Don't Show Again Yes, I would!

Contoh Ide Karya Inovasi PPG Daljab Tahun 2023

Bagi Anda yang saat ini mempersiapkan mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) sudahkah menemukan ide karya inovasi? Berikut ini duniamu.id akan membagikan beberapa ide karya inovasi PPG tahun 2023.

Karya inovasi adalah karya yang dihasilkan dari pengembangan, modifikasi dan penemuan baru terkait dengan proses pembelajaran yang dilakukan di kelas.

Terdapat banyak sekali ide karya inovasi PPG yang dapat Anda lakukan selama mengikuti program profesi guru ini.

Ide Karya Inovasi PPG

Pentingnya karya inovasi merupakan salah satu komponen penting dalam portofolio Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) Dalam Jabatan (Daljab) Tahun 2023.

Sebuah karya inovasi haruslah sesuatu yang inovatif dan baru berasal dari pemikiran peserta program PPG ini.

Terdapat banyak sekali ide karya inovasi PPG tahun 2023 yang dapat Anda pilih. Mulai dari pembuatan alat peraga, modul pembelajaran, media pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, e-learning, game edukasi, hingga karya seni pembelajaran.

Membuat Alat Peraga

Ide karya inovasi PPG, guru dapat membuat inovasi alat peraga pembelajaran yang dapat digunakan selama proses pembelajaran.

Alat peraga merupakan bagian dari media pembelajaran yang digunakan untuk membantu peserta didik memahami materi pelajaran.

Peserta PPG dapat membuat inovasi alat peraga pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa. Sehingga diharapkan dengan alat peraga tersebut pembelajaran menjadi lebih efektif.

Misal guru dapat membuat trainer pembelajaran, mock up, atau memanfaatkan teknologi Augmented reality dalam pembelajaran.

Media Pembelajaran

Media pembelajaran merupakan komponen  yang penting karena digunakan untuk sarana penyampaian materi pelajaran.

Ide karya inovatif PPG dapat menggunakan media pembelajaran yang menarik dan efektif digunakan di kelas.

Contoh media pembelajaran kreatif yang dapat digunakan adalah media online atau e learning. Penggunaan media pembelajaran interaktif juga menjadi salah satu ide yang dapat Anda gunakan.

Media pembelajaran yang cukup sering digunakan misalnya adalah media ajar berupa video atau menggunakan PPT.

Modul Pembelajaran

Ide karya inovatif selanjutnya adalah membuat modul pembelajaran sesuai dengan materi pelajaran. Modul pembelajaran adalah jenis bahan ajar yang dapat membantu peserta didik untuk belajar mandiri.

Anda dapat membuat sebuah modul pembelajaran yang inovatif dan dapat meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar.

Modul pembelajaran yang inovatif dapat dibuat dengan prinsip model pembelajaran proyek. Model pembelajaran dapat dibuat untuk berbagai mata pelajaran.

Strategi Pembelajaran

Ide karya inovasi PPG selanjutnya adalah penerapan strategi pembelajaran yang tepat untuk peserta didik dan juga topik pelajaran.

Strategi pembelajaran merupakan metode yang digunakan dalam upaya meningkatkan pemahaman serta hasil belajar peserta didik.

Terdapat banyak sekali jenis strategi pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru. Misal strategi pembelajaran yang sekarang ini banyak digunakan adalah strategi pembelajaran berbasis masalah, strategi pembelajaran berbasis proyek, dan strategi pembelajaran diskusi.

Misal pada pelajaran Seni, Anda dapat menerapkan strategi pembelajaran yang berbasis proyek. Sehingga selain belajar peserta didik juga menghasilkan karya.

Misal “Penerapan Strategi Pembelajaran Group Discussion untuk Meningkatkan Penguasaan Materi IPS Topik Masa Praaksara di Indonesia”.

Metode Pembelajaran

Menerapkan metode pembelajaran harus sesuai disesuaikan dengan pelajaran dna karakteristik peserta didik. Beberapa contoh metode pembelajaran adalah tanya jawab, seminar, peragaan, praktikum, simulasi, tugas kelompok dan lain sebagainya.

Misal “Metode Praktikum dalam Mata Pelajaran Biologi Mengenal Sel Tumbuhan”.

Berbagai jenis metode pembelajaran yang inovatif dan interaktif dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman dan hasil pembelajaran.

E Learning

Seperti namanya e learning merupakan proses pembelajaran yang memanfaatkan media elektronik seperti internet.

Penggunaan e learning ini dapat digunakan sebagai pembuatan ide karya inovatif PPG.

E learning memanfaatkan media digital dalam penyampaian materi, selain itu terdapat pula e learning yang merupakan media pembelajaran interaktif.

Game Edukasi

Membuat game edukatif menjadi ide karya inovatif PPG yang seru dan menyenangkan. Namun, penggunaan game edukasi ini dapat meningkatkan motivasi pembelajaran untuk belajar.

Menggunakan permainan sebagai strategi pembelajaran telah dikenal dapat membuat suasana kelas menyenangkan, sehingga peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran.

Karya Seni

Membuat karya seni umumnya dilakukan dalam jurusan yang berhubungan dengan seni, seperti desain, karya seni murni atau karya seni inovatif yang mengkombinasikan seni tradisional dan modern.

 

 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *