Don't Show Again Yes, I would!

Link Download File Contoh Laporan Guru Piket Sebagai Bukti Dukung RHK Guru Sesuai PMM

DUNIAMU.ID – Bagi seluruh tenaga pendidik di Indonesia tentunya sedang sibuk mempersiapkan diri melengkapi laporan Rencana Hasil Kerja pada Platform Merdeka Mengajar. Salah satunya yang mendapatkan tugas adalah membuat Laporan Guru Piket yang harus diupload sebagai bukti RHK. Seperti apa Contoh Laporan Guru Piket Sebagai Bukti Dukung RHK Guru Sesuai PMM?

Harus diakui guru piket memiliki peran penting dalam pengawasan kegiatan di sekolahan. Tanggung Jawabnya meliputi menutup gerbang sesuai jadwal, membantu proses belajar mengajar, memberikan teguran dan peringatan serta mencatat pelanggaran yang terjadi.

Kegiatan paket pada umumnya dilaksanakan pada awal hingga akhir pembelajaran dan selama istirahat. Cara ini cukup signifikan dalam menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan sekolah serta bis menjamin kelancaran proses belajar di sekolahan.

Laporan guru piket memiliki beberapa kegunaan, pertama sebagai bukti dukung kinerja guru an sebagai alat evaluasi efektif yang bisa memastikan kinerja dan kualitas pengajaran yang lebih optimal. Selain itu laporan bisa juga menjadi sarana komunikasi antar guru piket, pihak sekolah, orang tua dan juga pihak lainnya.

Kegiatan yang dilakukan selama piket berlangsung haruslah dijelaskan secara rinci. Misalnya saja pemeliharaan keamanan, ketertiban dan kebersihan serta penanganan absensi siswa.

Hasilnya harus dicatat dengan detail termasuk jumlah sisa yang hadir dan tidak hadir, pencatatan kejadian atau masalah selama piket serta tindakan yang diambil untuk menanganinya.

Nah selanjutnya kendala ini harus diidentifikasi dan dicarikan solusi konkret untuk menyelesaikannya.

Laporan juga harus memuat saran dan rekomendasi dari guru piket dan langkah yang harus diambil terkait kasus yang dihadapi selama piket.

Informasi-informasi ini harus jelas dan detail karena menjadi bukti kinerja yang solusi dan jadi bahan evaluasi bagi seluruh pihak yang ada dalam sekolahan.

Seperti apa contoh format laporan guru piket tersebut? Berikut ini informasinya untuk anda

Contoh Laporan Guru Piket Sebagai Bukti Dukung RHK

Contoh Laporan Guru Piket Sebagai Bukti Dukung RHK Guru Sesuai PMM

Berikut adalah contoh format laporan guru piket yang  bisa dijadikan referensi untuk membuat laporan. Tentunya contoh format ini sudah sesuai dengan persyaratan PMM:

1. IDENTITAS

Pertama yang harus ada adalah identitas dari laporan tersebut. Dalam kolom identitas haruslah tersedia nama sekolah atau instansi terkait, nama guru piket yang melakukan piket dan juga haris serta tanggal piket tersebut.

2. PENDAHULUAN

Selanjutnya perlu disertakan dan di rincian tentang latar belakang kenapa harus melakukan piket, apakah ada rekomendasi atau undang-undang yang mengejarnya atau tidak.

Cantumkan pula tujuan dari kegiatan piket tersebut. Apa tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan tersebut.

3. KEGIATAN

Ini merupakan bagian inti dari kegiatan yang berisikan hal-hal yang penting. Seperti deskripsi kegiatan, waktu dan pelaksanaan kegiatan (hari dan tanggal), tempat pelaksanaan (instansi atau satuan pendidikan), jumlah siswa secara keseluruhan serta hasil yang dicapai dari kegiatan tersebut apa saja.

Pendidik bisa menuliskan apa saja kegiatan yang terjadi pada hari tersebut seperti berapa siswa yang izin, apa saja kelas yang kosong dan mengapa guru tidak mengajar, serta alasan mengapa ada anak yang terlambat.

4. EVALUASI

Dari kegiatan yang sudah terlaksanakan dan dijabarkan secara detail, maka langkah selanjutnya adalah melakukan evaluasi. Nah evaluasi kegiatan ini meliputi kendala yang dihadapi selama piket, upaya yang dilakukan untuk menghadapi hal tersebut serta saran dan rekomendasi yang akan dilakukan.

5. LAMPIRAN

Lampiran adalah bagian terakhir dalam laporan ini berisikan foto kegiatan dan bukti dukung lainnya. Nah guru piket harus sikap untuk selalu mengambil foto kegiatan piket karena harus dimasukkan dalam lampiran.

Itulah Contoh Laporan Guru Piket Sebagai Bukti Dukung RHK Guru Sesuai PMM yang bisa dijadikan referensi dalam membuat laporan piket kedepannya. Contoh Laporan Guru Piket Sebagai Bukti Dukung RHK Guru Sesuai PMM tadi diharapkan bisa memberikan gambaran bagaimana membuat laporan yang sesuai dengan PMM kedepannya.

Tentunya format laporan yang sudah disebutkan ini bisa disesuaikan dengan pedoman atau kebijakan yang ada di setiap sekolah. Karena setiap sekolah memiliki kebijakan yang berbeda.

Jangan lupa guru piket harus menyertakan informasi yang relevan dalam laporan dan bukti dukung yang cukup sehingga memperkuat laporan tersebut. Contoh Laporan Guru Piket Sebagai Bukti Dukung RHK Guru Sesuai PMM sangat penting karena  menjadi alat evaluasi kegiatan pembajatan yang kuat serta membantu memastikan kinerja dan kualitas pembelajaran yang ada dalam satuan pendidikan.

Guru piket harus membuat Contoh Laporan Guru Piket Sebagai Bukti Dukung RHK Guru Sesuai PMM yang komprehensif dan informatif sehingga setiap warga sekolah bisa membacanya demi kelancaran kegiatan belajar mengajar di sekolahan.

Ingin tahu Contoh Laporan Guru Piket Sebagai Bukti Dukung RHK Guru Sesuai PMM yang sesungguhnya? Anda bisa mendownloadnya langsung Dibawah ini.

Link Download Contoh Laporan Guru Piket Sebagai Bukti Dukung RHK Guru Sesuai PMM KLIK DISINI !!!

 

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *