Don't Show Again Yes, I would!

Fungsi Manajemen, Pengertian dan Unsur-unsurnya

Ilmu manajemen merupakan salah satu ilmu yang dibutuhkan dalam banyak bidang. Dengan menguasai ilmu manajemen maka dapat membantu pekerjaan lebih tepat waktu dan efisien. Lalu apa saja fungsi manajemen?.

Untuk mengetahui fungsi manajemen dan pengertian serta unsur-unsurnya simak ulasan berikut ini.

Pengertian manajemen

Sebelum kita tahu fungsi manajemen, sudah tahukah kalian apa pengertian manajemen?.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dijelaskan manajemen adalah penggunaan sumber daya efektif untuk mencapai tujuan atau sasaran tertentu. secara harfiah manajemen merupakan suatu proses dimana seseorang memiliki keterampilan mengatur segala sesuatu.

Sedangkan dalam bahasa Perancis kuno menagement diartikan sebagai seni melaksanakan dan mengatur. Sehingga dapat disimpulkan manajemen adalah aktivitas mengelola atau mengatur sesuatu.

Penerapan fungsi manajemen dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, misal dalam kehidupan keluarga ada pengaturan dan pengelolaan uang, maka kegiatan tersebut termasuk dalam manajemen dna fungsi dari manajemen.

Sedangkan menurut beberapa ahli pengertian manajemen antara lain adalah sebagai berikut.

  • Prauji Atmosudirdjo, mengatakan manajemen adalah bidang ilmu pengetahuan yang diupayakan secara sistematis untuk memahami bagaimana dan mengapa manusia bekerja sama dalam menghasilkan manfaat.
  • John F. Mee, mengungkapkan manajemen merupakan seni mencapai hasil yang maksimal dengan usaha minimal agar tercapai kesejahteraan maksimal.
  • George. R Terry, menjelaskan bahwa manajemen adalah proses khas dimana terdapat kegiatan atau tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan atau mencapai sasaran, dimana telah ditentukan melalui pemanfaatan SDM serta sumber lainnya.

Fungsi manajemen

Sebagai sebuah ilmu pengetahuan manajemen memiliki fungsi untuk mencapai tujuan tertentu. Terdapat empat fungsi manajemen yakni planning, organizing, actuating, dan controlling.

Perencanaan atau planning

Perencanaan dalam fungsi manajemen merupakan proses mendefinisikan tujuan dari organisasi serta membuat strategi yang akan digunakan untuk mencapai tujuan.

Manajemen dibutuhkan untuk menetapkan tujuan organisasi, strategi pencapaian tujuan, penyusunan rencana dan pengalokasian sumber daya yang diperlukan.

Planning fungsi manajemen digunakan karena setiap mengawali bisnis atau kegiatan dibutuhkan fungsi perencanaan ini.

Pengorganisasian atau Organizing

Dalam fungsi manajemen Organizing adalah proses kegiatan penyusunan alokasi sumber daya organisasi dalam bentuk desain organisasi. Organizing dalam manajemen bertujuan membagi tugas sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Pembagian tugas ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan, karena menentukan jabatan dan tugas yang harus dikerjakan. fungsi manajemen ini juga dapat diterapkan di lingkungan keluarga seperti dalam pembagian tugas di rumah.

Pelaksanaan atau Actuating

Pelaksanaan dalam fungsi manajemen merupakan kegiatan mengusahakan supaya semua anggota kelompok berusaha mencapai target dan sasaran sesuai dengan perencanaan.

Setelah pembagian tugas pasti butuh pengasihan agar setiap komponen bekerja dengan baik dan mencapai tujuan sesuai peran fungsi manajemen sebagai pengarah. Contoh kegiatan actuating adalah dengan pemberian motivasi, konsultasi, dan bimbingan.

Evaluasi atau Controlling

Kemudian fungsi manajemen evaluasi adlaah prose atau kegiatan kontrol dan evaluasi terhadap kinerja organisasi. Fungsi ini adalah menilai hasil kerja, penilaian ini dibutuhkan karena untuk mengontrol kemajuan perencanaan yang telah disepakati. Serta untuk menilai apakah perlu diterapkan strategi baru yang ,lebih efektif dan efisien.

Oleh karena itulah, dalam suatu perusahaan sangat dibutuhkan manajemen yang baik, sehingga tujuan bisnis atau organisasi tersebut dapat terlaksana.

Unsur-unsur manajemen

Setelah mengenal fungsi manajemen, tahukah kamu apa saja unsur-unsur manajemen itu?.

Unsur dalam manajemen dikenal dengan istilah 6 M, yang dijelaskan sebagai berikut.

Man/manusia

Manusia menjadi sumber daya yang sangat penting dalam proses dan fungsi manajemen. Karena manusia yang membuat tujuan dan melakukan proses untuk mencapai tujuan tersebut. Tanpa adanya manusia maka prose manajemen juga tidak akan berjalan.

Dalam perusahaan manusia disini adalah karyawan yang menjalankan tugas-tugas tertentu sesuai dengan manajemen masing-masing.

Money/uang

Uang digunakan sebagai alat tukar menukar dan mengukur nilai, sehingga uang juga penting dalam sebuah susunan manajemen.

Uang juga digunakan sebagai alat untuk mencapai tujuan karena segala sesuatu membutuhkan perhitungan. Seperti membiayai gaji kebutuhan material, kebutuhan tenaga kerja, kebutuhan bahan baku dimana hal tersebut membutuhkan uang.

Bahan-bahan/Materials

Bahan dalam manajemen sebuah perusahaan dapat berupa bahan setengah jadi atau bahan jadi.

Selain manusia, dan modal bahan-bahan yang berkualitas untuk dijadikan bahan produksi misalnya akan prngarub juga dengan manajerial.

Jika sistem manajemen baik dan bahan yang digunakan juga baik maka akan berpengaruh terhadap hasilnya nanti yang juga akan baik.

Mesin/Machine

Dalam fungsi manajemen mesin sangat dibutuhkan khususnya pada ekosistem perusahaan dan dengan mesin yang canggih akan menghasilkan hasil yang besar dan lebih efektif. Meskipun mesin tentunya membutuhkan biaya yang relatif besar .

Metode/Methods

Dalam sistem manajemen kerja seutuhnya sebuah metode untuk memperlancar jalannya pekerjaan. Metode akan mengatur tindakan dan pelaksanaan agar sesuai dengan perencanaannya, mak digunakan metode terbaik dan yang bijak untuk penyelesaian masalah.

Pasar/market

Pasar berperan sangat penting dalam suatu bisnis, karena merupakan ujung tombak dalam kegiatan tersebut.

Untuk memiliki kemampuan manajemen yang baik maka kalian harus dapat memikirkan dan menganalisa kebutuhan dan keinginan di pasar. Dengan menganalisa nya maka akan mempermudah proses kegiatan perencanaan serta produksi.

Kegiatan perencanaan dan produksi yang sesuai dengan pasar maka membuat perusahaan tersebut mendapatkan keuntungan banyak orang yang merasa membutuhkan manajemen.

Demikian teman-teman pengertian dan fungsi manajemen serta apa saja unsur-unsur yang ada dalam sebuah sistem manajemen itu. Dalam fungsi manajemen dibedakan menjadi fungsi planning, organizing, actuating, dan controlling.

 

 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *