Don't Show Again Yes, I would!

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Fenomena Alam

Berikut ini akan disajikan beberapa contoh teks eksplanasi dalam berbagai topik. Teks eksplanasi adalah teks yang isinya menjelaskan sebuah peristiwa dan fenomena.

Teks eksplanasi dapat ditemukan dalam berbagai jenis bacaan, karena dalam  teks ini menggambarkan berbagai fenomena dan peristiwa, seperti peristiwa hujan, gempa bumi atau banjir.

Teks eksplanasi juga menjelaskan tentang berbagai jenis masalah sosial dan budaya, jadi kamu dapat menemukan contoh teks eksplanasi dalam beberapa bacaan, seperti artikel, buku pelajaran dan berita.

Struktur Teks Eksplanasi

Sebelum menulis berbagai jenis contoh teks eksplanasi kamu harus mempelajari terlebih dahulu strukturnya.

Contoh teks eksplanasi dapat dibuat dengan memperhatikan strukturnya berikut ini.

Identifikasi

Struktur teks eksplanasi yang pertama adalah identifikasi peristiwa, bagian ini berisi gambaran umum mengenai fenomena serta peristiwa yang akan dijelaskan dalam bagian selanjutnya.

Rangkaian Kejadian

Dalam bagian ini dijelaskan rangkaian kejadian secara jelas dan detail, seperti penyebab, akibat, dan deskripsi lengkapnya. Rangkaian kejadian berisi deretan penjelas yang digunakan untuk mendukung peristiwa utama dalam bagian sebelumnya.

Interpretasi

Struktur teks eksplanasi bagian ini berisi ulasan kesimpulan yang dibuat oleh penulis, bagian ini juga berisi tentang tanggapan-tanggapan penulis tentang peristiwa yang diceritakan.

Contoh Teks Eksplanasi

Contoh Teks Eksplanasi 1 Banjir

Banjir adalah salah satu bencana alam yang sering menimpa kawasan di Indonesia. banjir dapat menyebabkan banyak kerusakan bahkan dapat menyebabkan kematian. Banjir biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti curah hujan yang tinggi, volume air yang naik, sumber air yang meluap, serta beberapa aktivitas manusia yang merugikan. Aktivitas tersebut seperti penebangan hutan, membuang sampah di sungai dan sumber air, dan perubahan tata guna hutan,

Faktor penyebab banjir yang sering terjadi adalah perubahan tata guna lahan,. Hal tersebut dikarenakan karena adanya erosi yang akan menyebabkan sedimentasi di sungai. Selain itu, daya tampung sungai juga berkurang sehingga terjadilah banjir. Perubahan tata guna lahan, adalah ketika suatu kawasan hutan diubah menjadi kawasan lain seperti permukiman, atau lahan perkebunan. Ketika kawasan hutan diubah fungsinya akan menyebabkan resistensi aliran permukaan menjadi kecil. Saat terjadi aliran permukaan tanah menuju sungai, akan menyebabkan peningkatan debit aliran sungai yang semakin besar.

Ketika suatu hutan yang berada pada aliran sungai diubah menjadi pemukiman, maka debit puncak sungai akan meningkat berkali kali lipat. Pembangunan kota yang diikuti pembangunan jalan-jalan, akan mengurangi daerah resapan. Saat hutan kehilangan resapan, saat terjadi intensitas hujan yang tinggi maka air tidak akan dapat meresap dengan baik,sehingga terjadi banjir.

Terjadinya banjir ini akan berdampak negatif pada manusia, banyak ha buruk yang akan terjadi. dampak banjir pada manusia akan membuat bangunan dan rumah menjadi rusak. Selain itu dampak banjir juga menyebabkan kerugian ekonomi, karena menyebabkan kerusakan dan gangguan aktivitas ekonomi. Banjir juga dapat merusak ekosistem sungai maupun daerah pesisiran. Banjir juga dapat membuat manusia kekurangan air bersih karena air yang tercemar akibat banjir.

Faktor utama terjadinya banjir adalah adanya perubahan tata guna lahan, menjadi permukiman. Hal tersebut dikarenakan pembangunan membuat hilangnya resapan tanah, sehingga saat terjadi kenaikan volume air terjadi banjir. Bencana banjir berdampak negatif untuk manusia karena menyebabkan berbagai kerusakan baik ekonomi maupun sosial. Oleh karena itu, pembangunan di daerah hutan harus diperhatikan, jangan sampai menghilangkan resapan air.

Contoh Teks Eksplanasi 2

Gerhana Bulan

Salah satu fenomena alam yang sering dijumpai adalah gerhana bulan. Secara sederhana gerhana bulan adalah fenomena yang terjadi saat posisi bumi berada di antara matahari dan bulan.

Bulan mengitari bumi, sedangkan bumi mengitari matahari. Saat ditarik garis lurus dan posisi bumi di tengah matahari dan bulan, maka bumi akan menutup cahaya matahari ke bulan. Gerhana bulan adalah saat bayangan bumi telah menutupi bulan.

Bulan tidak dapat memancarkan cahaya sendiri, lalu mengapa bulan bersinar di malam hari?. Sinar bulan tersebut merupakan pantulan sinar matahari. Saat terjadi gerhana bulan, bayangan bumi jatuh d permukaan bulan . fenomena alam ini dapat dilihat di bumi dengan mata telanjang.

Saat matahari, bumi dan bulan berada pada garis lurus membuat bumi menutupi sinar matahari sehingga terjadi gerhana bulan. Hal ini dikarenakan bayangan bumi jatuh ke permukaan bulan bukan sinar matahari.

Contoh Teks Eksplanasi 3 Pelangi

Pelangi adalah salah satu fenomena optik yang membuat terbentuknya cahaya dengan berbagai warna. Pelangi biasanya terjadi saat hujan ringan, yang dapat dilihat di cakrawala.

Pelangi terjadi karena adanya proses pembiasan. Matahari akan membiaskan sinarnya melalui tetesan air, yang kemudian menghasilkan warna-warna indah. Cahaya akan berbeda dari satu medium udara ke medium air.pelangi dapat memiliki berbagai warna karena cahaya dibelokkan ke sudut yang berbeda-beda. Sehingga memantul warna yang indah dan berwarna-warni.

Proses terjadinya pelangi secara umum terjadi dari beberapa tahap. Yang pertama adalah proses refleksi yaitu ketika butiran air diasumsikan seperti cermin. Ketika cermin air tersebut mendapat sinar matahari akan merefleksikan cahaya. Selanjutnya dispersi yaitu ketika sinar matahari akan mengalami penguraian cahaya sehingga warna putih matahari yang terdiri dari spektrum warna, memiliki panjang gelombang sendiri akan terurai membentuk warna pelangi. Kemudian reflasi adalah proses pembiasan cahaya matahari dan memantul ke berbagai arah berbeda.

Fenomena pelangi terjadi ketika sinar matahari mengenai bulir-bulir air, yang kemudian mengalami pembiasan dan dipantulkan ke berbagai arah. Pemantulan cahaya akan menghasilkan berbagai warna pelangi, karena arah pemantulan yang berbeda.

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *