Don't Show Again Yes, I would!

Contoh Soal Wawancara PPPK Guru 2023 Beserta dengan Alternatif Jawaban

Halo sobat duniamu.id, kali ini kita akan belajar tentang contoh-contoh soal wawancara PPPK Guru 2023 beserta dengan alternatif jawabannya.

Contoh soal wawancara PPPK Guru 2023 dalam artikel ini bertujuan agar dapat digunakan sebagai bahan belajar oleh peserta.

Hasil seleksi tes administrasi PPPK Guru 2023 sebelumnya telah diumumkan pada 15-18 Oktober lalu.

Peserta yang telah dinyatakan lulus akan mempersiapkan diri untuk tahapan selanjutnya yaitu mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang akan dilakukan pada 10 November-4 Desember mendatang.

Sedangkan tes wawancara PPPK Guru 2023 akan dilakukan setelah peserta dinyatakan lolos dalam tes SKD.

Oleh karena itu, bagi kamu pelamar PPPK jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan baik, salah satunya adalah mempelajari contoh soal wawancara PPPK Guru 2023.

Contoh Pernyataan dan Jawaban Tes Wawancara PPPK Guru 2023

Terdapat 4 materi yang perlu kamu kuasai untuk mengikuti seleksi PPPK 2023. Keempat materi tersebut dijabarkan dalam kompetensi yaitu kompetensi teknis, manajerial, sosial, kultural dan wawancara.

Dalam materi wawancara PPPK Guru 2023, digunakan untuk menilai kemampuan peserta yang berkaitan dengan teknik, manajerial, sosial kultural, integritas, dan moralitas.

Untuk menjawab pertanyaan pada tes wawancara PPPK Guru 2023, kamu harus memberikan jawaban dengan tepat. Karena hal ini akan mempengaruhi apakah kamu dapat lolos tes ini atau tidak.

Nah, untuk mempelajari bagaimana contoh soal pertanyaan wawancara PPPK Guru 2023 kamu dapat menyimak dalam ulasan kali ini.

Berikut ini adalah soal dan alternatif jawaban wawancara PPPK Guru 2023.

Soal 1 Apa yang menjadi motivasi Anda untuk menjadi seorang guru?

Alternatif Jawaban:

Motivasi saya untuk menjadi guru adalah karena saya ingin memiliki kesempatan dalam berkontribusi pada negara dan masyarakat. Saya juga ingin membantu memajukan pendidikan di Indonesia serta membantu mencerdaskan generasi muda dalam memajukan bangsa.

Soal 2 Apa yang memotivasi Anda untuk mengikuti seleksi PPPK?

Alternatif Jawaban:

Motivasi saya untuk mengikuti PPPK adalah agar dapat berkontribusi pada negara dan masyarakat untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Saya ingin memberikan pelayanan maksimal di lingkungan pendidikan, sehingga dapat membantu menciptakan pendidikan yang berkualitas. Selain itu, saya juga ingin menjadi pegawai yang profesional dan meningkatkan kemampuan serta keterampilan sebagai guru.

Soal 3 Jika Anda diangkat menjadi pegawai PPPK, apakah Anda bersedia untuk ditempatkan ke seluruh wilayah Indonesia. Ungkapkan alasan Anda.

Alternatif Jawaban:

Saya bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Indonesia. Karena ditempatkan dimana saja, saya dapat menjadi bagian dari masyarakat Indonesia yang memiliki cita-cita untuk ikut serta dalam memajukan pendidikan. Jadi, saya tidak membeda-bedakan tempat kerja, dimanapun saya bekerja saya akan tetap profesional, mengingat hal tersebut memang sudah menjadi resiko yang akan saya lalui.

Soal 4 Bagaimana pendapat Anda tentang profesionalisme ASN)

Alternatif jawaban:

Menurut saya ASN yang profesional adalah mereka yang mumpuni dalam jabatan yang meliputi berbagai keterampilan manajerial, teknis, maupun sosial. ASN profesional adalah yang dapat melayani publik dengan profesional, memiliki berbagai kemampuan seperti komunikatif efektif, kemampuan pengambilan keputusan serta dapat menjalankan tugas dengan baik.

Soal 5 Bagaimana pendapat Anda tentang Guru Profesional?

Alternatif jawaban:

Menurut saya guru profesional adalah yang mempunyai empat kompetensi yaitu secara pedagogik, kompetensi profesional, kepribadian, dan kompetensi sosial.

Pedagogik adalah kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran. Kepribadian adalah karakter personel yang ditunjukkan dalam sifat positif guru. Profesional adalah kemampuan guru menyelesaikan tugasnya. Dan secara sosial adalah kemampuan guru berkomunikasi dan berinteraksi.

Soal 6 Apa yang Anda ketahui tentang pengajar dan pendidik, dan bagian perbedaanya?

Alternatif Jawaban:

Pengajar adalah orang yang mengajarkan sebuah ilmu pengetahuan pada peserta didik yang membuat peserta memahami sesuatu. Pendidik adalah orang yang dapat membimbing peserta didik menjadi karakter yang lebih baik.

Sehingga perbedaanya dapat dilihat dari hasil jika pengusaha maka guru harus bertanggung jawab dalam bidang akademis peserta didik, membuat peserta didik dapat memahami sebuah ilmu pengetahuan. Sedangkan pendidik maka guru tidak hanya mengajar tetapi juga harus dapat mengubah perilaku serta karakter peserta didik menjadi lebih baik lagi, yang ditunjukkan dalam sikap positif.

Soal 7 Bagaimana sikap Anda saat hasil pekerjaan Anda dikritik oleh kepala sekolah?

Alternatif jawaban:

Saya akan menerima kritikan tersebut sebagai bahan pengembangan keprofesionaltaisan saya, jika kritik yang disampaikan membangun maka hal itu akan membantu saya menjadi lebih baik lagi dan dapat saya jadikan sebagai evaluasi diri terhadap kinerja saya.

Soal 8 Jelaskan apa motivasi Anda untuk menjadi seorang guru?

Alternatif jawaban:

Menjadi guru merupakan sebuah cita-cita  gia saya yang ingin ikut serta dalam mengabdi pada negara dan bangsa. Dengan menjadi guru saya dapat membantu mencerdaskan generasi muda yang kelak akan menjadi pemimpin-pemimpin bangsa.

Soal 9 Jika saya menjadi guru Anda diminta menggantikan guru lain yang sedang sakit untuk menjadi koordinator panitia dalam kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI di sekolah, bagaimana respon Anda?

Alternatif jawaban:

Saya akan mengambil kesempatan tersebut dengan senang hari, karena dapat terlibat dalam acara HUT Kemerdekaan. Tentu saja saya akan melakukan dengan sebaik mungkin dan mematikan supaya acara berjalan dengan lancar.

Soal 10 Bagaimana dapat Anda tentang Pancasila?

Alternatif jawaban:

Menurut saya, Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang menjadi ideologi bangsa.sehingga seluruh pelaksanaan dan penyelenggaraan negara Indonesia harus sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Selain itu, sebagai bangsa Indonesia maka nilai-nilai Pancasila harus diamalkan dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat karena Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa.

Soal 11 Bagaimana pendapat Anda tentang Pancasila sebagai dasar negara?

Alternatif jawaban:

Pancasila sebagai dasar negara Indonesia berarti Pancasila merupakan hukum tertinggi, dimana semau pelaksanaan dan penyelenggaraan pemerintahan harus sesuai dengan nilai Pancasila.

Demikian adalah soal pertanyaan tes wawancara PPPK Guru 2023. Selamat belajar dan semoga dapat membantu Anda dalam mempersiapkan diri menghadapi seleksi PPPK. awancara

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *