Don't Show Again Yes, I would!

Contoh Teks Deskripsi Singkat dan Mudah

Ada berbagai jenis contoh teks deskripsi yang dapat dijadikan ide dan inspirasi dalam membuat jenis teks satu ini. Teks deskripsi adalah sebuah tulisan yang menggambarkan sebuah objek atau peristiwa secara rinci. Sehingga pembaca merasa mengalami, merasakan dan memahami isi tulisan tersebut.

Jika kamu kesulitan menentukan objek dalam membuat jenis teks ini, kamu dapat menjadikan beberapa contoh teks deskripsi dalam ulasan berikut ini sebagai contoh.

Struktur Teks Deskripsi

Sebelum memahami beberapa contoh teks deskripsi dalam ulasan kali ini, kamu harus mengetahui strukturnya.

Jenis teks deskripsi dapat dibuat sesuai dengan strukturnya. Teks deskripsi ditulis berdasarkan beberapa tahap.

Simak struktur teks deskripsi berikut ini.

Judul, digunakan sebagai daya tarik supaya memancing keinginan pembaca untuk membaca teks deskripsi.

Identifikasi, bagian awal dari teks deskripsi yang menggambarkan pengenalan sebuah objek, lokasi, nama yang berupa gambaran umum.

Klasifikasi, ditulis dengan kalimat yang urut dan sistematis yang dapat memudahkan pembaca.

Deskripsi, menggambarkan objek secara rinci mencakup ciri-ciri, karakteristik, dan jenis-jenisnya.

Kesimpulan, berisi hal penting dalam tulisan, berisi penegasan kembali dari pokok bacaan dalam teks deskripsi.

Contoh Teks Deskripsi Singkat

Contoh teks deskripsi 1

Keindahan Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan salah satu pantai terkenal yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Kelurahan Parangtritis. Dari Yogyakarta pantai ini berjarak sekitar 27 km arah Selatan.

Pantai Parangtritis adalah salah satu objek wisata yang terkenal di Yogyakarta, karena keunikan pemandangan yang terdapat pada objek wisata ini. Parangtritis menyajikan pemandangan yang mempesona, karena terdapat gurun pasir di sekitarnya.

Gunung-gunung pasir tersebut disebut dengan gumuk. Lagu, pasir pantai Parangtritis juga sangat lembut, sehingga cocok untuk bermain..

Dengan warna air biru jernih menambah keindahan Pantai Parangtritis. Tidak hanya indah di siang dna pagi hari, tetapi Pantai Parangtritis juga memancarkan keindahan saat sore hari. Dari atas bukit kecil yang berada di kawasan pantai, kita dapat menikmati pemandangan sunset yang indah dengan hembusan angin yang menyejukkan.

Selain keindahan, Pantai Parangtritis juga ,menyediakan berbagai aktivitas seperti motor ATV, kereta kuda, dan kuda yang dapat disewa dan dinaiki untuk menyusuri pantai.

Objek wisata yang dikelola oleh Pihak Pemkab Bantul ini dikelola dengan sangat baik. pantai ini tidak pernah sepi pengunjung. Kita dapat menyaksikan kerumunan orang dari anak-anak hingga dewasa menikmati keindahan Pantai parangtritis.

Contoh teks deskripsi 2

Kucingku, Snowy

Kucingku bernama Snowy. Aku menamainya Snowy karena warna bulunya yang putih bersih seperti salju. Snowy sangat suka bermain, tingkahnya selalu membuatku tertawa.

Kucing Snowy mempunyai mata bulat seperti kelereng berwarna biru. Matanya sangat jernih dan menyejukkan saat dipandang. Bibirnya yang mungil dengan telinga kecil serta ekornya yang panjang menambah kelucuan dan keimutan Snowy.

Hampir setiap hari aku bermain dengan Snowy. Dia selalu menunggu didepan pintu saat aku tidak dirumah. Jika waktu makan tiba, Snowy  akan berputar-putar di sekitar kakiku.dia juga akan mengeluarkan suara lucunya seakan memanggil-manggil. Kemanjaan dan kelucuannya tersebut selalu membuatku rindu.

Selaian kelucuannya, kucingku juga sangat pintar. Dia dapat duduk dengan manis saat ku beri aba=aba “duduk”. Snowy juga pandai bermain lempar bola. Saat aku melemparkan bola, dia akan berlari menuju bola dan mengambilnya. Kemudian mengembalikan bola kepadaku, untuk dilemparkan lagi.

Snowy sudah seperti keluarga bagiku, aku sangat menyayanginya karena dia lucu dan menggemaskan.

Contoh teks deskripsi 3

Lidah Buaya

Aloe vera atau lidah buaya teah terkenal berabad-abad sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat. Lidah buaya diprediksi berasal dari kepulauan Canary yang berada di sebelah Barat Afrika. Lidah buaya juga tercatat dalam Egyptian Book of remedies sebagai obat dan kosmetika bahkan sejak berabad-abad lalu.

Terdapat 3 jenis lidah buaya yang sering dikomersilka yakni Curacao aloe, Cape aloe, dan Socotrine aloe. Lidah buaya termasuk dalam suku Liliaceae yang terkenal sebagai tanaman yang tahan di wilayah panas.

Oleh karena itu, tanaman lidah buaya dapat ditemukan di daerah kering Afrika, Asia dan Amerika. Lidah buaya dapat bertahan dari musim kemarau karena daunnya yang dapat menyimpan cadangan air. Serta jenis tanaman ini termasuk dalam Crassulacean Acid Metabolisme, dimana memiliki sifat tahan kekeringan. Saat kondisi gelap stomata akan terbuka, stomata daunnya yang ber memiliki duri duri. Sehingga uap air dapat masuk, dikarenakan udara dingin uap air akan berbentuk embun. Hal ini membuat lidah buaya memiliki penguapan yang baik dan mencegah dari kehilangan air banyak.

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *