaian materi kepada peserta didik. Dengan media pembelajaran yang menarik kreatif dan inovatif akan semakin mudah dipelajari peserta didik. Sehingga informasi yang akan disampaikan guru kepada peserta didik dapat tersalurkan dengan baik dan diterima oleh peserta didik.

Oleh karena itu pelatihan guru tentang pembuatan media pembelajaran perlu diikuti oleh Bapak/Ibu guru. Workshop pembuatan media interaktif dan pengembangan modul adalah beberapa latihan yang dapat diikuti.

Pelatihan Kewirausahaan

Kewirausahaan kini bukan hanya diterapkan pada pembelajaran pada tingkat SMK /SMA, tetapi juga telah diajarkan pada jenjang SD, SMP. Semangat dan jiwa kewirausahaan telah banyak ditanamkan pada peserta didik lewat beberapa materi dan kegiatan pembelajaran.

Pelatihan guru tentang kewirausahaan dapat Bapak/Ibu guru ikuti untuk mengembangkankemampuan wirausaha. Yang ilmu-ilmunya dapat ditularkan pada peserta didik.

Public Speaking

Guru harus memiliki kemampuan public speaking yang baik, agar dapat menyampaikan materi pelajaran pada peserta didik. Sehingga guru juga dituntut untuk memiliki keterampilan public speaking yang baik. Bagi Bapak/Ibu guru dapat mengikuti pelatihan guru tentang public spekaing untuk meningkatkan dan mengembangkan kompetensi komunikasi guru.

Dengan kemampuan public speaking yang bagus maka Bapak.Ibu guru dapat membangkitkan semangat belajar peserta didik. Peserta didik juga akan nyaman selama proses pembelajaran, kemampuan ini juga diperlukan guru dalam memberikan contoh-contoh serta menerangkan sebuah materi menjadi lebih ekspresif.

Pelatihan Strategi Pengelolaan Kelas

Seorang guru harus dapat mengelola kelas dengan baik agar kegiatan pembelajaran berlangsung kondusif. Sehingga disarankan guru mengikuti pelatihan guru tentang strategi pengelolaan kelas. Untuk dapat membuat kelas kondusif dan nyaman dibutuhkan keterampilan dan kemampuan yang baik dari guru.

Pelatihan Ice Breaking Pembelajaran

Ice breaking adalah salah satu cara untuk mencairkan suasana kelas, sehingga menjadikan peserta didik lebih semangat. Kemampuan ice breaking diperlukan untuk guru karena untuk melakukan hal ini dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan yang kreatif.

Itulah contoh jenis-jenis pelatihan guru yang dapat diikuti oleh Bapak.Ibu guru yang berguna untuk meningkatkan profesionalitas kerja, mengembangkan potensi dan meningkatkan kualitas pembelajaran.

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *