Don't Show Again Yes, I would!

Evaluasi Diri Sekolah (EDS): Pengertian, Manfaat dan Tahapannya

Ingin memulai melakukan tahapan Evaluasi Diri Sekolah (EDS)? Ayo simak informasi lengkapnya.

Evaluasi Diri Sekolah merupakan istilah yang sudah tidak asing khususnya bagi tenaga pendidik. EDS merupakan penilaian yang dilakukan secara internal untuk melihat dan menilai apakah satuan pendidikan sudah sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Nah, dalam melakukan Evaluasi Diri Sekolah terdapat tahapan yang dilakukan, selain itu EDS juga memiliki beberapa manfaat yang akan dijelaskan dalam ulasan berikut ini.

Pengertian Evaluasi Diri Sekolah

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa Evaluasi Diri Sekolah adalah sebuah penilaian secara internal untuk menentukan apakah sekolah telah sesuai dengan SNP dan SPM.

Setiap sekolah di Indonesia harus melakukan Evaluasi Diri Sekolah, yang merupakan tanggung jawab kepala sekolah dan dilakukan oleh Tim Pengembang Sekolah, yang terdiri dari kepala sekolah, guru, komite sekolah, orang tua peserta didik serta pengawas. Proses pelaksanaan EDS biasanya juga melibatkan tokoh masyarakat atau tokoh agama setempat.

Hasil dari laporan EDS ini nantinya akan menjadi dasar untuk menyusun Rencana Pengembangan Sekolah (RPS). Penyusuna tersebut adalah salah satu upaya untuk dapat meningkatkan kinerja sekolah.

Selain itu, laporan dari Evaluasi Diri Sekolah juga digunakan oleh pengawas sebagai salah satu kepentingan pemantauan sekolah oleh Pemerintah Daerah. Laporan EDS tersebut kemudian akan dikirim ke Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota yang digunakan sebagai penyusun perencanaan pendidikan di tingkat Kabupaten/Kota.

Tujuan Evaluasi Diri Sekolah

Evaluasi Diri Sekolah Disajikan dalam bentuk laporan, pelaksanaan EDS ini memiliki beberapa tujuan bagi sekolah dan pendidikan Indonesia, antara lain adalah sebagai berikut.

  • Untuk menilai kinerja sekolah yang sesuai dengan SPM dan SNP.
  • Sebagai pedoman penyusunan dan masukan pada Rencana Pengembangan Sekolah (RPS).
  • Untuk meningkatkan kinerja sekolah dengan melihat hasil evaluasi EDS.
  • Supaya sekolah mengetahui tahapan pengembangan dalam mencapai SPM dan SNP, yang berguna untuk meningkatkan mutu pendidikan.
  • Meningkatkan peningkatan mutu siswa sehingga mutu pendidikan juga meningkat.
  • Supaya sekolah dapat menyusun Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) dan Rencana Kegiatan Sekolah (RKS) sesuai dengan kebutuhan untuk mencapai tujuan SPM dan SNP.

Manfaat Evaluasi Diri Sekolah

Selain tujuan, Evaluasi Diri Sekolah Juga memberikan berbagai manfaat diantaranya adalah sebagai berikut.

Manfaat untuk pihak sekolah

  • Dapat mengidentifikasi kekuatan serta kelemahan yang dimiliki sekolah.
  • Dapat menyusun rencana pengembangan sekolah lebih baik.
  • Sekolah dapat mengenal peluang serta memperbaiki mutu pendidikan dan menyesuaikan program-program yang.
  • Sekolah dapat mengidentifikasi tantangan yang dihadapi kemudian mendiagnosis kebutuhan yang diperlukan untuk melakukan perbaikan.
  • Sekolah dapat mengetahui bagaimana tingkat pencapaian kinerja yang sesuai dengan SNP.
  • Sekolah dapat menyesuaikan laporan resmi untuk diserahkan pada pemangku kepentingan seusia hasil dan kemajuan yang dicapai.

Manfaat untuk Pemerintah

  • Sebagai data dan informasi untuk perencanaan dan pembuatan keputusan tentang sistem pendidikan atau anggaran pendidikan di tingkat Kabupaten/Kota.
  • Digunakan untuk mengidentifikasi skala prioritas dalam pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan.
  • Mengidentifikasi jenis dukungan yang sesuai dan dibutuhkan oleh sekolah.
  • Mengidentifikasi pengadaan pelatihan atau program pengembangan lainnya dalam peningkatan mutu kinerja pendidikan.
  • Mengidentifikasi keberhasilan sekolah sesuai dengan indikator  pencapaian yang ditentukan oleh standar nasional pendidikan.

Tahapan Evaluasi Diri Sekolah

Tahap pertama dalam melakukan proses Evaluasi Diri Sekolah adalah dengan membentuk Tim Pengembang Sekolah (TPS). Tim ini terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, wakil unsur guru, ekali komite sekolah, wakil orang tua peserta didik, dan pengawas sekolah.

Evaluasi ini dilakukan setiap satu tahun sekali, sehingga pembentukan tim juga setahun sekali.

Setelah pembentukan TPS dilakukan, selanjutnya adalah melakukan pelatihan penggunaan instrumen.

Kemudian TPS akan mengumpulkan data berupa informasi dan bukti dari berbagai sumber untuk menilai kinerja sekolah sesuai dengan indikator-indikator yang sudah dirumuskan dalam instrumen.

Dalam Standar Nasional Pendidikan setidaknya ada 8 instrumen yang dijabarkan kembali menjadi 26 komponen dan 62 indikator.

Standar yang dibuat tersebut terdiri dari beberapa jumlah komponen yang seusia dengan standar nasional pendidikan. Sehingga sejumlah dapat memperoleh informasi kinerja yang bersifat kualitatif.

Selanjutnya dari 8 instrumen tadi, sekolah akan dapat mengukur dampak kinerjanya pada peningkatan hasil belajar peserta didik. Kemudian sekolah juga akan memeriksa hasil dan tindak lanjut untuk melakukan perbaikan layanan pembelajaran.

Sedangkan untuk pengawas bertugas sebagai fasilitator atau pembimbing untuk sekolah dalam melakukan proses Evaluasi Diri Sekolah. Pengawas juga mempunyai tugas mengawasi proses EDS benar-benar dilakukan dengan jujur dan sesuai bukti fisik yang tersedia.

Setelah itu hasil dari Evaluasi Diri Sekolah digunakan untuk mengembangkan atau pemerintah dalam melakukan persiapan rencana pengembangan sekolah terpadu. Yang kemudian rencana tersebut akan dilaporkan pada pemangku jabatan dan ditindaklanjuti oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Sheingga pemerintah mengetahui kinerja sekolah seusia degn SPM dan SNP, serta untuk menyusun rancangan peningkatan mutu pendidikan.

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *